PERUBAHAN
KUR-13 SMK DENGAN KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)
No
|
Mata Pelajaran
|
Struktur Kur-13 (Lama)
|
Struktur Kur-13 (Perbaikan)
|
|||
JP/Minggu/Smt
|
Total
|
JP/Minggu/Smt
|
Total
|
Keterangan
|
||
A. Muatan
Nasional
|
|
|
||||
1
|
PABP
|
3
JP/mg x 6 Smt
|
318
|
3
JP/mg x 6 Smt
|
318
|
Tdk
mengalami perubahan
|
2
|
PPKn
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
2
JP /mgx 6 Smt
|
212
|
Tdk
mengalami perubahan
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
4
JP/mg x 6 Smt
|
424
|
4
JP/mg x 2 Smt (1 dan 2) dan 3 jp/mg x 4 smt (3, 4, 5, 6)
|
354
|
Mengalami
perubahan
|
4
|
Matematika
|
4
JP/mg x 6 Smt
|
424
|
4
JP/mg x 6 Smt
|
424
|
Tdk
mengalami perubahan
|
5
|
Sejarah
Indoesia
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
3
JP/mg x 2 Smt (1 dan 2)
|
108
|
Mengalami
perubahan
|
6
|
Bahasa
Inggris dan Bhs.Lainnya
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
Untuk
program 3 tahun
3
JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4) dan 4 jp/mg x 2 Smt (5 dan 6)
Untuk
program 4 Tahun
3
JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4) dan 4 jp/mg x 4 Smt (5,6,7, 8)
|
352
488
|
Mengalami
perubahan
Terutama
adanya tambahan bahasa asing lainnya pada kelas XII (3 Th) dan XIII (4 Th)
|
B. Muatan Kewilayahan
|
|
|||||
7
|
Seni
Budaya
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
3
JP/mg x 2 Smt (1 dan 2)
|
108
|
Mengalami
perubahan
|
8
|
Penjasorkes
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
2
JP/mg x 4 Smt (1, 2, 3 dan 4)
|
144
|
Mengalami
perubahan
|
PERUBAHAN
KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Aspek
|
Kurikulum
2013
|
Kurikulum
2013 (Perbaikan 2017)
|
Alasan
|
||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total
Jam
|
Jml
Jam/Mg/Smt
|
Total
jam
|
||
A.
Waktu
|
|
|
|
|
|
1.
Jumlah Jam
|
3
JP/mg x 6 Smt
|
318
|
3
JP/mg x 6 Smt
|
318
|
Tidak
ada perubahan
|
2.
Durasi (berapa semester di semester
berapa)
|
Semua
semester
|
Semua
semester
|
Tidak
ada perubahan
|
||
B.
Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
||
1.
Jumlah KD
|
33
|
33
|
|
||
2.
Materi KD
|
3.1 menganalisis Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1 membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3 menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12, serta Hadis terkait
|
3.1 Menganalisis Q.S. al-Anfal
(8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca Q.S. al-Anfal (8):72,
Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12
dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara
kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai
dengan pesan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan
12, serta Hadis terkait
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.2 menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24 :
2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1 membaca Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24:2
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan
Q.S. an-Nur/24:2 dengan fasih dan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara larangan berzina dengan
berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya dan perangai yang buruk
(saa-a sabila) sesuai pesan Q.S. al-Isra’/17: 32 dan Q.S. an-Nur/24:2
|
3.2 Menganalisis Q.S. al-Isra’ (17):
32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32,
dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan Q.S. al-Isra’ (17):
32, dan Q.S. an-Nur (24): 2
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.3 menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 menyajikan hubungan makna- makna al-Asma’u al-Husna:
al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan
perilaku adil
|
3.3 Menganalisis makna al-Asma’u
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min,
al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min,
al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.4 menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt.
|
4.4 menyajikan hubungan antara beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada
|
3.4 Menganalisis makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan hubungan makna
beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin,
dan waspada
|
Menyajikan
diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui
diskusi dan presentasi
|
|
3.5 menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
4.5 menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat
Islam
|
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian
sesuai syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian
sesuai syariat Islam
|
Menganalisis
diubah menjadi menerapkan karena diutamakan mengaplikasikan atau menerapkan
ketentuan berpakaian tidak sekedar menganalisis
|
|
3.6 menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.6 menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari dengan keimanan
|
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menyajikan
diubah melaksanakan karena lebih ditekankan pada kemampuan melaksanakan bukan
sekedar menyajikan
|
|
3.7 menganalisis semangat menuntut ilmu, menerapkan, dan
menyampaikannya kepada sesama
|
4.7 menyajikan kaitan antara kewajiban menuntut ilmu,
dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah/9: 122 dan
Hadis terkait
|
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut
ilmu untuk membela agama
|
4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu
dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122
dan Hadis
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.8 menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad
sebagai sumber hukum Islam
|
4.8 mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam
|
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
4.8 Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
Mendiskripsikan
diubah menjadi menentukan karena lebih tinggi tingkat kemampuannya
|
|
3.9 menganalisis hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi
individu dan masyarakat
|
4.9 menyimulasikan ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji,
zakat, dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah
haji, zakat, dan wakaf
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.10 menganalisis substansi, strategi, dan penyebab
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
|
4.10 menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
|
3.10 Menganalisis substansi, strategi,
dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
4.10 Menyajikan
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
Makkah
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.11 menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
|
4.11 menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
|
3.11 Menganalisis strategi, dan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
Menyajikan
diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui
diskusi dan presentasi
|
|
3.1 menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S.
an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
|
4.1.1 membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59,
dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48;
Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3 menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi
dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S.
al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105
|
3.12 Menganalisis makna Q.S.
al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105,
serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja
|
4.12.1 Membaca Q.S. al-Maidah (5) : 48;
Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah
tajwid dan makharijulhuruf
4.12.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 dengan
fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan perintah berkompetisi dalam kebaikan dan
kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah (5)
: 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.2 menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan
|
4.2.1 membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5
: 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41
dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi
sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan
sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32
|
3.13 Menganalisis makna Q.S. Yunus
(10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi,
rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
4.13.1 Membaca Q.S. Yunus (10): 40-41
dan Q.S. al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3 Mempresentasikan perintah toleransi
dan kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan menghindari
tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah (5): 32
|
Menyajikan
diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui
diskusi dan presentasi
|
|
3.3 menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
4.3 menyajikan keterkaitan antara beriman kepada
kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari
|
3.14 Menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah swt.
|
4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku sehari-hari
|
Menyajikan
diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui
diskusi dan presentasi
|
|
3.4 menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
|
4.4 menyajikan kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah
Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan
kepada Allah
|
3.15 Menganalisis makna iman kepada
rasul-rasul Allah swt.
|
4.15 Menyajikan hubungan antara iman
kepada rasul-rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi,
ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.5 menganalisis makna syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5 menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani
membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani
membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.6 menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru
|
4.6 menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah
dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S.
al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
|
3.17 Menganalisis perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
|
4.17 Menyajikan ketauhidan dalam
beribadah serta hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S.
al-Isra’ (17): 23 dan Hadis
terkait
|
Tidak
ada perubahan
|
|
3.7 menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
|
4.7 menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah
|
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan
jenazah
|
4.18 Menyimulasikan tata cara perawatan
jenazah
|
Menyajikan
diubah menjadi menyimulasikan karena pada ranah ketrampilan perawatan jenazah
lebih tepat dengan menyimulasikan
|
|
3.8 menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah
|
4.8 menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah
|
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah,
tablig, dan dakwah
|
4.19 Menyimulasikan tata cara khutbah,
tablig, dan dakwah
|
Menyajikan
diubah menjadi menyimulasikan karena pada ranah ketrampilan khutbah, tabligh
dan dakwah lebih tepat dengan menyimulasikan
|
|
3.9 menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam
|
4.9 mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam
|
3.20 Menganalisis prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam
|
4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai
dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
Menelaah
diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada
pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson
|
|
3.10 menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan
|
4.10 menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya
|
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
|
4.21 Menyajikan perkembangan peradaban
Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur
Rasyidin – Bani Umayyah)
|
Menelaah
diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada
pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson
|
|
3.11 menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang)
|
4.11.1 menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban
Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.11.2 menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai
dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
|
3.22 Menganalisis perkembangan Islam
pada masa modern (1800-sekarang)
|
4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban
Islam pada masa modern (1800-sekarang)
4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip
pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
|
Menelaah
diubah menjadi menganilis hanya ganti istilah saja, karena keduanya berada
pada tingkat berfikir yang sama yaitu menganalisis pada taksonomi Anderson
|
|
3.1 menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta Hadis tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis
|
4.1.1 membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali
Imran/3: 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, dengan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan
ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3:
190-191
|
3.23 Mengevaluasi makna Q.S. Ali
Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
4.23.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3):
190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul-huruf
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3
Menyajikan sikap kritis dan ciri orang-orang berakal (ulil albab)
sesuai pesan Q.S. Ali Imran (3): 190-191
4.23.4
Mempresentasikan demokrasi dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S.
Ali Imran (3): 159
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
Menyajikan
diubah mempresentasikan karena materi pembelajaran dikembangkan melalui
diskusi dan presentasi
|
|
3.2 menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah
dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia
|
4.2.1 membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14
dan Q.S. al-Baqarah/2: 83 dengan lancar
4.2.3 menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83
|
3.24 Mengevaluasi makna Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83, serta Hadis tentang
kewajibanberibadah dan bersyukur kepada Allah sertaberbuat baik kepada sesama
manusia
|
4.24.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14
dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3
Mempresentasikan kewajiban beribadah
dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai
pesan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.3 menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari
akhir
|
4.3 menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir
dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil
|
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari
akhir
|
4.25 Menyajikan perilaku jujur,
bertanggung jawab, dan adil sebagai perwujudan iman kepada hari akhir
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.4 menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qadha
dan qadar
|
4.4 menyajikan kaitan antara beriman kepada qadha dan
qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal
|
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha
dan qadar
|
4.26Mempresentasikan
makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai perwujudan iman kepada qadha dan qadar Allah
swt.
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.5 menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
4.5 mengaitkan perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan
|
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras,
jujur, bertanggung jawab, adil, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari
yang berkembang di masyarakat sebagai wujud keimanan
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
Mengaitkan
diubah menyajikan karena materi pembelajaran dikembangkan dengan scientifik
melalui diskusi
|
|
3.6 menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan
dalam Islam
|
4.6 menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam
|
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan
dalam Islam
|
4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam
Islam
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.7 menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam
Islam
|
4.7 mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam
|
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam
Islam
|
4.29 Menggunakan ketentuan pembagian
waris Islam dalam kehidupan
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
Mempraktikan
diubah menggunakan karena hitungan mawaris tidak hanya dipraktikkan tapi
digunakan dalam kehidupan sehari hari
|
|
3.8 menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
|
4.8 menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia
|
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
|
4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.9 menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan
Islam di Indonesia
|
4.9 menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam
sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan
Islam di Indonesia
|
4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan
tokoh-tokoh dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.10 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia
|
4.10 menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban
Islam di dunia
|
3.32 Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan
peradaban Islam di dunia
|
4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu
kemajuan peradaban Islam di dunia
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|
|
3.11 menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
4.11 menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban
Islam di dunia
|
3.33 Mengevaluasi faktor-faktor
kemunduran peradaban Islam di dunia
|
4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab
kemunduran peradaban Islam di dunia
|
Dalam
KD cukup satu kata operasional, maka cukup mengevaluasi saja.
|