KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Semua Kompetensi Keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Memahami konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan
waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
4.1 Menyajikan
hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan
waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
3
|
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya masyarakat
Pra Aksara Indonesia
|
4.2
Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil-hasil budaya khususnya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
9
|
3.3 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
4.3 Membuat tulisan
tentang berbagai teori masuknya agama
dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat Indonesia (pemerintahan,
budaya)
|
9
|
3.4 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4 Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan
Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
6
|
3.5 Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
Indonesia
|
4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk
dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
6
|
3.6 Menganalisis dampak politik, budaya,
sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa dan Jepang dalam
kehidupan bangsa Indonesia masa kini
|
4.6 Menalar
dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa
Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
9
|
3.7 Menganalisis nilai-nilai sumpah
pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini
|
4.7 Menyajikan hasil analisis
nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia
pada masa kini
|
3
|
3.8 Menganalisis peristiwa proklamasi
kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan
pendidikan bangsa Indonesia
|
4.8 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan
dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan
bangsa Indonesia
|
6
|
3.9 Menganalisis peristiwa pembentukan
pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya
bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
|
4.9 Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan Republik Indonesia pada
awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
|
6
|
3.10 Menganalisis strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda
|
4.10 Mengolah informasi tentang strategi dan
bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
dari ancaman Sekutu dan Belanda
|
6
|
3.11 Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam
menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII,
APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
4.11 Merekonstruksi upaya bangsa indonesia
dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948,
DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI
|
9
|
3.12
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal
kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
|
4.12 Merekonstruksi perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa
Demokrasi Liberal
|
9
|
3.13
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin
|
4.13 Melakukan penelitian sederhana tentang
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3
|
3.14
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde
Baru
|
4.14 Melakukan penelitian sederhana tentang
pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde
Baru
|
3
|
3.15
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal
Reformasi
|
4.15 Melakukan penelitian sederhana tentang
pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal
Reformasi
|
3
|
3.16 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa,
dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
4.16 Menulis sejarah tentang peran pelajar,
mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
6
|
3.17 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara
lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan
Jakarta Informal Meeting
|
4.17 Menyajikan hasil telaah tentang peran
bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda,
Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
6
|
3.18 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia
dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan
(sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.18 Membuat studi evaluasi tentang kehidupan
Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
6
|
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
108
|