PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13
SMK (PERBAIKAN 2017)
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Aspek
|
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013 (Perbaikan
2017)
|
Alasan
|
||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total Jam
|
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total jam
|
||
A. Waktu
|
|
|
|
|
|
1.
Jumlah Jam
|
2JP/Mg
x 6 Smt
|
212
|
Program 3 tahun
3JP/Mg x 4 Smt
4JP/Mg x 2 Smt
Program 4 tahun
3JP/Mg x 4 Smt
4JP/Mg x 4 Smt
|
352
488
|
Mengalami perubahan
terutama
adanya tambahan bahasa asing lainnya pada kelas XII (3 tahun) dan XIII (4
tahun)
Mata
pelajaran bahasa Inggris sangat
mendukung pengembangan penguasaan kompetensi kejuruan yang berwawasan global
|
2.
Durasi (berapa semester di semester berapa)
|
6
Smt (1,2,3,4,5,6)
|
Program 3 tahun
4 semester (1, 2, 3, 4)
2 semester (5, 6)
Program 4 tahun
4 semester (1, 2, 3, 4)
4 semester (5, 6, 7, 8)
|
Mengalami perubahan
adanya
tambahan KD untuk kelas XIII (4 tahun) untuk mengakomodir kebutuhan SMK dengan
program 4 tahun dan kebutuhan siswa menghadapi dunia kerja dan era MEA
|
||
B. KompetensiDasar (KD)
|
|
|
|
||
1.
Jumlah KD
|
KD
3
Kelas X = 11
Kelas XI = 12
Kelas XII= 12
Total = 35
|
KD
4
Kelas X = 16
Kelas XI = 16
Kelas XII = 16
Total = 48
|
KD 3 = 39
|
KD 4 = 39
|
Mengalami perubahan
KD3
dan KD4 memiliki jumlah yang sama dan tidak dibedakan per level (i.e. kelas
x, xi, xii, xiii)
|
2.
Materi KD
|
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1 Menangkap makna pemaparan
jati diri lisan dan tulis.
4.2 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia
kerja.(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
|
4.1 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan
keluarga, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
- KD3 dan KD4 harus sepasang (apple to
apple)
- Redaksional ditambahkan untuk memperjelas
bentuk teks dan fungsinya agar lebih mudah dipahami oleh guru
- Untuk mengakomodir kebutuhan bahasa
inggris siswa SMK di dunia kerja nanti, ditambahkan redaksi “sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.”
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat bersayap (extended),
dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2 Menyusun teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
-
KD
3.2 dihilangkan dan KD 3.5 naik menjadi KD 3.2 dengan sedikit perubahan
redaksional karena KD 3.2 tersebut
sudah ada di kelas VIII dan tidak diperlukan pendalaman materi lagi untuk KD
ini pada kelas X
-
KD
3.5 sudah ada di kelas IX dalam bentuk yang masih sangat sederhana (e.g.
Happy Birthday) dan lebih mendalam lagi di kelas X
|
|
|
3.3 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
-
KD
3.3 dihilangkan karena KD ini sudah ada di kelas VIII dan tidak perlu
pendalaman KD ini di kelas X
-
KD
3.4 di kelas X naik menjadi KD 3.3
|
|
3.4 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.5. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.4
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana
terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.4
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda
dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
Mengalami
perubahan
-
Berubah
menjadi KD 3.3 karena ada satu KD yang dihilangkan
-
KD
3.7 (Descriptive text) naik menjadi KD 3.4 karena teks yang menggunakan
present simple tense sebaiknya diajarkan sebelum past simple tense (KD 3.6)
|
3.5 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.5
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5
Menyusun
teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
|
-
KD
3.5 di kelas X naik menjadi KD 3.2 sebagai pendalaman materi yang sudah
diperoleh di kelas IX, sehingga ditempatkan lebih awal
|
|
|
3.6
|
4.7
|
3.6
|
4.6
|
SAMA
|
|
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.8Menangkap makna dalam teks
deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif
lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.7
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.7
Menyusun
teks recount lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
-
KD
3.7 naik menjadi KD 3.4 karena teks yang menggunakan present simple tense
sebaiknya diajarkan sebelum past simple tense (KD 3.6)
-
Recount
text ada pada KD 3.7 karena untuk memahami recount text, siswa perlu memahami
simple past tense terlebih dahulu (KD 3.6)
-
Ada
perubahan redaksional karena KD 3.7 tidak sepasang
|
|
3.8 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.11 Menangkap makna
pemberitahuan (announcement).
4.12
Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
|
-
KD
3.8 naik menjadi KD 3.5 karena masih menggunakan present simple yang juga
digunakan pada KD 3.4 (descriptive text)
-
Perubahan
redaksional agar memenuhi syarat pasangan KD3-KD4
|
|
3.9 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.13 Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, sederhana,
tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana,
tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.9 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia
kerja.
|
4.9 Menyusun teks khusus
dalam bentuk
memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs)
lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
-
KD
3.9 naik menjadi KD 3.7 dan ada perubahan redaksional karena KD 3.9 tidak
berpasangan dengan KD 4.9
-
KD
3.9 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
|
|
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.15
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
|
3.10 Menganalisis fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata
sifat sesuai dengan bidang keahlian dan
konteks penggunaannya.
|
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
-
KD
3.10 naik menjadi KD 3.8 setelah siswa mempelajari simple past tense (KD 3.6)
-
KD
4.10 (Baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
|
3.11
Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
|
4.16 Menangkap makna lagu sederhana.
|
3.11 Menganalisis fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja.
|
4.11 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi tentang petunjuk arah (direction)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
|
-
KD
3.11 (makna lagu) dihilangkan karena interpretasi lagu tidak perlu ditetapkan
sebagai KD khusus. Materi tersebut bisa disisipkan oleh guru pada materi
apapun sebagai materi penyegaran dan pengayaan untuk siswa.
-
KD
3.11 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
|
|
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
3.12
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.12
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks dunia kerja.
|
-
KD
3.12 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi
berkaitan dengan dunia kerja.
|
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
3.13
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)
|
4.13
Menyusun teks interaksi transaksional,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
-
Perubahan
penomoran KD, KD 3.1 (lama) diperuntukkan untuk kelas XI, pada revisi 2017
nomor KD dilanjutkan tanpa label kelas.
|
|
|||||
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan,
dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
I think, I suppose, in my opinion)
|
4.14 Menyusun teks
interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
KD 3.1 (lama) naik menjadi KD 3.13 untuk
mengakomodir penambahan jam mata pelajaran Bahasa Inggris dari 2 jam/mg
menjadi 3jam/mg
|
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.15
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Menuliskan kembali
teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar
dan sesuai konteks dunia kerja.
|
-
KD
3.2 (lama) naik menjadi KD 3.14 untuk mengakomodir penambahan jam mata
pelajaran Bahasa Inggris dari 2 jam/mg menjadi 3jam/mg
-
KD
3.15 (baru) ditambahkan untuk mengakomodir kebutuhan TOEIC dan materi
berkaitan dengan dunia kerja
|
|
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
harapan dan doa bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.16
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.16 Menyusun teks
khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi unsur, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
-
KD
3.3 (lama) dihilangkan karena materi tersebut sudah tercakup pada KD 3.8
(lama) tentang kalimat pengandaian
|
|
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.4 Menangkap makna teks
undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan
resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.17
Membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan
memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.17 Menyusun teks
khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
-
Perubahan
penomoran KD 3.4 naik keatas menjadi KD 3.16
|
|
3.5 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.7 Menangkap makna teks surat
pribadi.
4.8 Menyusun teks surat pribadi,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.18
Menganalisis struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai
dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
3.18 Menyusun teks prosedur, lisan dan
tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
-
KD
3.5 berubah penomoran dan urutan menjadi KD 3.16 menyesuaikan penambahan atau
pengurangan KD
|
|
3.6 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
3.10
Menyunting teks prosedur berbentuk manual
dan kiat-kiat (tips), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
3.19
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan passive
voice)
|
4.19 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
KD 4.9-4.10 dirangkum menjadi KD 4.17 agar
memenuhi syarat berpasangan KD3 dan KD 4 (apple to apple)
|
|
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.20
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.20 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
KD 3.7 berubah penomoran menjadi KD 3.18
KD 3.8 berubah menjadi KD 4.19
|
|
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi
suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi
suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.21
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
sosial teks factual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai
dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
|
4.21
Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI.
|
Berubah penomoran menjadi KD 3.19
|
|
3.9
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial teks factual report
dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai
dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
|
4.13
Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI.
|
3.22
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi
analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu
aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
Berubah penomoran menjadi KD 3.20
|
|
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi
analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum.
|
3.23
Membedakan fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.23 Menyusun
teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
KD 3.10 berubah menjadi 3.21 dan naik ke
atas
|
|
3.11
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.15 Menangkap makna teks
biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal.
|
3.24 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
|
4.24
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
-
KD
3.11 berubah penomoran menjadi 3.22 dan naik ke atas
-
Penambahan
KD 3.23 untuk mengakomodir kebutuhan siswa dalam mengikuti test TOEIC dan
dunia kerja.
|
|
3.12
Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4.16
Menangkap pesan dalam lagu.
|
3.25 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.25 Menyusun
teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
-
KD
3.11 (makna lagu) dihilangkan karena interpretasi lagu tidak perlu ditetapkan
sebagai KD khusus. Materi tersebut bisa disisipkan oleh guru pada materi
apapun sebagai materi penyegaran dan pengayaan untuk siswa.
-
KD
3.24 ditambahkan karena materi ini diperlukan siswa untuk menulis laporan
baik itu di sekolah maupun nanti di dunia kerja
|
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
3.26 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report
presentation)
|
4.26 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
-
KD
3.25 ditambahkan karena materi ini diperlukan siswa untuk menyajikan laporan secara
lisan cbaik itu di sekolah maupun nanti di dunia kerja
|
|
|||||
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan
jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.27
|
4.27
|
KD
3.1 pada kelas XII menjadi KD 3.27. Materi diurutkan sesuai dengan tingkat
kesulitan dan keterkaitan dengan materi sebelumnya.
|
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan yang mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
|
|
KD
ini dihilangkan karena materi ini kurang sesuai untuk kebutuhan SMK
|
|
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended),
serta responnya, sesuaidengan konteks penggunaannya.
|
4.3
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta
perhatian (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
KD
ini dihilangkan karena sudah terdapat di kelas IX
|
|
3.4
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat
lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.4
Menangkap
makna surat lamaran kerja.
4.5
Menyunting
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun surat
lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.28
|
4.28 Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
-
KD
3.4 menjadi KD 3.28
-
KD
4.4-4.6 dirangkum menjadi satu KD yaitu 4.28 sehingga KD3 dan KD4 berpasangan
|
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
3.29 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam
konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.29 Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam
konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
-
KD
3.29 ditambahkan karena keterkaitan dengan KD sebelumnya
-
Mengakomodir
kebutuhan bahasa inggris siswa SMK di dunia kerja
|
|
3.5
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
penyerta gambar (caption), sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1
Menangkap
makna teks penyerta gambar (caption).
4.2
Menyusun teks
penyerta gambar (caption), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
-
KD
ini dihilangkan karena sudah di sampaikan di kelas VII dan VIII
|
|
3.6
Menganalisis
struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi
sosial dari teks factual
report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks
pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XII.
|
4.3
Menangkap
makna dalam teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa
alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.4
Menyusun teks
ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
KD ini dihapus karena merupakan
pengulangan materi yang sudah disampaikan di kelas XI
|
|
3.7
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.5
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
3.30
|
4.30
|
KD 3.7 Kelas XII menjadi KD 3.30
|
|
3.8
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.6
Menyusun teks
lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
|
|
KD ini dihapuskan karena sudah tercakup
pada KD 3.2 Kelas XI
|
|
3.9
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita
sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya..
|
4.7
Menangkap
makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
|
3.31
|
4.31
|
KD 3.9 Kelas XII menjadi KD 3.31
|
|
3.10
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.8
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti
perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.32
|
3.32
|
KD 3.10 Kelas XII menjadi KD 3.32
|
|
3.11
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.9
Menangkap
makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep dan manual.
|
|
|
KD 3.11 Kelas XII dihapuskan karena sudah
terdapat pada KD 3.6 Kelas XI
|
|
3.12
Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu
|
4.16 Menangkap makna lagu.
|
|
|
KD ini dihilangkan karena KD ini bisa
dimasukkan ke dalam KD lainnya sebagai materi pengayaan atau penyegaran untuk
siswa
|
|
|||||
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
3.33 Menganalisis
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks khusus berbentuk
dokumen teknis (technical manual)
sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.33 Menyajikan
teks khusus berbentuk dokumen teknis (technical
manual) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
|
|
|
|
3.34 Menganalisis fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara
lisan dan tulis yang sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.34
Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan dan
tulis sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
|
|
|
|
3.35 Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
masalah-masalah yang dihadapi ditempat kerja (explanation of work problems)
sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.35
2Menjelaskan
masalah yang dihadapi di tempat kerja dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
|
|
|
|
3.36 Menganalisis
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus berbentuk
proposal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan
kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.36 Menyusun teks khusus berbentuk proposal yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi sesuai dengan kompetensi kealhian
masing-masing.
|
|
|
|
|
3.37 Memahami fungsi
social, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi dalam diskusi rapat di
tempat kerja sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
4.37
Mendemonstrasikan fungsi social, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi dalam diskusi rapat di tempat kerja
sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing.
|
|