Format Penulisan KI-KD Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PA-BP) dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Format Penulisan KI-KD Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PA-BP) dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

                    KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR                   
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan                      : Nasional
BidangKeahlian         : Semua Bidang Keahlian
Mata Pelajaran          : _________ (PA-BP atau PPKn)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1  

2.1

1.2

2.2

1.3

2.3

1.4

2.4

1.5

2.5

1.6

2.6

1.7

2.7

Dst hingga seluruh KD
Dst hingga seluruh KD







KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________ _______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
3.1       
4.1      

3.2       
4.2      

3.3       
4.3      

3.4       
4.4      

3.5       
4.5      

3.6       
4.6      

3.7       
4.7      

3.8       
4.8      

3.9       
4.9      

3.10    
4.10  

3.11    
4.11  

3.12    
4.12  

3.13    
4.13  

3.14    
4.14  

3.15    
4.15  

3.16    
4.16  

3.17    
4.17  

3.18    
4.18  

3.19    
4.19  

3.20    
4.20  

3.21    
4.21  

3.22    
4.22  

3.23    
4.23  

3.24    
4.24  

3.25    
4.25  

3.26    
4.26  

3.27    
4.27  

3.28    
4.28  

3.29    
4.29  

3.30    
4.30  

3.31    
4.31  

3.32    
4.32  

3.33    
4.33  

3.34    
4.34  

3.35    
4.35  

3.36    
4.36  

3.37    
4.37  

3.38    
4.38  

3.39    
4.39  

3.40    
4.40  

3.41    
4.41  

3.42    
4.42  

3.43    
4.43  

3.44    
4.44  

3.45   dst. …
4.45 dst. …

Jumlah