KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh program
keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh kompetensi keahlian (3 dan 4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Matematika
(Non Teknologi)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung,
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
4.1 Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
|
20
|
3.2
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
4.2. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variabel
|
12
|
3.3
Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam
masalah kontekstual
|
4.3. Menyajikan penyelesaian
masalah sistem persamaan linier dua variabel
|
12
|
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum
permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
4.4 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
20
|
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
4.5 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika
|
16
|
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
|
4.6 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri
|
20
|
3.7
Menganalisis pertumbuhan, peluruhan,
bunga dan anuitas
|
4.7 Menyelesaiakan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan pertumbuhan, peluruhan, bunga dan anuitas
|
24
|
3.8
Menentukan perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku
|
4.8 Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
8
|
3.9
Menentukan nilai sudut berelasi
diberbagai kuadran
|
4.9
Menyajikan penyelesaian masalah nilai
sudut berelasi diberbagai kuadran
|
8
|
3.10 Menentukan
koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
|
4.10 Menyajikan
penyelesaian masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya
|
4
|
3.11 Menerapkan nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
|
4.11 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
|
8
|
3.12 Menerapkan
operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
|
4.12 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan matriks
|
8
|
3.13 Menetukan nilai
determinan, invers dan tranpos pada ordo 2 x 2 dan nilai determinan dan
tranpos pada ordo 3 x 3
|
4.13 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan determinan, invers dan tranpose pada ordo 2 x 2 serta nilai determinan
dan tranpos pada ordo 3 x 3
|
12
|
3.14 Menentukan nilai
besaran vektor pada dimensi dua
|
4.14 Menyajikan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan nilai besaran vektor pada dimensi dua
|
12
|
3.15 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
|
4.15 Menyajikan penyelesain masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
|
20
|
3.16 Menganalisis
operasi komposisi dan operasi invers pada fungsi
|
4.16 Menyelesaikan masalah operasi komposisi dan operasi invers pada
fungsi
|
12
|
3.17 Menentukan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk , negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
4.17 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logika
matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana,
pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk dan penarikan kesimpulan)
|
20
|
3.18 Menganalisis titik, garis dan bidang
pada geometri dimensi tiga
|
4.18 Menyajikan penyelesaian masalah
yang berkaitan dengan jarak antara titik ke titik, titik ke garis dan garis
ke bidang pada geometri dimensi tiga
|
16
|
3.19 Menetukan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri
|
4.19 Menyelesaikan masalah
kontekstual kontekstual yang
berkaitan dengan transformasi geometri
|
16
|
3.20 Menganalisis kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi
pada masalah kontekstual
|
4.20 Menyajikan penyelesaian
masalah kontekstual berkaitan dengan kaidah pencacahan,
permutasi dan kombinasi
|
12
|
3.21 Menentukan peluang
kejadian
|
4.21 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan peluang kejadian
|
16
|
3.22 Mengevaluasi
kajian statistika dalam masalah kontekstual
|
4.22 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan kajian statistika
|
12
|
3.23 Menganalisis ukuran pemusatan data
tunggal dan data kelompok
|
4.23 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran pemusatan data tunggal dan data kelompok
|
20
|
3.24 Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data
kelompok
|
4.24 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok
|
20
|
3.25 Menentukan nilai limit
fungsi aljabar
|
4.25 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
limit fungsi aljabar
|
24
|
3.26 Menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi
limit fungsi atau sifat – sifat turunan fungsi serta penerapannya
|
4.26 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan
fungsi aljabar
|
20
|
3.27 Menganalisis keberkaitan turunan pertama fungsi dengan
nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta
kemiringan garis singgung kurva
|
4.27 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
turunan pertama fungsi aljabar
|
16
|
3.28 Menentukan nilai integral
tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
4.28 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral
tak tentu dan tertentu fungsi aljabar
|
16
|
Total jam
|
424
|
Malang,
28 Februari 2017
Fasilitator Penelaah
I
Nini
Nelayani, M. Pd Ivon
Yanuarini, S. Pd, M.T
Penelaah
II
Ir.
Hj. Andriyas Dekaruni D, M.Pd