KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Semua
Bidang Keahlian
Muatan :
Nasional
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1 Membaca al-Qur’an dengan meyakini
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah
perintah agama
|
2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al- Hujurat (49): 10 dan 12
serta Hadis terkait
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama
|
2.2 Menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur
(24): 2, serta Hadis terkait
|
1.3 Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha
Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha
Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 Memiliki sikap keluhuran budi; kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman
al-Asmau al-Husna: Al-Karim,
Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah
swt.
|
2.4 Menunjukkan sikap disiplin, jujur dan
bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat
Allah swt.
|
1.5 Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat
Islam
|
2.5 Menunjukkan perilaku berpakaian sesuai
dengan syariat Islam
|
1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok
agama
|
2.6 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.7 Meyakini bahwa menuntut ilmu adalah
perintah Allah dan Rasul-Nya
|
2.7 Memiliki sikap semangat keilmuan sebagai
implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis terkait
|
1.8 Meyakini al-Qur’an, Hadis dan ijtihad
sebagai sumber hukum Islam
|
2.8 Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat
beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
1.9 Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf adalah
perintah Allah dapat memberi kemaslahatan bagi individu dan masyarakat
|
2.9 Menunjukkan kepedulian sosial sebagai
hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
|
1.10 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw
di Makkah
|
2.10 Bersikap tangguh dan rela berkorban
menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di
Makkah
|
1.11 Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw
di Madinah
|
2.11 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan
kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah
|
1.12
Terbiasa membaca al-Qur’an
dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos
kerja sebagai perintah agama
|
2.12 Bersikap taat aturan, tanggung jawab,
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. al Maidah (5): 48; Q.S. an-Nisa (4): 59; dan Q.S. at-Taubah (9): 105
serta Hadis yang terkait
|
1.13 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi,
kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
2.13 Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus (10):
40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32, serta Hadis terkait
|
1.14 Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah swt.
|
2.14 Peduli kepada orang lain dengan saling
menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
|
1.15 Meyakini adanya rasul-rasul Allah swt.
|
2.15 Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai
cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah swt.
|
1.16 Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya
untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran
|
2.16 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
1.17 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
|
2.17 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isra’ (17): 23
dan Hadis terkait
|
1.18 Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai
dengan ketentuan syariat Islam
|
2.18 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja
sama dalam penyelenggaraan perawatan jenazah di masyarakat
|
1.19 Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan
dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam
|
2.19 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan
saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah
|
1.20 Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah
sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.20 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
|
1.21 Mengakui bahwa nilai-nilai Islam dapat
mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan
|
2.21 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan
sebagai implementasi nilai-nilai perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan
|
1.22 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai
ajaran Islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern
|
2.22 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan
sebagai implementasi nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern
|
1.23 Terbiasa membaca al-Qur’an sebagai
pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk
berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
2.23 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali
Imran (3): 190-191 dan 159,
serta Hadis terkait
|
1.24 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya
untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama
manusia
|
2.24 Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S.
Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83, serta Hadis terkait
|
1.25 Meyakini terjadinya hari akhir
|
2.25 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan
keimanan kepada hari akhir
|
1.26 Meyakini adanya qadha dan qadar Allah swt.
|
2.26 Bersikap optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi
beriman kepada qadha dan qadar Allah swt.
|
1.27 Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja keras dan
bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
|
2.27 Berperilaku kerja keras, dan bertanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.28 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat Islam
|
2.28 Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan
masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
1.29 Meyakini kebenaran ketentuan waris berdasarkan syariat Islam
|
2.29 Peduli kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan
waris dalam Islam
|
1.30 Meyakini kebenaran ketentuan dakwah berdasarkan syariat Islam
dalam memajukan perkembangan Islam di Indonesia
|
2.30 Bersikap moderat dan santun dalam berdakwah dan mengembangkan
ajaran Islam
|
1.31 Meyakini kebenaran bahwa dakwah dengan cara damai, Islam diterima
oleh masyarakat di Indonesia
|
2.31 Menjunjung tinggi kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.32 Meyakini bahwa islam adalah rahmatan lil-‘alamin yang dapat
memajukan peradaban dunia
|
2.32 Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam rahmatanlil-alamin sebagai
pemicu kemajuan peradaban Islam di masa mendatang
|
1.33 Meyakini bahwa kemunduran umat Islam di dunia, sebagai bukti
penyimpangan dari ajaran Islam yang benar
|
2.33 Mewaspadai secara bijaksana terhadap
penyimpangan ajaran Islam yang berkembang di masyarakat
|
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian pada tingkat teknis,
spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan
alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan
masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
3.1 Menganalisis Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S.
al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S.
al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8:72),
Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 dengan fasih dan lancar
4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai
dengan pesan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan
12, serta Hadis terkait
|
12
JP
|
3.2 Menganalisis Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan
Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S.
an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar
4.2.3
Menyajikan larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah)
yang ditimbulkannya sesuai pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur
(24): 2
|
12 JP
|
3.3 Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin,
al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan hubungan makna al-Asma’u
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min,
al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
|
12
JP
|
3.4 Menganalisis makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan hubungan makna beriman
kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan
waspada
|
12
JP
|
3.5 Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai
syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai
syariat Islam
|
6
JP
|
3.6 Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
6
JP
|
3.7 Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk
membela agama
|
4.7 Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan
kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan
Hadis
|
12
JP
|
3.8 Menganalisis kedudukan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
4.8
Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an,
Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
12
JP
|
3.9 Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat,
dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan tata cara ibadah haji,
zakat, dan wakaf
|
12
JP
|
3.10 Menganalisis substansi, strategi, dan
penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
4.10
Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad saw di Makkah
|
6
JP
|
3.11
Menganalisis strategi, dan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan dan strategi dengan
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
6
JP
|
3.12 Menganalisis makna Q.S. al-Maidah (5) :
48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105, serta Hadis
tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
|
4.12.1 Membaca Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S.
an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijulhuruf
4.12.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S.
al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at-Taubah (9): 105 dengan
fasih dan lancar
4.12.3 Menyajikan perintah
berkompetisi dalam kebaikan dan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai
dengan pesan Q.S. al-Maidah (5) : 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S.
at-Taubah (9): 105
|
12
JP
|
3.13 Menganalisis makna Q.S. Yunus (10): 40-41
dan Q.S. al-Maidah (5): 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan
|
4.13.1 Membaca Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S.
al-Maidah (5): 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.13.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10):
40-41 dan Q.S. al-Maidah (5): 32 dengan fasih dan lancar
4.13.3
Mempresentasikan perintah toleransi dan
kerukunan sesuai pesan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan menghindari tindak
kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah (5): 32
|
12
JP
|
3.14 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab
Allah swt.
|
4.14 Mempresentasikan keterkaitan antara beriman
kepada kitab-kitab suci Allah swt dengan perilaku sehari-hari
|
9
JP
|
3.15 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul
Allah swt.
|
4.15 Menyajikan hubungan antara iman kepada
rasul-rasul Allah swt dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan,
dan kecintaan kepada Allah
|
9
JP
|
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
|
4.16 Menyajikan makna syaja’ah (berani
membela kebenaran) dan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
9
JP
|
3.17 Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru
|
4.17 Menyajikan ketauhidan dalam beribadah serta hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’ (17): 23
dan Hadis terkait
|
6
JP
|
3.18 Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah
|
4.18
Menyimulasikan tata cara perawatan
jenazah
|
12
JP
|
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan
dakwah
|
4.19
Menyimulasikan tata cara khutbah,
tablig, dan dakwah
|
12
JP
|
3.20 Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam
|
4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
9
JP
|
3.21 Menganalisis perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan (Masa Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
|
4.21 Menyajikan perkembangan peradaban Islam dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya pada masa kejayaan (Khulafaur Rasyidin – Bani Umayyah)
|
9
JP
|
3.22 Menganalisis perkembangan Islam pada masa
modern (1800-sekarang)
|
4.22.1 Menyajikan perkembangan peradaban Islam pada
masa modern (1800-sekarang)
4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang
sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern
|
9
JP
|
3.23 Mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S.
Ali Imran (3): 159, serta Hadis tentang berpikir kritis dan bersikap
demokratis
|
4.23.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran
(3): 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf
4.23.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S.
Ali Imran (3): 159, dengan lancar
4.23.3 Menyajikan sikap kritis
dan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali
Imran (3): 190-191
4.23.4 Mempresentasikan demokrasi
dan sikap tidak memaksakan kehendak sesuai pesan Q.S. Ali Imran (3): 159
|
15
JP
|
3.24 Mengevaluasi makna Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah
(2): 83, serta Hadis tentang kewajibanberibadah dan bersyukur kepada
Allah sertaberbuat baik kepada sesama manusia
|
4.24.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf
4.24.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.24.3 Mempresentasikan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada
Allah serta berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83
|
12
JP
|
3.25 Mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
|
4.25 Menyajikan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sebagai
perwujudan iman kepada hari akhir
|
9
JP
|
3.26 Mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
|
4.26 Mempresentasikan makna sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal
sebagai perwujudan iman kepada qadha
dan qadar Allah swt.
|
9
JP
|
3.27 Mengevaluasi perilaku bekerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
4.27 Menyajikan perilaku bekerja keras, jujur, bertanggung jawab, adil,
dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat sebagai
wujud keimanan
|
9
JP
|
3.28 Mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
|
4.28 Menyajikan prosesi pernikahan dalam Islam
|
9
JP
|
3.29 Mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam
|
4.29 Menggunakan ketentuan pembagian waris Islam dalam kehidupan
|
12
JP
|
3.30 Mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
4.30 Menyajikan prinsip-prinsip strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia
|
9
JP
|
3.31 Mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
4.31 Menyajikan nilai-nilai keteladanan tokoh-tokoh dalam sejarah
perkembangan Islam di Indonesia
|
6
JP
|
3.32 Mengevaluasi faktor-faktor kemajuan peradaban Islam di dunia
|
4.32 Menyajikan faktor-faktor penentu kemajuan peradaban Islam di dunia
|
6
JP
|
3.33 Mengevaluasi faktor-faktor kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
4.33 Menyajikan faktor-faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di
dunia
|
6
JP
|
RASIONALISASI pada :
1.
Kelas X KD 2.1, 3.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.1.3 belum
dimunculkan QS al Anfal : 72 tentang Mujahadah An Nafs (Mengontrol Diri)
2.
Kelas X KD 3.9 (analisis hikmah)dan 4.9 (simulasi ibadah)
tidak match
3.
Kelas XI KD 4.7, 4.8 diganti dengan menyimulasikan karena
diharapkan siswa bukan sekedar mempresentasikan namun sampai pada tahap
mempraktekkan
4.
Kelas XI KD 3.9, 3.10, 3.11 Kata menelaah diganti dengan
menganalisis karena tingkatan analisis lebih tinggi daripada sekedar menelaah
5.
Kelas XII KD 4.5 diganti dengan menyajikan kaitan karena
diharapkan siswa bukan hanya mengaitkan dalam ranah abstrak namun sampai pada
ranah konkret yaitu menyajikan secara komunikatif hasil penalarannya.