BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 SMK
(PERBAIKAN)
MATERI:
PRAKTIK (BEST PRACTICE) PENILAIAN PEMBELAJARAN
DIREKTORAT PEMBINAAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
2017
A. Konsep
1. Penilaian
adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencaaian
hasil belajar peserta Didik (PP Nomor 13 tahun 2015).
2. Ada
tiga macam penilaian, yaitu penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan
pendidikan dan penilaian oleh pemerintah.
3. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang
capaian belajar peserta didik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memantau proses, kemajuan
belajar dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil
belajar.
4. Penilaian
hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data
tentang capaian belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan
yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian
sekolah/madrasah.
5. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau
hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan
perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
6. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik bertujuan:
a. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi.
b. Menetapkan
tingkat penguasaan kompetensi.
c. Menetapkan
program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.
d. Perbaikan
proses belajar.
7. Lingkup
penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan,
dan aspek keterampilan.
8. Penilaian
kinerja merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai
mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
9. Penilaian
autentik adalah suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi
tentang hasil belajar siswa, dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti
autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik.
B. Tahapan Penilaian.
1. Tahap persiapan,
meliputi:
a. Mengkaji
kompetensi dan silabus sebagi acuan dalam membuat rancangan dan kriteria
penilaian.
Kegiatan penting pada proses ini adalah
mencermati dimensi kompetensi dan materi yang termuat dalam pada kompetensi dasar. Yang perlu
diperhatikan, KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, ranah keterampilan, atau ranah
sikap. Apabila KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, level kompetensi seperti
apa yang dituntut, apakah level memahami,
menerapkan, menganalisis atau mengevaluasi.
Apabila kompetensi yang terkandung
dalam KD tersebut ranah keterampilan, perlu diidentifikasi apakah keterampilan konkret
tingkat imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi atau naturalisasi atau abstrak
tingkat mengolah, menalar, atau menyajikan.
Hal lain yang perlu dicermati saat
melakukan kajian KD adalah adalah keluasan dan kedalaman materi yang harus
dikuasai peserta didik serta tipe pengetahuan yang akan diujikan.
b. Mengembangkan
indikator
Dari hasil kajian akan diketahui
dimensi kompetensi yang harus dicapai, serta ruang lingkup dan kedalaman materi
yang harus dikuasai oleh peserta didik. Hasil kajian kemudian digunakan untuk
menyusun indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK adalah perilaku yang dapat
diukur dan atau diamati untuk menunjukkan ketercapain KD tertentu yang menjadi
acuan penilaian. Oleh karena itu IPK
harus selaras dengan KD. Satu KD bisa diturunkan menjadi beberapa IPK.
c. Membuat
rancangan dan kriteria penilaian.
Bentuk penilaian dipilih berdasarkan KD
dan IPK. Pada tahapan ini akan ditentukan bentuk penilaian seperti ulangan,
pengamatan, penugasan, portofolio, dan bentuk-bentuk penilaian lainnya. Instrumen
penilaian dikembangkan berdasarkan IPK dan bentuk penilaian yang dipilih.
Rancangan
dan kriteria penilaian
dibuatkan dalam bentuk kisi-kisi, yang memuat
komponen KD, IPK, materi, indikator,
bentuk penilaian, dan soal atau tugas.
Semua rancangan tersebut dicantumkan
dalam RPP, sebagai sebuah kesatuan
dengan rancangan pembelajaran.
2. Tahap pelaksanaan.
Pelaksanaan
penilaian sangat tergantung dari tujuan penilaian, bentuk penilaian, serta
dimensi atau ranah yang akan dinilai.
Proses
penilaian untuk perbaikan proses pembelajaran pelaksanaannya sedikit berbeda
dengan penilaian untuk mengukur sejauh mana penguasaan peserta didik pada
kompetensi tertentu. Demikian pula halnya, proses penilaian pada ranah sikap
berbeda dengan proses penilaian ranah pengetahuan atau ranah keterampilan. Oleh
sebab itu proses penilaian bisa dilaksanakan sebelum, selama, atau sesudah
kegiatan pembelajaran.
3. Tahap analisis hasil
penilaian, pengolahan dan tindak lanjut.
Analisis
hasil penilaian bertujuan untuk mengetahui indikator apa saja yang sudah atau
belum dikuasai oleh peserta didik. Dari hasil analisis ini dapat diketahui
peserta didik yang memerlukan pembelajaran remedial atau pembelajaran
pengayaan. Adapun pengolahan hasil penilaian disesuaikan dengan ranah
kompetensi, sebagaimana tercantum dalam Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah
Kejuruan yang dikeluarkan oleh Direktorat PSMK. Hasil analisis juga dapat
digunakan sebagai salah satu bahan refleksi untuk perbaikan proses
pembelajaran.
C.
Kriteria Praktik Penilaian yang Baik
Mengacu pada berbagai
model, pendekatan, prinsip, dan tujuannya, praktik penilaian oleh pendidik disebut
baik apabila memenuhi kriteria tersebut di bawah ini, yaitu:
1. Penilaian dikembangkan dari kurikulum.
2. Memotivasi peserta didik.
3. Menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran.
4. Merangsang kompetensi masa depan.
5. Penilaian dilakukan secara konsisten.
6. Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
7. Penilaian dapat digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran.
8. Berkaitan dengan kompetensi
peserta didik.
9. Realistis dan kontekstual.
Kriteria yang
terakhir tersebut adalah tambahan khusus untuk penlaian autentik, penilaian
yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013. Kriteria tersebut diatas dijabarkan lebih
spesifik, seperti tersebut di bawah ini.
KRITERIA PENILAIAN BAIK OLEH PENDIDIK
NO
|
KOMPONEN
|
SUB KOMPONEN
|
1.
|
Penilaian dikembangkan
dari kurikulum.
|
a. Teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan karakteristik
materi dan dimensi kompetensi dari KD.
b. Instrumen penilaian dilengkapi dengan pedoman penskoran yang jelas dan rubrik yang
jelas.
|
2
|
Berkaitan dengan
kompetensi peserta didik.
|
a. Menggunakan berbagai cara dan instrumen.
b. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
|
3.
|
Memotiviasi peserta didik.
|
a. Rancangan penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik.
b. Hasil penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik.
c. Peserta didik terlibat dalam proses penilaian.
|
4.
|
Menjadi satu kesatuan
dalam pembelajaran
|
a. Rancangan penilaian tercantum di dalam silabus dan RPP.
b. Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta
didik.
|
5.
|
Merangsang
kompetensi masa depan
|
a.
Memberi kebebasan
peserta didik untuk mengonstruksi responnya.
b.
Mencakup keterampilan
komunikaksi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi.
|
6.
|
Penilaian dilakukan secara
konsisten
|
a. Dilaksanakan dengan tahapan yang logis.
b. Kesuaian antara rancangan dan pelaksanaan penilaian.
|
7.
|
Dapat digunakan untuk
mengetahui hasil belajar peserta didik
|
a. Dilakukan analisis hasil
penilaian.
b. Dapat mendeteksi kemajuan
belajar peserta didik.
c. Dapat digunakan untuk
mengetahui kesulitan belajar peserta didik.
|
8.
|
Penilaian dapat digunakan
untuk perbaikan proses pembelajaran
|
a. Ada program tindak lanjut (pembelajaran remedial dan
pengayaan).
b. Dapat digunakan untuk umpan balik perbaikan proses
pembelajaran.
|
9.
|
Realistis dan kontekstual
*)
|
a. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata*)
b. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran*)
c. Terkait dengan dunia kerja.*)
d. Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata*)
|
Keterangan:
*): Tambahan kriteria
untuk pendekatan penilaian autentik.
D.
Tugas
1. Tugas
1
a. Amati
video pembelajaran beserta RPP yang telah disediakan. Gunakan Format 1 untuk mengamati/menelaah rancangan penilaian dalam RPP dan Format 2 untuk mengamati/menelaah tayangan video.
b. Identifikasi
kelebihan dan kekurangan proses penilaian yang ada dalam tayangan dan RPP tersebut.
Apabila menurut saudara masih ada kekurangan, berikan solusinya.
2. Tugas
2
a. Buat
rancangan penilaian berupa
kisi-kisi dari KD yang
disediakan (peserta dapat memilih KD sendiri).
Gunakan
format 3
untuk menyusun kisi-kisi penilaian.
b. Presentasi.
2.
Tugas 3
a. Buat
instrumen penilaian berupa soal dan kelengkapannya dari KD-KD yang
telah disediakan (peserta dapat memilih KD sendiri), meliputi:
- menyusun
kisi-kisi soal,
- merumuskan butir soal,
- kunci jawaban,
- kriteria dan rubrik penilaian
(bila diperlukan).
- penentuan skor
Gunakan
Format 4 untuk menyusun kisi-kisi soal dan gunakan instrumen atau format 5 untuk menelaah kisi-kisi tersebut.
Gunakan
Format 6, 7, atau 8 untuk mengamati atau menelaah soal dan kelengkapannya sesuai dengan jenis soal.
b. Presentasi
hasil kerja kelompok
Lampiran 1
FORMAT
1
INSTRUMEN TELAAH RANCANGAN PENILAIAN
Nama Guru :
Nama Sekolah :
Kompetensi Keahlian :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
KD :
Berilah
tanda cek ( V) pada kolom hasil telaah pada kolom YA dan TIDAK sesuai sesuai dengan
Berikan catatan atau saran untuk
perbaikan sesuai penilaian Anda.
No
|
Aspek Yang ditelaah
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Rancangan
penilaian tercantum dalam RPP.
|
|
|
|
2.
|
Bentuk
penilaian sesuai dengan kompetensi yang diuji.
|
|
|
|
3
|
Instrumen
penilaian disertai pedoman penskoran dan/atau rubrik yang jelas.
|
|
|
|
4
|
Penilaian menggunakan acuan kriteria
|
|
|
|
5.
|
Mengukur
keterampilan berpikir sesuai dengan tingkatan KD
|
|
|
|
6
|
Dilakukan
validasi instrumen (telaah dan moderasi)
|
|
|
|
Jumlah Ya/Tidak
|
|
|
|
Komentar terhadap rancangan penilaian secara
umum:
|
………………,
…………………..
Observer
(
…………………………………….. )
Lampiran
2:
FORMAT
2:
INSTRUMEN PENGAMATAN
VIDEO PENILAIAN PEMBELAJARAN
Nama
:
Sekolah :
Kompetensi Keahlian :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
KD :
Berilah
tanda cek ( V) pada kolom skor YA dan TIDAK sesuai dengan pengamatan saudara
pada setiap aspek. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian
Anda.
No.
|
Aspek yang diamati
|
Hasil Penelahaan
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
A
|
Persiapan
|
|
|
|
1
|
Merancang
penilaian bersamaan dengan membuat rancangan pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Menelaah
Kompetesi dasar.
|
|
|
|
3
|
Menetapkan
indikator pencapaian kompetensi.
|
|
|
|
4
|
Menetapkan
bentuk penilaian.
|
|
|
|
5
|
Mengembangkan
instrumen sesuai dengan kurikulum (KD)
|
|
|
|
6
|
Melakukan
moderasi rancangan penilaian bersama dengan
guru lain.
|
|
|
|
7
|
Mengomunikasikan rancangan penilaian kepada
peserta didik (KKM, teknik penilaian, rubrik)
|
|
|
|
8
|
Menggunakan teknik
penilaian ontentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb) untuk
memantau kemajuan belajar peserta didik
|
|
|
|
9
|
Menggunakan
berbagai strategi, metode dan teknik sesuai dengan karakteristik pembelajaran
dan kompetensi.
|
|
|
|
10
|
Melibatkan peserta didik dalam penilaian
|
|
|
|
11
|
Melakukan analisis dan mengolah hasil penilaian
|
|
|
|
12
|
Menyampaikan hasil penalian kepada peserta
didik disertai dengan balika yang positif.
|
|
|
|
13
|
Merencanakan program tindak lanjut (remedial
dan pengayaan)
|
|
|
|
14
|
Membuat catatan sebagai bahan evaluasi dalam rangka penyempurnaan rencana dan
pelaksanaan pembelajaran.
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
Skor
Maksimum : 14
Kekuatan:
Kelemahan:
|
..…………,
………………….........
Observer
(
…………………………………….. )
RUMUS PERHITUNGAN NILAI
Nilai = (Skor perolehan/skor maksimal) x
100%
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80
< B ≤ 90
|
Cukup (C)
|
70 < C
≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤
70
|
Penjelasan:
1.
Merancang penilaian bersamaan dengan membuat rancangan
pembelajaran.
Penilaian adalah bagian yang tak
terpisahkan dengan proses pembelajaran.
Oleh karena itu rancangan penilaian menjadi satu kesatuan dalam rancangan
pembelajaran, yang dibuktikan dengan mencantumkannya dalam RPP.
2.
Menelaah Kompetesi Dasar.
KD adalah deskripsi mengenai
kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti proses
pembelajaran. Di dalam KD ada dua komponen, yaitu dimensi kompetensi dan konten
atau materi.
Yang perlu diperhatikan dari KD
tersebut termasuk ranah pengetahuan, ranah keterampilan, atau ranah sikap.
Apabila KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, level kompetensi seperti apa
yang dituntut, apakah level memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluas,
dan mencipta.
Apabila kompetensi yang terkandung
dalam KD tersebut termasuk ranah keterampilan, perlu diidentifikasi apakah
keterampilan tingkat rendah atau keterampilan tingkat tinggi.
Hal lain yang perlu diperhatikan saat
melakukan kajian KD adalah adalah keluasan dan kedalaman materi yang harus
dikuasai peserta didik serta tipe pengetahuan yang akan diujikan.
3.
Menetapkan indikator pencapaian kompetensi.
Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diamati untuk menunjukkan
ketercapain KD tertentu yang menjadi acuan penilaian. Oleh karena itu IPK harus selaras dengan KD
dan satu KD bisa diturunkan menjadi beberapa IPK.
Sebagai contoh bentuk keselarasan
adalah mencermati KD ranah pengetahuan. Bila KD tersebut menggambarkan dimensi kognitif C3 maka
IPK-nya juga harus C3 (menerapkan). Bila
satu KD diturunkan lebih dari satu IPK, maka harus ada IPK yang C3, dan
bisa didahului dengan IPK pada level yang lebih rendah, minimal C2.
4.
Bentuk penilaian dipilih berdasarkan IPK dan kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi. Pada tahapan ini akan ditentukan bentuk penilaian seperti ulangan,
pengamatan, penugasan, portofolio, dan bentuk-bentuk penilaian lainnya.
5.
Mengembangkan instrumen sesuai dengan kurikulum.
Instrumen penilaian dikembangkan
berdasarkan bentuk penilaian, KD, dan IPK.
Pengembangan instrumen dimulai dengan menyusun kisi-kisi sampai penyusunan alat penilaian.
6.
Melakukan moderasi rancangan penilaian bersama dengan guru lain.
Proses moderasi adalah mendiskusikan
rancangan penilaian dengan guru atau pihak lain yang dianggap kompeten untuk
memastikan ketepatan instrumen yang dikembangkan dan mendapatkan masukan untuk
perbaikan bila diperlukan.
7.
Mengomunikasikan
rancangan penilaian kepada peserta didik (KKM, bentuk penilaian, rubrik).
Telah
jelas.
8.
Menggunakan teknik penilaian ontentik (kuis, pertanyaan
lisan, pemberian tugas, dsb) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
Telah jelas
9.
Menggunakan berbagai strategi, metode dan teknik sesuai
dengan karakteristik pembelajaran dan kompetensi.
Telah jelas.
10. Melibatkan peserta didik dalam penilaian.
Telah jelas.
11. Melakukan analisis dan mengolah
hasil penilaian.
Telah
jelas.
12. Menyampaikan
hasil penilaian kepada peserta didik disertai dengan balikan yang positif.
Telah jelas.
13. Merencanakan program tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
Telah
jelas.
14. Membuat catatan sebagai bahan evaluasi
dalam rangka penyempurnaan rencana dan pelaksanaan pembelajaran.
Telah
jelas.
Lampiran 3
Matrik Jenis Kompetensi, KD dan Bentuk
Penilaian
No
|
Jenis
Kompetensi
|
Tingkatan
Kompetensi Dasar
|
Tes
|
Non Tes
|
|||||
Isian
(Meleng-kapi)
|
Uraian
|
PG
|
Observasi
|
Penilaian
Kinerja
|
Penilai-an Proyek
|
Porto-folio
|
|||
1
|
Sikap
|
A1-A5
|
|
|
|
V
|
|
|
|
2
|
Pengetahuan
|
C2 – Konseptual
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
V
|
C3 – Prosedural
|
|
V
|
V
|
|
|
|
V
|
||
C4 – Metakognitif
|
|
V
|
V
|
|
|
|
V
|
||
C5 – Metakognitif
|
|
V
|
V
|
|
|
|
V
|
||
C6 – Metakognitif
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
||
|
Keterampilan (Konkrit)
|
P1
|
|
|
|
V
|
V
|
|
V
|
P2
|
|
|
|
V
|
V
|
|
V
|
||
P3
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
P4
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
P5
|
|
|
|
V
|
V
|
V
|
V
|
||
|
Keterampilan (Abstrak)
|
Mengolah
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
Menalar
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
||
Menyaji
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
Lampiran 4
FORMAT 3
KISI KISI PENILAIAN
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Bentuk Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
Contoh:
KD
3.20. Menerapkan berbagai metode penyusutan asset
tetap dan pencatatannya
(C3).
|
Contoh:
Menerapkan
metode penyusutan Stright Line Method
(Metode Garis Lurus)
(C3)
|
Contoh:
Metode
penyusutan asset
tetap
|
Contoh:
Tes
tertulis
|
Contoh:
Soal
pilihan ganda
|
2
|
KD
4. 20 .......
|
IPK
|
|
|
|
3
|
KD
|
IPK
|
|
|
|
4
|
KD
|
IPK
|
|
|
|
|
|
IPK
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
- Pada
kolom 2 (dua ) tuliskan Kompetensi Dasar yang akan diujikan, dan identifikasi
dimensi kompetensinya.
- Pada KD pengetahuan, silahkan
diidentifikasi apakah termasuk
dimensi proses kognitif C2, C3, dan seterusnya.
- Pada
KD keterampilan, silahkan diidentifikasi apakah termasuk keterampilan
abstrak atau konkrit, dan identifikasi pula dimensi kompetensinya.
- Pada
kolom 3 (tiga) , rumuskan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) yang
diturunkan dari KD, dan identifikasi pula dimensi kompetensi pada
IPK tersebut sebagaimana mengidentifikasi KD, dan pastikan dimensi
kompetensinya setara atau sesuai.
- Pada
kolom 4 (empat) uraiakan lingkup materi yang akan diujikan dengan
memperhatikan UKRK (Urgensi, Keterpakaian, Relevansi, dan
Kesinambungan)
- Pada
kolom 5 (lima) tentukan bentuk penilaian yang sesuai dengan IPK dan karakteristik
materi yang diujikan (gunakan lampiran 3 sebagai alat bantu).
- Pada
kolom 6 (enam) rumuskan bentuk instrumen yang digunakan untuk mengukur
pencapaian kompetensi yang diujikan.
Lampiran
5
FORMAT 4
KISI
KISI SOAL
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Butir Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
6
FORMAT 5
INSTRUMEN TELAAH
KISI-KISI SOAL
No
|
Aspek yang Diamati
|
Hasil Telaah
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
KD
3
(pengetahuan) sesuai dengan silabus/kurikulum
|
|
|
|
2
|
KD
4 (keterampilan) sesuai
dengan silabus/kurikulum
|
|
|
|
3
|
KD
3
(pengetahuan) sesuai dengan kriteria
|
|
|
|
4
|
KD
4 (keterampilan) sesuai
dengan kriteria
|
|
|
|
5
|
IPK KD 3 (pengetahuan)
memenuhi kriteria
|
|
|
|
6
|
IPK
KD 4 (keterampilan) memenuhi kriteria
|
|
|
|
7
|
Materi memenuhi kriteria
|
|
|
|
8
|
Indikator
soal memenuhi kriteria
|
|
|
|
9
|
Bentuk
soal memenuhi kriteria
|
|
|
|
10
|
Butir
soal memenuhi kriteria
|
|
|
|
Catatan :
|
……………, ………………….........
Observer
( …………………………………….. )
Lampiran 7
FORMAT 6
INSTRUMEN TELAAH
SOAL PILIHAN GANDA
Sekolah :
Kompetensi
Keahlian :
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester :
KD :
Berilah tanda cek( V) pada kolom YA dan
TIDAK sesuai pengamatan saudara. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan
sesuai penilaian Anda.
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Hasil Telaah Tidak
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
||
A.
|
Isi
|
|
|
|
1
|
Soal sesuai indikator
|
|
|
|
2
|
Ada batasan pertanyaan
atau pernyataan yang mengarah kepada jawaban
yang diharapkan
|
|
|
|
3
|
Pilihan jawaban homogen
dan logis
|
|
|
|
4
|
Terdapat satu jawaban
yang paling benar
|
|
|
|
B
|
Konstruksi
|
|
|
|
5
|
Ada petunjuk yang jelas
cara mengerjakan soal
|
|
|
|
5
|
Ada pedoman penyekoran
|
|
|
|
7
|
Tabel gambar, grafik.peta,atau sejenisnya
disajikan jelas dan terbaca
|
|
|
|
8
|
Memuat pernyataan
secara tepat dan efisien
|
|
|
|
9
|
Pernyataan tidak ada
petunjuk ke arah jawaban
|
|
|
|
10
|
Tidak memiliki
pernyataan negatif ganda
|
|
|
|
11
|
Panjang rumusan jawaban
relatif sama
|
|
|
|
12
|
Pilihan jawaban memuat
isi materi bukan mengulang benar semua atau salah semua
|
|
|
|
13
|
Penggunaan angka dan
waktu berurutan
|
|
|
|
14
|
Bukan soal berangkai
antar nomor
|
|
|
|
C
|
Bahasa
|
|
|
|
15
|
Rumusan soal
menggunakan bahasa sederhana/ komunikatif
|
|
|
|
16
|
Butir soal menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa pada mata pelajarannya
|
|
|
|
17
|
Rumusan soal
menggunakan kata-kata/kalimat yang
tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah penafsiran
|
|
|
|
18
|
Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung
perasaan peserta ujian/ulangan
|
|
|
|
19
|
Rumusan soal
menggunakan bahasa denotatif/ bukan
konotatif
|
|
|
|
|
Rekomendasi
|
Diterima/Revisi/Ditolak *)
|
Catatan :
|
……………, ………………….........
Observer
( …………………………………….. )
Lampiran
8
FORMAT 7
INSTRUMEN TELAAH
SOAL URAIAN
Sekolah :
Kompetensi
Keahlian :
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester :
KD :
Berilah tanda cek( V) pada kolom YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan
sesuai penilaian Anda.
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Hasil Telaah
Tidak
|
Catatan
|
|||
Ya
|
Tidak
|
|
||||
1
|
Soal sesuai dengan indicator
|
|
|
|
||
2.
|
Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
|
|
|
|
||
3
|
Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai.
|
|
|
|
||
4
|
Rumusan soal atau
pertanyaan menggunakan kata tanya yang
menuntut jawaban uraian, misalnya jelaskan, uraikan, mengapa, dsb.
|
|
|
|
||
5.
|
Kalimat komunikatif dan
tidak menimbulkan penafsiran ganda.
|
|
|
|
||
6
|
Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan
jelas,
terbaca dan berfungsi.
|
|
|
|
||
7
|
Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
|
|
|
|
||
8
|
Butir soal dilengkapi
kunci jawaban, pedoman penilaian, dan kriteria atau rubrik yang jelas.
|
|
|
|
||
9
|
Menggunakan bahasa yang
baku.
|
|
|
|
||
10
|
Menggunakan bahasa yang
tidak menimbulkan penafsiran ganda.
|
|
|
|
||
|
Rekomendasi
|
Diterima/Revisi/Ditolak
*)
|
||||
Catatan :
|
||||||
……………,
………………….........
Observer
(
…………………………………….. )
Lampiran
9
FORMAT
8
INSTRUMEN TELAAH PENILAIAN KETERAMPILAN
Sekolah :
Kompetensi
Keahlian :
Mata
Pelajaran :
Kelas/Semester :
KD :
Berilah tanda cek( V) pada kolom YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan
sesuai penilaian Anda.
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Hasil Telaah
Tidak
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
||
|
|
|
|
|
1
|
Bentuk soal atau
tugas sesuai dengan
indikator (praktek, projek, portofolio)
|
|
|
|
2.
|
Materi yang diujikan sesuai dengan
tujuan.
|
|
|
|
3
|
Batasan tugas dan hasil pekerjaan yang diharapkan sudah sesuai.
|
|
|
|
4
|
Rumusan tugas atau pertanyaan menggunakan
kata tanya yang menuntut kegiatan,
misalnya langkah kerja
persiapan, proses dan keselamatan kerja, dsb.
|
|
|
|
5.
|
Alat dan bahan kebutuhan tugas sesuai kebutuhan
|
|
|
|
6
|
Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan
jelas,
terbaca dan berfungsi.
|
|
|
|
7
|
Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan tugas
|
|
|
|
8
|
Instrumen dilengkapi dengan pedoman penilaian, dan kriteria atau rubrik
yang jelas.
|
|
|
|
|
Rekomendasi
|
Diterima/Revisi/Ditolak
*)
|
Catatan :
|
……………,
………………….........
Observer
(
…………………………………….. )