KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH
KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program
Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja _________________________________(diisi Nama Mapel)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja
__________________________ ___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara
efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan
keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
|
6
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sederhana yang melibatkan tindakan
memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.3
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks penggunaannya.
|
6
|
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.4.Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda
dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan
meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.5.Menyusun teks
khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6
Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
9
|
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks recount
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
peristiwa/pengalaman sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7. Menyusun
teks recount lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
9
|
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.9
Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.9 Menyusun teks khusus dalam
bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda
(signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai
konteks.
|
12
|
3.10
Menerapkan fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata
sifat sesuai dengan bidang keahlian
dan konteks penggunaannya.
|
4.10 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan
meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
3.11
Menganalisis fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di
dunia kerja.
|
9
|
3.12
Menganalisis fungsi social, struktur teks
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan
konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.12 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas
rutin sederhana (simple routine tasks)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.13
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should,
can)
|
4.13 Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
6
|
|
|
|
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
|
4.14 Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.15
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pesan sederhana lewat telephone (taking
simple phone message) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait
tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
12
|
3.16
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi
dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.16
Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.17
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan
memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.17
Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri
dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.18
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai
dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
4.18 Menyusun teks prosedur, lisan
dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.19
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan passive voice)
|
4.19 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
15
|
3.20
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.20 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
3.21
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual
report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain.
|
4.21 Menyusun teks
ilmiah faktual (factual report),
lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan
peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain.
|
12
|
3.22 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.22
Menyusun teks eksposisi analitis tulis,
terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.23 Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.23 Menyusun teks biografi
tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
12
|
|
|
|
3.24 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan because of ..., due to ...,
thanks to ...)
|
4.24 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.25 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.25 Menyusun teks
interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
8
|
3.26 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report presentation)
|
4.26 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.27 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.27 Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.28 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.28
Menyusun
teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.29 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.29 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara
pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
3.30
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
6.30 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.31 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
6.31 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks news items lisan
dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV
|
6
|
3.32 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.32 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
284
|
Malang, 28 Februari 2017
Penyusun:
1.
Ristanti Anistiya,S.Pd
(HP: 087873745005)
2.
Indira Sari Paputungan,M.Ed
(HP: 0811223837)