PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN







MATERI:
PERANCANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)












DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017


PERANCANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.   Konsep
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilaksanakan di kelas teori, kelas praktik dan/atau dunia kerja. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Hal ini sangat penting, karena RPP merupakan rencana tindakan yang akan dilakukan oleh guru ketika ia mengajar, sedemikian rupa sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Sebagaimana diungkapkan oleh Milkova (www.crlt.umich.edu, 20/03/2017), bahwa rencana pembelajaran merupakan peta perjalanan kegiatan mengajar yang memuat tentang apa-apa yang perlu dipelajari oleh para siswa dan bagaimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif.   
Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
Milkova (www.crlt.umich.edu, 20/03/2017), menyatakan bahwa terdapat tiga komponen kunci rencana pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran (bagi siswa), aktifitas pembelajaran, dan strategi untuk mengecek pemahaman siswa (keberhasilan siswa belajar). Dengan demikian penyusunan RPP harus menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Selain prinsip-prinsip di atas, penyusunan RPP harus juga memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: (a) Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik;  (b) partisipasi aktif peserta didik; (c) berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian; (d) pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan; (e) pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi; (f) penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar; (g) mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya; (h) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi; (i)  pembelajaran mata pelajaran umum harus mendukung pencapaian kompetensi keahlian kejuruan.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru.
B.   Deskripsi
1.            Komponen dan Sistematika RPP
Mengacu pada Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Sebagaimana telah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun harus memuat komponen-komponen sebagai berikut:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.  langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.  penilaian hasil pembelajaran.
Secara singkat format  RPP dapat dilihat pada skema berikut ini:
FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : …...........................................................................
Mata Pelajaran     : …...........................................................................
Komp. Keahlian     : ..............................................................................
Kelas/Semester    : ……........................................................................
Tahun Pelajaran    : ..............................................................................
Alokasi Waktu      : …...........................................................................

A.  Kompetensi Inti *)
1.  Pengetahuan
2.  Keterampilan
B.  Kompetensi Dasar *)
1.  KD pada KI pengetahuan
2.  KD pada KI keterampilan
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Indikator KD pada KI pengetahuan
2.  Indikator KD pada KI keterampilan
D.  Tujuan Pembelajaran
E.  Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
F.  Model dan Metode
G.  Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Kesatu:**)
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.  Kegiatan Inti (... menit)
c.   Penutup (… menit)
2.  Pertemuan Kedua:**)
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.  Kegiatan Inti (... menit)
c.   Penutup (… menit),
dan pertemuan seterusnya.
H.  Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media
2.  Alat
3.  Bahan
4.  Sumber Belajar
I.   Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.  Teknik Penilaian
2.  Instrumen Penilaian
a.  Pertemuan pertama
b.  Pertemuan kedua
c.   Pertemuan seterusnya
3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Mengetahui
Kepala ……..........................



NIP
______________, _________
Guru Mata Pelajaran,



NIP
*)    KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial ditambahkan untuk mata pelajaran Pendididkan Agama dan PPKn.
**) Semua sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat lengkap pada beberapa pertemuan.
2.            Langkah-langkah Penyusunan RPP
RPP disusun melalui langkah-langkah berikut.
a.    Analisis Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar (KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang di setiap pasangan kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program semester pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.




Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Semester/ Jam Pelajaran
KD 3.2
menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.
KD 4.2
menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.
1.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring asinkron

2.    Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring sinkron

6
KD 3.1

KD 4.1



KD 3.3

KD 4.3



Jumlah JP/KD per semester

48
Berdasarkan Tabel diatas, guru membuat Analisis Program Semester  mengacu pada  dokumen silabus.
b.    Mengembangkan RPP dengan menggunakan format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel 2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
No.
Komponen
Keterangan
1.
a.   Identitas Sekolah
b.   Kompetensi Keahlian

c.   Mata Pelajaran

d.   Kelas/Semester
e.   Tahun Pelajaran
a.  Diisi nama satuan pendidikan.
b.  Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat  mata pelajaran tersebut diajarkan
c.  Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum.
d.  Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
e.  Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung
2.
Alokasi waktu
Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.
3.
Kompetensi Inti
Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.
4.
Kompetensi Dasar
a.  KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.
b.  Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.
5.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2   Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:
3.2.1    Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
3.2.2    Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
3.3.3    Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
3.3.4    Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan
Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1   Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.
4.2.2   Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas
6.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:
1.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
2.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
3.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.
4.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
5.   Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
6.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
7.   Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
7.
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran
Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:
1.   Pengertian komunikasi daring online
2.   Simbol pada digital daring online
3.   Jenis komunikasi daring online
4.   Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
5.   Cara melakukan komunikasi daring online
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.
8.
Model dan Metode Pembelajaran
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ).
9.
Kegiatan Pembelajaran
a.   Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.
b.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
1)   Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan guru:
·   Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·   Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
·   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
·   Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·   Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
2)   Kegiatan Inti
·   Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).
·   Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.
Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.
3)   Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
·   membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·   refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
11.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Diisi dengan:
a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.



Contoh:
KD
Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD Projector

Alat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet

Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain
11
a.    Penilaian (KD 3 dan KD 4)
b. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).
Contoh:
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring

1.  Tes Tertulis

2.  Penugasan

1.  Soal tes tertulis
2.  Lembar tugas dan Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..

1.  Tes praktik/ unjuk kerja

1.   Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
c. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.





b.     Peniaian  Sikap
Dibuatkan jurnal harian tantang kejadian istimewa yang dilalukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh: Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
No.
Nama
Uraian Kejadian Istimewa
Rencana Tindakan/Pembinaan














C.   Tugas/Latihan
1.    Lakukanlah analisis program semester berdasarkan alur pencapaian kompetensi untuk satu semester.
2.    Susunlah RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan” serta “Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan  pendekatan sainitifik ” sesuai dengan format RPP yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
1.   Kompetensi:
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
2.   Tujuan:
Melalui kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP yang menerapkan  pendekatan  sainitifik  dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP.
a.    Kerjakan tugas ini secara kelompok. Kelompok pada tugas ini sama dengan kelompok penyusun RPP.
b.    Siapkan RPP dari kelompok lain yang akan ditelaah.
a.    Pelajari format telaah RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b.    Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
c.    Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format telaah RPP.
d.    Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor pada suatu aspek pada RPP.
e.    Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda cek (V) pada kolom skor 1, 2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut.
Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru        :.............................................
Mata pelajaran   :.............................................
Topik/Subtopik  :.............................................
No
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan revisi
1
2
3
A
Identitas Mata Pelajaran
Tdk. ada/Tdk. Sesuai
Kurang Lengkap/Kurang Sesuai
Sudah Lengkap/Sudah Sesuai

1.
Terdapat:
satuan pendidikan, kelas, semester, tahun pelajaran, mata pelajaran, kompetensi keahlian,  jumlah pertemuan




B
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar




1
Kompetensi Inti




2
Kompetensi Dasar




C.
Perumusan Indikator
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan Kompetensi Dasar




2.
Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan




3.
Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan Kompetensi Dasar.




4
Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan




D.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Menggambarkan lingkup materi dalam KD pengetahuan dan KD keterampilan




2
Rumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan



3
Rumusan tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition, dan Degree



E.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan kedalaman KD




2.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



4
Keruntutan uraian materi ajar



F.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan  pendekatan sainitifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



G.
Pemilihan Media Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan  pendekatan sainitifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



H.
Model Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kesesuaian model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan atau jasa/produk)




2.
Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3




3.
Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4




I
Metode Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2
Kesesuaian dengan karakteristik materi




3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




J.
Skenario Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1.
Kegiatan pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian




2.
Kegiatan inti berisi:





a.   Memfasilitasi kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan/atau melihat





b.   Mendorong siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah





c.   Membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab pertanyaan





d.   Membimbing siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul





e.   Memotivasi siswa untuk mengomunikasikan




3.
Kegiatan penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut





a.   Memfasilitasi dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran





b.   Memfasilitasi dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan





c.   Memberikan umpan balik terhadap hasil pembelajaran




K.
Rancangan Penilaian Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagian
Sesuai Seluruhnya

1
Kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi




2.
Kesesuaian antara bentuk,teknik dan instrumen Penilaian Sikap




3.
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Pengetahuan




4.
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan




Jumlah Skor


..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan kedalam nilai portofolio peserta.
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
a.    Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b.    Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c.    Berikan catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran;
d.    Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh, dan
e.    Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.


Peringkat
Nilai
Amat Baik (AB)
90<AB100
Baik (B)
80<B≤90
Cukup (C)
70<C≤80
Kurang (K)
70