BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH
MENENGAH
KEJURUAN
MATERI:
PERANCANGAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
DIREKTORAT PEMBINAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2017
PERANCANGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Konsep
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana
kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilaksanakan di kelas teori,
kelas praktik dan/atau dunia kerja. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi
Dasar (KD).
Setiap guru di setiap satuan pendidikan wajib menyusun
RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar. Hal ini sangat penting, karena RPP merupakan rencana
tindakan yang akan dilakukan oleh guru ketika ia mengajar, sedemikian rupa
sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan dapat mencapai
tujuan yang diharapkan. Sebagaimana diungkapkan oleh Milkova (www.crlt.umich.edu,
20/03/2017), bahwa rencana pembelajaran merupakan peta perjalanan kegiatan
mengajar yang memuat tentang apa-apa yang perlu dipelajari oleh para siswa dan
bagaimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan sehingga kegiatan pembelajaran
dapat berjalan secara efektif.
Penyusunan RPP dilakukan sebelum awal semester atau
awal tahun pelajaran dimulai dan perlu diperbarui sesuai perkembangan dan
kebutuhan peserta didik.
Milkova (www.crlt.umich.edu,
20/03/2017), menyatakan
bahwa terdapat tiga komponen kunci rencana pembelajaran yaitu tujuan
pembelajaran (bagi siswa), aktifitas pembelajaran, dan strategi untuk mengecek
pemahaman siswa (keberhasilan siswa belajar). Dengan demikian penyusunan RPP harus
menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam
kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang
efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. RPP disusun
agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi
aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik.
Selain prinsip-prinsip di
atas, penyusunan RPP harus juga memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
(a) Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat
intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi,
gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik; (b) partisipasi aktif peserta didik; (c)
berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian; (d) pengembangan
budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran
membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk
tulisan; (e) pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan
program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi; (f)
penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber
belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar; (g) mengakomodasi pembelajaran
tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan
keragaman budaya; (h) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara
terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi; (i) pembelajaran mata pelajaran umum harus
mendukung pencapaian kompetensi keahlian kejuruan.
Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh masing-masing guru atau kelompok
guru mata pelajaran tertentu yang difasilitasi dan disupervisi oleh kepala
sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah, atau melalui MGMP
antar sekolah atau antar wilayah yang dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas
atau dinas pendidikan. Dalam mengembangkan RPP, guru harus memperhatikan
silabus, buku teks peserta didik, dan buku guru.
B. Deskripsi
1.
Komponen dan Sistematika
RPP
Mengacu pada Permendikbud Nomor
22 tahun 2016 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus
dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi.
Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan
skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan dengan pendekatan
pembelajaran yang digunakan.
Sebagaimana telah
disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana
kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP
dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik
dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan
pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar
pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP
disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan untuk satu kali pertemuan
atau lebih.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun harus
memuat komponen-komponen sebagai berikut:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu
ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan
mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang
harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran
yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang
dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai
dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode
pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak
dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
Secara singkat format RPP dapat dilihat pada skema berikut ini:
FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
…...........................................................................
Mata Pelajaran : …...........................................................................
Komp. Keahlian
:
..............................................................................
Kelas/Semester : ……........................................................................
Tahun Pelajaran
:
..............................................................................
Alokasi Waktu : …...........................................................................
A. Kompetensi
Inti *)
1.
Pengetahuan
2.
Keterampilan
B. Kompetensi
Dasar *)
1.
KD pada KI pengetahuan
2.
KD pada KI keterampilan
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI pengetahuan
2.
Indikator KD pada KI keterampilan
D. Tujuan
Pembelajaran
E. Materi
Pembelajaran
(Rincian
dari Materi Pokok Pembelajaran)
F. Model
dan Metode
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu:**)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.
Kegiatan Inti (... menit)
c.
Penutup (… menit)
2.
Pertemuan Kedua:**)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit)
b.
Kegiatan Inti (... menit)
c.
Penutup (… menit),
dan
pertemuan seterusnya.
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
2. Alat
3. Bahan
4. Sumber Belajar
I.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan pertama
b.
Pertemuan kedua
c.
Pertemuan seterusnya
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
|
|
Mengetahui
Kepala ……..........................
NIP
|
______________,
_________
Guru Mata
Pelajaran,
NIP
|
*) KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial
ditambahkan untuk mata pelajaran Pendididkan Agama dan PPKn.
**) Semua
sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat lengkap pada beberapa pertemuan.
2.
Langkah-langkah
Penyusunan RPP
RPP disusun melalui
langkah-langkah berikut.
a. Analisis Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal
sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian
kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar
(KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program
semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang di setiap pasangan
kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program
semester pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Semester/ Jam Pelajaran
|
KD 3.2
menerapkan pengetahuan
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah
informasi.
KD 4.2
menyajikan hasil
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat
lunak pengolah informasi.
|
1. Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi
daring asinkron
2.
Pengelolaan
informasi digital melalui komunikasi daring sinkron
|
|
6
|
KD 3.1
KD 4.1
|
|
|
|
KD 3.3
KD 4.3
|
|
|
|
Jumlah
JP/KD per semester
|
|
48
|
Berdasarkan
Tabel diatas,
guru membuat
Analisis Program Semester mengacu pada
dokumen silabus.
b.
Mengembangkan RPP dengan menggunakan format RPP yang
pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel
2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
No.
|
Komponen
|
Keterangan
|
||||||||||||||||
1.
|
a. Identitas Sekolah
b. Kompetensi
Keahlian
c. Mata Pelajaran
d. Kelas/Semester
e. Tahun
Pelajaran
|
a.
Diisi nama satuan pendidikan.
b.
Diisi dengan Kompetensi Keahlian
tempat mata pelajaran tersebut diajarkan
c.
Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum.
d.
Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
e.
Diisi dengan tahun pelajaran yang
sedang berlangsung
|
||||||||||||||||
2.
|
Alokasi waktu
|
Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program
semester.
|
||||||||||||||||
3.
|
Kompetensi Inti
|
Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran
Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI
keterampilan.
|
||||||||||||||||
4.
|
Kompetensi Dasar
|
a. KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor …….
tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.
b. Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan
KD dari keterampilan.
|
||||||||||||||||
5.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2 Menerapkan
pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak
pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan
di atas sebagai berikut:
3.2.1
Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
3.2.2
Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
3.3.3
Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
3.3.4
Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan
sesuai jenis alat yang disediakan
Contoh
IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut,
kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1
= level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1
Melakukan komunikasi daring asinkron dan
sinkron berdasarkan contoh.
4.2.2
Mendemonstrasikan
komunikasi daring asinkron
dan sinkron berdasarkan tugas
|
||||||||||||||||
6.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan
pembelajarannya yaitu:
1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai
dengan buku teks secara santun.
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi
digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring online dengan santun.
4. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk
pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
5. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan
percaya diri.
6. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan
internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan
sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
7.
Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik
dapat mendemonstrasikan
komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
|
||||||||||||||||
7.
|
Materi Pembelajaran
|
Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan
materi pembelajaran
Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka
materi pembelajarannya adalah:
1. Pengertian komunikasi daring online
2. Simbol pada digital daring online
3. Jenis komunikasi daring online
4. Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
5. Cara melakukan komunikasi daring online
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan
(dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang
terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada
kegiatan ekstrakurikuler.
|
||||||||||||||||
8.
|
Model dan Metode Pembelajaran
|
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan
KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah
Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan pendekatan (proses berfikir dan bertindak
sainitifik ).
|
||||||||||||||||
9.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.
b.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan
yang terdiri atas:
1) Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan guru:
· Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
· Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
· Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya bagi kehidupan.
· Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
· Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
2) Kegiatan Inti
· Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat
mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan (proses berfikir dan bertindak)
sainitifik (hasil analisis pemaduan
model tugas sesi 3).
· Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus
pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang
sedang dibahas.
Catatan: sintaksis
(langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan (proses berfikir dan bertindak)
sainitifik (5M) dapat menggunakan hasil
penataan dari format perancah.
3) Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
· membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
· refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
· merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
· menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
||||||||||||||||
11.
|
Media, Alat, dan Sumber Belajar
|
Diisi dengan:
a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada
proses pembelajaran di setiap RPP.
b. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan
elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap
pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
c. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan
literatur/referensi.
Contoh:
|
||||||||||||||||
11
|
a. Penilaian (KD 3 dan KD 4)
|
b. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen
penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).
Contoh:
c. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
|
||||||||||||||||
|
b.
Peniaian Sikap
|
Dibuatkan
jurnal harian tantang kejadian istimewa yang dilalukan oleh siswa pada saat
kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh:
Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
|
C. Tugas/Latihan
1. Lakukanlah analisis program semester berdasarkan alur
pencapaian kompetensi untuk satu semester.
2. Susunlah RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan
dan Keterampilan” serta “Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan pendekatan sainitifik ” sesuai dengan format
RPP yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
sesuai
dengan
Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
2. Tujuan:
Melalui
kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP
yang menerapkan pendekatan
sainitifik dan
sesuai
dengan
prinsip-prinsip
pengembangan RPP.
a.
Pelajari format telaah
RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b. Cermati RPP hasil kelompok lain
yang akan ditelaah.
c. Isilah format sesuai dengan
petunjuk pada format telaah RPP.
d. Berikan catatan khusus atau
alasan Anda memberi skor pada suatu aspek pada RPP.
e.
Berikan masukan atau rekomendasi
secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda
cek (V) pada kolom skor 1,
2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera
pada kolom tersebut.
Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai
penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru :.............................................
Mata pelajaran :.............................................
Topik/Subtopik :.............................................
No
|
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil Penelaahan dan
Skor
|
Catatan revisi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A
|
Identitas Mata
Pelajaran
|
Tdk. ada/Tdk. Sesuai
|
Kurang Lengkap/Kurang Sesuai
|
Sudah Lengkap/Sudah Sesuai
|
|
1.
|
Terdapat:
satuan pendidikan, kelas, semester, tahun pelajaran, mata pelajaran, kompetensi
keahlian, jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
B
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
1
|
Kompetensi
Inti
|
|
|
|
|
2
|
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
C.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
2.
|
Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan
Kompetensi Dasar.
|
|
|
|
|
4
|
Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan
|
|
|
|
|
D.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Menggambarkan
lingkup materi dalam KD
pengetahuan dan KD keterampilan
|
|
|
|
|
2
|
Rumusan
tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah
sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan
|
|
|
|
|
3
|
Rumusan
tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour,
Condition, dan
Degree
|
|
|
|
|
E.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan kedalaman KD
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
4
|
Keruntutan uraian materi ajar
|
|
|
|
|
F.
|
Pemilihan
Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
G.
|
Pemilihan Media Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
H.
|
Model Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan
atau jasa/produk)
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4
|
|
|
|
|
I
|
Metode Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian dengan karakteristik materi
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
J.
|
Skenario Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kegiatan
pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan
dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang
lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian
|
|
|
|
|
2.
|
Kegiatan
inti berisi:
|
|
|
|
|
|
a. Memfasilitasi
kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan/atau melihat
|
|
|
|
|
|
b. Mendorong
siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah
|
|
|
|
|
|
c. Membimbing
siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
|
|
d. Membimbing
siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul
|
|
|
|
|
|
e. Memotivasi
siswa untuk mengomunikasikan
|
|
|
|
|
3.
|
Kegiatan
penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
a. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
b. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
|
|
|
|
|
|
c. Memberikan
umpan balik terhadap hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
K.
|
Rancangan
Penilaian
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen
dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian antara bentuk,teknik dan instrumen Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik
Penilaian
RPP
ini
digunakan
peserta
pada
saat
penelaahan
RPP
peserta
lain
dan
digunakan fasilitator
untuk
menilai RPP
yang disusun
oleh
masing-masing
peserta.
Selanjutnya
nilai RPP
dimasukan kedalam nilai portofolio peserta.
a. Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b. Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom
pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c. Berikan catatan khusus atau saran perbaikan
perencanaan pembelajaran;
d. Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang
diperoleh, dan
e. Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.
Peringkat
|
Nilai
|
Amat Baik (AB)
|
90<AB≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤80
|
Kurang (K)
|
≤70
|