Format Penulisan KI-KD Mapel Pendidikan Agama dan Budi
Pekerti (PA-BP) dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan :
Nasional
BidangKeahlian :
Semua Bidang Keahlian
Mata Pelajaran : _________ (PA-BP atau PPKn)
Tujuan kurikulum
mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1
|
2.1
|
1.2
|
2.2
|
1.3
|
2.3
|
1.4
|
2.4
|
1.5
|
2.5
|
1.6
|
2.6
|
1.7
|
2.7
|
Dst
hingga seluruh KD
|
Dst
hingga seluruh KD
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi
nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________
_______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
|
4.1
|
|
3.2
|
4.2
|
|
3.3
|
4.3
|
|
3.4
|
4.4
|
|
3.5
|
4.5
|
|
3.6
|
4.6
|
|
3.7
|
4.7
|
|
3.8
|
4.8
|
|
3.9
|
4.9
|
|
3.10
|
4.10
|
|
3.11
|
4.11
|
|
3.12
|
4.12
|
|
3.13
|
4.13
|
|
3.14
|
4.14
|
|
3.15
|
4.15
|
|
3.16
|
4.16
|
|
3.17
|
4.17
|
|
3.18
|
4.18
|
|
3.19
|
4.19
|
|
3.20
|
4.20
|
|
3.21
|
4.21
|
|
3.22
|
4.22
|
|
3.23
|
4.23
|
|
3.24
|
4.24
|
|
3.25
|
4.25
|
|
3.26
|
4.26
|
|
3.27
|
4.27
|
|
3.28
|
4.28
|
|
3.29
|
4.29
|
|
3.30
|
4.30
|
|
3.31
|
4.31
|
|
3.32
|
4.32
|
|
3.33
|
4.33
|
|
3.34
|
4.34
|
|
3.35
|
4.35
|
|
3.36
|
4.36
|
|
3.37
|
4.37
|
|
3.38
|
4.38
|
|
3.39
|
4.39
|
|
3.40
|
4.40
|
|
3.41
|
4.41
|
|
3.42
|
4.42
|
|
3.43
|
4.43
|
|
3.44
|
4.44
|
|
3.45 dst. …
|
4.45 dst. …
|
|
Jumlah
|
|