PRAKTIK (BEST PRACTICE) PENILAIAN PEMBELAJARAN

BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 SMK
(PERBAIKAN)



MATERI:
PRAKTIK (BEST PRACTICE) PENILAIAN PEMBELAJARAN









DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017



A.   Konsep
1.    Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencaaian hasil belajar peserta Didik (PP Nomor 13 tahun 2015).
2.    Ada tiga macam penilaian, yaitu penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan dan penilaian oleh pemerintah.  
3.    Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memantau proses, kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.
4.    Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian belajar peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis  dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah.
5.    Penilaian hasil belajar oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar,  dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
6.    Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan:
a.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.
b.    Menetapkan tingkat penguasaan kompetensi.
c.    Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.
d.    Perbaikan proses belajar.
7.    Lingkup penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
8.    Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
9.    Penilaian autentik adalah suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa, dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik.


B.   Tahapan Penilaian.
1.   Tahap persiapan, meliputi:
a.    Mengkaji kompetensi dan silabus sebagi acuan dalam membuat rancangan dan kriteria penilaian.
Kegiatan penting pada proses ini adalah mencermati dimensi kompetensi dan materi yang termuat  dalam pada kompetensi dasar. Yang perlu diperhatikan, KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, ranah keterampilan, atau ranah sikap. Apabila KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, level kompetensi seperti apa yang dituntut, apakah level memahami, menerapkan, menganalisis atau mengevaluasi.
Apabila kompetensi yang terkandung dalam KD tersebut ranah keterampilan, perlu diidentifikasi apakah keterampilan konkret tingkat imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi atau naturalisasi atau abstrak tingkat mengolah, menalar, atau menyajikan.
Hal lain yang perlu dicermati saat melakukan kajian KD adalah adalah keluasan dan kedalaman materi yang harus dikuasai peserta didik serta tipe pengetahuan yang akan diujikan.
b.    Mengembangkan indikator
Dari hasil kajian akan diketahui dimensi kompetensi yang harus dicapai, serta ruang lingkup dan kedalaman materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Hasil kajian kemudian digunakan untuk menyusun indikator pencapaian kompetensi (IPK). IPK adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diamati untuk menunjukkan ketercapain KD tertentu yang menjadi acuan penilaian.  Oleh karena itu IPK harus selaras dengan KD. Satu KD bisa diturunkan menjadi beberapa IPK.
c.    Membuat rancangan dan kriteria penilaian.
Bentuk penilaian dipilih berdasarkan KD dan IPK. Pada tahapan ini akan ditentukan bentuk penilaian seperti ulangan, pengamatan, penugasan, portofolio, dan bentuk-bentuk penilaian lainnya. Instrumen penilaian dikembangkan berdasarkan IPK dan bentuk penilaian yang dipilih.
Rancangan dan kriteria penilaian dibuatkan dalam bentuk kisi-kisi,  yang memuat komponen KD, IPK, materi, indikator, bentuk penilaian, dan soal atau tugas.
Semua rancangan tersebut dicantumkan dalam RPP, sebagai sebuah  kesatuan dengan rancangan pembelajaran.

2.   Tahap pelaksanaan.
Pelaksanaan penilaian sangat tergantung dari tujuan penilaian, bentuk penilaian, serta dimensi atau ranah  yang akan dinilai.
Proses penilaian untuk perbaikan proses pembelajaran pelaksanaannya sedikit berbeda dengan penilaian untuk mengukur sejauh mana penguasaan peserta didik pada kompetensi tertentu. Demikian pula halnya, proses penilaian pada ranah sikap berbeda dengan proses penilaian ranah pengetahuan atau ranah keterampilan. Oleh sebab itu proses penilaian bisa dilaksanakan sebelum, selama, atau sesudah kegiatan pembelajaran.

3.   Tahap analisis hasil penilaian, pengolahan dan tindak lanjut.
Analisis hasil penilaian bertujuan untuk mengetahui indikator apa saja yang sudah atau belum dikuasai oleh peserta didik. Dari hasil analisis ini dapat diketahui peserta didik yang memerlukan pembelajaran remedial atau pembelajaran pengayaan. Adapun pengolahan hasil penilaian disesuaikan dengan ranah kompetensi, sebagaimana tercantum dalam Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan yang dikeluarkan oleh Direktorat PSMK. Hasil analisis juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan refleksi untuk perbaikan proses pembelajaran.

C.   Kriteria Praktik Penilaian yang Baik
Mengacu pada berbagai model, pendekatan, prinsip, dan tujuannya, praktik penilaian oleh pendidik disebut baik apabila memenuhi kriteria tersebut di bawah ini, yaitu:
1.    Penilaian dikembangkan dari kurikulum.
2.    Memotivasi peserta didik.
3.    Menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran.
4.    Merangsang kompetensi masa depan.
5.    Penilaian dilakukan secara konsisten.
6.    Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
7.    Penilaian dapat digunakan untuk perbaikan proses  pembelajaran.
8.    Berkaitan dengan kompetensi  peserta didik.
9.    Realistis dan kontekstual.
Kriteria yang terakhir tersebut adalah tambahan khusus untuk penlaian autentik, penilaian yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013. Kriteria tersebut diatas dijabarkan lebih spesifik, seperti tersebut di bawah ini.

KRITERIA PENILAIAN BAIK OLEH PENDIDIK
NO
KOMPONEN
SUB KOMPONEN
1.
Penilaian dikembangkan dari kurikulum.
a.     Teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan karakteristik materi dan dimensi kompetensi dari KD.
b.     Instrumen penilaian dilengkapi dengan  pedoman penskoran yang jelas dan rubrik yang jelas.
2
Berkaitan dengan kompetensi  peserta didik.
a.     Menggunakan berbagai cara dan instrumen.
b.     Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3.
Memotiviasi peserta didik.
a.     Rancangan penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik.
b.     Hasil penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik.
c.     Peserta didik terlibat dalam proses penilaian.
4.
Menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran
a.     Rancangan penilaian tercantum di dalam silabus dan RPP.
b.     Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
5.
Merangsang kompetensi  masa depan
a.     Memberi kebebasan peserta didik untuk mengonstruksi responnya.
b.     Mencakup keterampilan komunikaksi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi.
6.
Penilaian dilakukan secara konsisten
a.     Dilaksanakan dengan tahapan yang logis.
b.     Kesuaian antara rancangan dan pelaksanaan penilaian.
7.
Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
a.     Dilakukan analisis hasil penilaian.
b.     Dapat mendeteksi kemajuan belajar peserta didik.
c.     Dapat digunakan untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik.
8.
Penilaian dapat digunakan untuk perbaikan proses  pembelajaran
a.     Ada program tindak lanjut (pembelajaran remedial dan pengayaan).
b.     Dapat digunakan untuk umpan balik perbaikan proses pembelajaran.
9.
Realistis dan kontekstual *)
a.     Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata*)
b.     Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran*)
c.     Terkait dengan dunia kerja.*)
d.     Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata*)
Keterangan:
*): Tambahan kriteria untuk pendekatan penilaian autentik.









D.   Tugas
1.    Tugas 1
a.  Amati video pembelajaran beserta RPP yang telah disediakan. Gunakan Format 1 untuk mengamati/menelaah rancangan penilaian dalam RPP dan Format 2 untuk mengamati/menelaah tayangan video.
b.  Identifikasi kelebihan dan kekurangan proses penilaian yang ada dalam tayangan dan RPP tersebut. Apabila menurut saudara masih ada kekurangan, berikan solusinya.

2.    Tugas 2
a.     Buat rancangan penilaian berupa kisi-kisi dari KD yang  disediakan (peserta dapat memilih KD sendiri).
Gunakan  format 3 untuk menyusun kisi-kisi penilaian.
b.     Presentasi.

2.          Tugas 3
a. Buat instrumen  penilaian berupa soal dan kelengkapannya dari KD-KD yang telah disediakan (peserta dapat memilih KD sendiri), meliputi:
-     menyusun kisi-kisi soal,
-     merumuskan  butir soal,
-     kunci jawaban,
-     kriteria dan rubrik penilaian (bila diperlukan).
-     penentuan skor
Gunakan Format 4 untuk menyusun kisi-kisi soal dan gunakan instrumen atau  format 5 untuk menelaah kisi-kisi tersebut.
Gunakan Format 6, 7, atau  8  untuk mengamati atau menelaah  soal dan kelengkapannya sesuai dengan jenis soal.
b. Presentasi hasil kerja kelompok



Lampiran 1
FORMAT 1
INSTRUMEN TELAAH RANCANGAN PENILAIAN

Nama Guru                       :
Nama Sekolah                             :
Kompetensi Keahlian           :
Mata Pelajaran                   :
Kelas/Semester                  :
KD                                   :

Berilah tanda cek ( V) pada kolom hasil telaah pada kolom YA dan TIDAK sesuai  sesuai dengan   Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.
No
Aspek Yang ditelaah
Hasil Telaah
Catatan
Ya
Tidak
1.
Rancangan penilaian tercantum dalam RPP.



2.
Bentuk penilaian sesuai dengan kompetensi yang diuji.



3
Instrumen penilaian disertai pedoman penskoran dan/atau rubrik yang jelas.



4
Penilaian menggunakan acuan kriteria



5.
Mengukur keterampilan berpikir sesuai dengan tingkatan KD



6
Dilakukan validasi instrumen (telaah dan moderasi)



Jumlah Ya/Tidak




Komentar terhadap rancangan penilaian secara umum:




………………, …………………..
Observer


( …………………………………….. )
Lampiran 2:
FORMAT 2:
INSTRUMEN PENGAMATAN VIDEO PENILAIAN PEMBELAJARAN

Nama                               :
Sekolah                            :
Kompetensi Keahlian :
Mata Pelajaran                   :
Kelas/Semester                  :
KD                                  :
Berilah tanda cek ( V) pada kolom skor YA dan TIDAK sesuai dengan pengamatan saudara pada setiap aspek. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.
No.
Aspek yang diamati
Hasil Penelahaan
Catatan
Ya
Tidak
A
Persiapan



1
Merancang penilaian bersamaan dengan membuat rancangan pembelajaran.



2
Menelaah Kompetesi dasar.



3
Menetapkan indikator pencapaian kompetensi.



4
Menetapkan bentuk penilaian.



5
Mengembangkan instrumen sesuai dengan kurikulum (KD)



6
Melakukan moderasi rancangan penilaian  bersama dengan guru lain.



7
Mengomunikasikan rancangan penilaian kepada peserta didik (KKM, teknik penilaian, rubrik)



8
Menggunakan teknik penilaian ontentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik



9
Menggunakan berbagai strategi, metode dan teknik sesuai dengan karakteristik pembelajaran dan kompetensi.



10
Melibatkan peserta didik dalam penilaian



11
Melakukan analisis dan mengolah  hasil penilaian



12
Menyampaikan hasil penalian kepada peserta didik disertai dengan balika yang positif.



13
Merencanakan program tindak lanjut (remedial dan pengayaan)



14
Membuat catatan sebagai bahan evaluasi  dalam rangka penyempurnaan rencana dan pelaksanaan pembelajaran.



Jumlah Skor



Skor Maksimum : 14
Kekuatan:

Kelemahan:


..…………, ………………….........
Observer


( …………………………………….. )

RUMUS PERHITUNGAN NILAI

Nilai = (Skor perolehan/skor maksimal) x 100%

PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Baik (B)
80 < B ≤ 90
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang (K)
≤ 70


Penjelasan:
1.    Merancang penilaian bersamaan dengan membuat rancangan pembelajaran.
Penilaian adalah bagian yang tak terpisahkan dengan proses   pembelajaran. Oleh karena itu rancangan penilaian menjadi satu kesatuan dalam rancangan pembelajaran, yang dibuktikan dengan mencantumkannya dalam RPP.
2.    Menelaah Kompetesi Dasar.
KD adalah deskripsi mengenai kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Di dalam KD ada dua komponen, yaitu dimensi kompetensi dan konten atau materi.
Yang perlu diperhatikan dari KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, ranah keterampilan, atau ranah sikap. Apabila KD tersebut termasuk ranah pengetahuan, level kompetensi seperti apa yang dituntut, apakah level memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluas, dan mencipta.
Apabila kompetensi yang terkandung dalam KD tersebut termasuk ranah keterampilan, perlu diidentifikasi apakah keterampilan tingkat rendah atau keterampilan tingkat tinggi.
Hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan kajian KD adalah adalah keluasan dan kedalaman materi yang harus dikuasai peserta didik serta tipe pengetahuan yang akan diujikan.
3.    Menetapkan indikator pencapaian kompetensi.
Indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diamati untuk menunjukkan ketercapain KD tertentu yang menjadi acuan penilaian.  Oleh karena itu IPK harus selaras dengan KD dan satu KD bisa diturunkan menjadi beberapa IPK.
Sebagai contoh bentuk keselarasan adalah mencermati KD ranah pengetahuan. Bila KD tersebut  menggambarkan dimensi kognitif C3 maka IPK-nya juga harus C3 (menerapkan). Bila  satu KD diturunkan lebih dari satu IPK, maka harus ada IPK yang C3, dan bisa didahului dengan IPK pada level yang lebih rendah, minimal C2.
4.    Bentuk penilaian dipilih berdasarkan IPK dan  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi. Pada tahapan ini akan ditentukan bentuk penilaian seperti ulangan, pengamatan, penugasan, portofolio, dan bentuk-bentuk penilaian lainnya. 
5.    Mengembangkan instrumen sesuai dengan kurikulum.
Instrumen penilaian dikembangkan berdasarkan bentuk penilaian,  KD, dan IPK. Pengembangan instrumen dimulai dengan menyusun kisi-kisi sampai  penyusunan alat penilaian.
6.    Melakukan moderasi rancangan penilaian  bersama dengan guru lain.
Proses moderasi adalah mendiskusikan rancangan penilaian dengan guru atau pihak lain yang dianggap kompeten untuk memastikan ketepatan instrumen yang dikembangkan dan mendapatkan masukan untuk perbaikan bila diperlukan.
7.    Mengomunikasikan rancangan penilaian kepada peserta didik (KKM, bentuk penilaian, rubrik).
Telah jelas.
8.    Menggunakan teknik penilaian ontentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
Telah jelas
9.    Menggunakan berbagai strategi, metode dan teknik sesuai dengan karakteristik pembelajaran dan kompetensi.
Telah jelas.
10. Melibatkan peserta didik dalam penilaian.
Telah jelas.
11. Melakukan analisis dan mengolah  hasil penilaian.
Telah jelas.
12. Menyampaikan hasil penilaian kepada peserta didik disertai dengan balikan yang positif.
Telah jelas.
13. Merencanakan program tindak lanjut (remedial dan pengayaan).
Telah jelas.
14. Membuat catatan sebagai bahan evaluasi  dalam rangka penyempurnaan rencana dan pelaksanaan pembelajaran.
Telah jelas.


Lampiran 3

Matrik Jenis Kompetensi, KD dan Bentuk Penilaian
No
Jenis Kompetensi
Tingkatan Kompetensi Dasar
Tes
Non Tes
Isian (Meleng-kapi)
Uraian
PG
Observasi
Penilaian Kinerja
Penilai-an Proyek
Porto-folio
1
Sikap
A1-A5



V



2
Pengetahuan
C2 – Konseptual
V
V
V



V
C3 – Prosedural

V
V



V
C4 – Metakognitif

V
V



V
C5 – Metakognitif

V
V



V
C6 – Metakognitif

V




V

Keterampilan (Konkrit)
P1



V
V

V
P2



V
V

V
P3



V
V
V
V
P4



V
V
V
V
P5



V
V
V
V

Keterampilan (Abstrak)
Mengolah

V




V
Menalar

V




V
Menyaji

V




V


Lampiran 4
FORMAT 3
KISI KISI PENILAIAN

No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Bentuk Penilaian
Bentuk Instrumen
1
2
3
4
5
6
1
Contoh:
KD 3.20.    Menerapkan berbagai metode penyusutan asset tetap dan pencatatannya
 (C3).
Contoh:
Menerapkan metode penyusutan Stright Line Method (Metode Garis Lurus)
(C3)

Contoh:
Metode penyusutan asset tetap
Contoh:
Tes tertulis
Contoh:
Soal pilihan ganda
2
KD 4. 20 .......
IPK



3
KD
IPK



4
KD
IPK





IPK       



5







Keterangan:
  1. Pada kolom 2 (dua ) tuliskan Kompetensi Dasar yang akan diujikan, dan identifikasi dimensi kompetensinya.
    1.  Pada KD pengetahuan, silahkan diidentifikasi apakah  termasuk dimensi proses kognitif C2, C3, dan seterusnya.
    2. Pada KD keterampilan, silahkan diidentifikasi apakah termasuk keterampilan abstrak atau konkrit, dan identifikasi pula dimensi kompetensinya.
  2. Pada kolom 3 (tiga) , rumuskan  Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)  yang diturunkan dari KD, dan identifikasi pula dimensi kompetensi  pada  IPK tersebut sebagaimana mengidentifikasi KD, dan pastikan dimensi kompetensinya  setara atau sesuai.
  3. Pada kolom 4 (empat) uraiakan lingkup materi yang akan diujikan dengan memperhatikan UKRK (Urgensi, Keterpakaian, Relevansi, dan Kesinambungan) 
  4. Pada kolom 5 (lima) tentukan bentuk penilaian yang sesuai dengan IPK dan karakteristik materi yang diujikan (gunakan lampiran 3 sebagai alat bantu).
  5. Pada kolom 6 (enam) rumuskan bentuk instrumen yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi yang diujikan.






Lampiran 5
FORMAT 4
  KISI KISI SOAL

No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Butir Soal
1
2
3
4
5
6
7
1






2






3






4






6
















Lampiran 6
FORMAT 5
INSTRUMEN TELAAH KISI-KISI SOAL

No
Aspek yang Diamati
Hasil Telaah
Catatan
Ya
Tidak
1
KD 3 (pengetahuan)  sesuai dengan silabus/kurikulum



2
KD 4  (keterampilan) sesuai dengan silabus/kurikulum



3
KD 3 (pengetahuan)  sesuai dengan kriteria



4
KD 4  (keterampilan) sesuai dengan kriteria



5
IPK KD 3 (pengetahuan) memenuhi kriteria



6
IPK  KD 4 (keterampilan)  memenuhi kriteria



7
Materi memenuhi kriteria



8
Indikator soal memenuhi kriteria



9
Bentuk soal memenuhi kriteria



10
Butir soal memenuhi kriteria




Catatan :

……………, ………………….........
Observer


( …………………………………….. )




Lampiran 7

FORMAT 6

INSTRUMEN TELAAH SOAL PILIHAN GANDA
Sekolah                           :
Kompetensi Keahlian         :
Mata Pelajaran                  :
Kelas/Semester                 :
KD                                  :
Berilah tanda cek( V) pada kolom YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.
No.
Aspek yang Diamati
Hasil Telaah Tidak
Catatan
Ya
Tidak

A.
Isi



1
Soal sesuai indikator



2
Ada batasan pertanyaan atau pernyataan yang  mengarah kepada jawaban yang  diharapkan



3
Pilihan jawaban homogen dan logis



4
Terdapat satu jawaban yang paling benar



B
Konstruksi



5
Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan soal



5
Ada pedoman penyekoran



7
 Tabel gambar, grafik.peta,atau sejenisnya disajikan jelas dan terbaca



8
Memuat pernyataan secara tepat dan efisien



9
Pernyataan tidak ada petunjuk ke arah jawaban



10
Tidak memiliki pernyataan negatif ganda



11
Panjang rumusan jawaban relatif sama



12
Pilihan jawaban memuat isi materi bukan mengulang benar semua atau salah semua



13
Penggunaan angka dan waktu  berurutan



14
Bukan soal berangkai antar nomor



C
Bahasa



15
Rumusan soal menggunakan  bahasa sederhana/ komunikatif



16
Butir soal menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa pada mata pelajarannya



17
Rumusan soal menggunakan kata-kata/kalimat yang  tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah penafsiran



18
Rumusan soal tidak  mengandung kata-kata yang dapat menyinggung perasaan peserta ujian/ulangan



19
Rumusan soal menggunakan bahasa  denotatif/ bukan konotatif




Rekomendasi
Diterima/Revisi/Ditolak *)

Catatan :




……………, ………………….........
Observer


( …………………………………….. )
Lampiran 8
FORMAT 7
INSTRUMEN TELAAH SOAL URAIAN
Sekolah                           :
Kompetensi Keahlian         :
Mata Pelajaran                  :
Kelas/Semester                 :
KD                                  :
Berilah tanda cek( V) pada kolom  YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara.  Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.

No.
Aspek yang Diamati
Hasil Telaah
Tidak

Catatan


Ya
Tidak



1
Soal sesuai dengan indicator





2.
Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran





3
Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai.





4
Rumusan soal atau pertanyaan  menggunakan kata tanya yang menuntut jawaban uraian, misalnya jelaskan, uraikan, mengapa, dsb.





5.
Kalimat komunikatif dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.





6
Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas,  terbaca dan  berfungsi.





7
Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.





8
Butir soal dilengkapi kunci jawaban, pedoman penilaian, dan kriteria atau rubrik yang jelas.





9
Menggunakan bahasa yang baku.





10
Menggunakan bahasa yang tidak menimbulkan penafsiran ganda.






Rekomendasi
Diterima/Revisi/Ditolak *)

Catatan :





……………, ………………….........
Observer



( …………………………………….. )






















Lampiran  9
FORMAT  8

INSTRUMEN TELAAH  PENILAIAN KETERAMPILAN
Sekolah                           :
Kompetensi Keahlian         :
Mata Pelajaran                  :
Kelas/Semester                 :
KD                                  :
Berilah tanda cek( V) pada kolom  YA dan TIDAK sesuai pengamatan saudara.  Berikan catatan atau saran untuk perbaikan sesuai penilaian Anda.
No.
Aspek yang Diamati
Hasil Telaah
Tidak

Catatan
Ya
Tidak






1
Bentuk soal atau tugas   sesuai dengan indikator (praktek, projek, portofolio)



2.
Materi yang diujikan  sesuai dengan tujuan.



3
Batasan tugas dan hasil pekerjaan yang diharapkan sudah sesuai.



4
Rumusan tugas atau pertanyaan menggunakan kata tanya yang menuntut kegiatan, misalnya langkah kerja persiapan, proses dan keselamatan kerja, dsb.



5.
Alat dan bahan kebutuhan tugas sesuai kebutuhan



6
Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas,  terbaca dan  berfungsi.



7
Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan tugas



8
Instrumen  dilengkapi dengan  pedoman penilaian, dan kriteria atau rubrik yang jelas.




Rekomendasi
Diterima/Revisi/Ditolak *)

Catatan :





……………, ………………….........
Observer



( …………………………………….. )