SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
MATERI PELATIHAN:
SPEKTRUM
KEAHLIAN
PENDIDIKAN
MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
SPEKTRUM KEAHLIAN
PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
A. Konsep
1.
Latar Belakang
Penjelasan
Pasal 15 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
(UU Sisdiknas) menegaskan bahwa “Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan
menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu”.
Selanjutnya pada Pasal 36 ayat (2) dijelaskan bahwa “kurikulum
pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip
diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta
didik”.
Bekerja pada bidang tertentu
sebagaimana dimaksud UU Sisdiknas di atas tentu disesuai
kandengan
jenis-jenis bidang pekerjaan yang tersedia di lapangan kerja, baik bekerja
mandiri atau berwirausaha maupun bekerja pada pihak lain. Karena itulah,
penerapan prinsip diversifikasi dalam pengembangan Kurikulum SMK diwujudkan dengan keharusan berorientasi
terhadap jenis-jenis bidang pekerjaan atau keahlian yang berkembang dan dibutuhkan
di duniakerja. SelarasdenganhaltersebutdenganadanyaInstruksiPresidenNomor
9 Tahun 2016 tentangRevitalisasi
SMK makakurikulum SMK perludisempurnakandandiselaraskandengankompetensisesuaikebutuhanpengguna
(link and match).
Dalamrangkapenyelarasankurikulum
SMK dengantuntutanduniakerja (demand driven), diperlukanre-engineering
program pendidikankejuruanmelaluiSpektrumKeahlianPendidikanMenegahKejuruan
(PMK). Hal lain yang menjadilatarbelakangperlunyare-engineering
SMK adalahadanyatuntutankompetesiabad
21 danmasihrendahnyasoftskillsyang
dimilikilulusan SMK.
Berdasarkan
Permendikbud
hal-haltersebut,
maka diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor: 7013/4678/D/KEP/MK/2013 2016 tentang
Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah KejuruanmenggantikanSpektrumKeahlianPendidikanMenengahKejuruan
yang dikeluarkantahun 2013. Pada keputusan
tersebut ditegaskan bahwa “Spektrum sebagaimana dimaksud merupakan acuan dalam pembukaan
dan penyelenggaraan bidang/program/paket kompetensikeahlian
pada SMK/MAK”.
2.
Pengertian
Spektrum Keahlian
Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) adalah jenis-jenis program pendidikan serta rambu-rambu
penyelenggaraannya, sebagai acuan dalam membuka dan mengembangkan program
pendidikan pada SMK/MAK.
Jenis-jenis
program pendidikan pada Spektrum Keahlian diorganisasikan dalam bentuk Bidang
Keahlian, Program Keahlian, dan PaketKompetensi
Keahlian;.
Dilengkapi dilengkapidengan
ruang lingkup kompetensi untuk masing-masing PaketKompetensi
Keahlian.
a. Bidang Keahlian
Merupakan kumpulan Program Keahlian yang memiliki
kesamaan karakteristik dan memerlukan dasar bidang kajian yang sama.
b. Program Keahlian
Merupakan kumpulan PaketKompetensi
Keahlian yang memiliki kesamaan karakteristik dasar-dasar
keahlian/pekerjaan/tugas.
c. PaketKompetensi
Keahlian
Merupakan satuan program pendidikan dan pelatihan yang
didasarkan atas tugas-tugas pada jabatan/pekerjaan tertentu, dengan durasi
satuan pendidikan menengah 3 atau 4 tahun.
Pada setiap PaketKompetensi
Keahlian yang dibuka, SMK dapat mengkhususkan kompetensi tertentu sesuai dengan
tuntutan kebutuhan dunia kerja terkait (konsentrasi keahlian) dengan tidak
mengabaikan kemampuan dasar keahlian yang bersangkutan.
B. Tujuan
Spektrum
Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan ditetapkan dengan tujuan sebagai berikut.
1.
Memberikan acuan dalam pengembangan dan
penyelenggaraan program pendidikan di SMK/MAK, khususnya dalam pembukaan dan penyelenggaraan
bidang/program/paket kompetensikeahlian;
2.
Memberikan acuan dalam pengembangan
kurikulum dan pembelajaran;
3.
Menentukan tingkat efektivitas dan
relevansi pendidikan pada SMK/MAK, dan
4.
Memberikan acuan untuk pelaksanaan
penilaian dan akreditasi SMK/MAK.
C. Fungsi Spektrum Keahlian PMK
1.
Dasar dan acuan pengembangan dan
peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing lulusan SMK/MAK, baik nasional,
regional mauoun internasional.
2.
Dalam konteks penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan pada SMK/MAK merupakan acuan dalam:
a.
Pembukaan dan penyelenggaraan
bidang/program/paketkompetensi
keahlian;
b.
Pengembangan kurikulum, pelaksanaan
pembelajaran, dan penilaian pendidikan dan pelatihan;
c.
Penentuan tingkat efektivitas dan
relevansi pendidikan dan pelatihan pada SMK/MAK, dan
d.
Pelaksanaan akreditasi SMK/MAK.
D. Deskripsi
Jenis-jenis program pendidikan pada
SMK/MAK disebut spektrum keahlian, karena jurusan-jurusan yang dikembangkan di
SMK/MAK bentuknya adalah disesuaikandengankeahlian-keahlian
atau jabatan-jabatan pekerjaan (job
titles) yang ada dan berkembang di dunia kerja, jadi bukan didasarkan
atas disiplin keilmuan. Suatu keahlian atau jabatan pekerjaan (job title) dapat merupakan hasil pemfusian dari sejumlah disiplin keilmuan.
1. PerancanganSpektrumKeahlian
PMK
a.
Menggambarkan kebulatan tujuanumum
Pendidikan Menengah Kejuruanyaitubekerja,melanjutkan,wirausaha yang dikenaldenganistilah “BMW”.
b.
Merefleksikan beliefs danperspektifdari
pemangku kepentingan (duniakerja,
Pemerintah, masyarakat), konstituen(karir
individubaik
lokal, nasional, global).
c.
Membentuk arus aktivitas
dan wawasan masa depan, adaptif terhadap perubahan.
2. SpektrumKeahlian yang Berlaku
SpektrumKeahlianPMK yang berlakusaatiniberlaku adalah
berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Dikbud
Nomor 7013/D/KP/2013, Spektrum Keahlian PMKadalahKeputusanDirekturJenderalPendidikanMenengahKementerianPendidikandanKebudayaanNomor:
4678/D/KEP/MK/2016. Spektrumtersebutterdiri atas 9
(sembilan) Bidang Keahlian, 46 48 Program
Keahlian, dan 128 142PaketKompetensi
Keahlian yang
terbagiatas 108
Kompetensi Keahlian untuk Program Pendidikan 3 tahundan34KompetensiKeahlianuntuk
Program Pendidikan 4 tahun (Table
1) .
Tabel
1.
RekapitulasiDaftar
Program Keahlian
PendidikanMenengahKejuruan
BIDANG
KEAHLIAN
|
PROGRAM
KEAHLIAN
|
KOMPETENSI
KEAHLIAN
|
||
3 TH
|
4 TH
|
Total
|
||
1. TeknologidanRekayasa
|
13
|
42
|
16
|
58
|
2. EnergidanPertambangan
|
3
|
5
|
1
|
6
|
3. TeknologiInformasidanKomunikasi
|
2
|
5
|
1
|
6
|
4. KesehatandanPekerjaanSosial
|
5
|
6
|
1
|
7
|
5. AgribisnisdanAgroteknologi
|
5
|
13
|
7
|
20
|
6. Kemaritiman
|
4
|
9
|
1
|
10
|
7. BisnisdanManajemen
|
3
|
5
|
0
|
5
|
8. Pariwisata
|
4
|
5
|
3
|
8
|
9. SenidanIndustriKreatif
|
9
|
18
|
4
|
22
|
Total
|
48
|
108
|
34
|
142
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Keahlianmemilikikarakteristikberikut:
a.
Membentuk lulusan agar
menguasai satu jenis jabatan pekerjaan (profesi/ keahlian) formal yang
berjenjang, pengalaman belajar atau skillsyang
diperoleh bermakna untuk hidup mandiri dan atau melanjutkan pendidikan, sertalapangan
kerja lulusan terdeskripsikan secara jelas dan spesifik.
b.
Ruang lingkup kompetensi
mengacu kepada standar kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan diakui,
dikemas dengan memperhatikan rambu-rambu SKKNIdan
KKNI.
c.
Memerlukan waktu tatap
muka terstruktur untuk kejuruan/peminatan (C1, C2, C3) + 2916 jp @
45 menit untuk program 3 tahun atau + 4428jp @
45 menit untuk program 4 tahun.
d.
Perbedaan muatan
kompetensi kejuruan (C2 dan C3) satu kompetensi keahlian dengan kompetensi
keahlian lainnya dalam satu program keahlian minimal 35 %, dilihat dari bobot
beban belajar.
e.
Mempertimbangkan tahapan
dan perkembangan peserta didik secara fisik maupun psikologis.
RincianlengkapkeseluruhKompetensiKeahlianterterapadaLampiran.
3. Program
Pendidikan 4 Tahun Di SMK
a. Dasar Pengembangan
1) PP
Nomor 17 Tahun 2010 (jo. PP Nomor 66 Tahun 2010), tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan, Pasal 78:
2) SMK
dan MAK dapat terdiri atas 3 (tiga) tingkatan kelas, yaitu kelas 10 (sepuluh),
kelas 11 (sebelas), dan kelas 12 (dua belas), atau terdiri atas 4 (empat) tingkatan
kelas yaitu kelas 10 (sepuluh), kelas 11 (sebelas), kelas 12 (dua belas), dan
kelas 13 (tiga belas) sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
b. TujuanPengembangan
1) Mengakomodasi kebutuhan dunia kerja (dunia
kerja).
2) Jabatan di atas operator/pelaksana.
3) Kedewasaan usia biologis (maturityage).
4) Memenuhi tuntutan ketuntasan dan keutuhan kompetensi
keahlian, tidak cukup dengan durasi 3 tahun
c. Karakteristik
1) Merupakan satuan program 4 tahun utuh, bukan 3 + 1.
2) Berdasarkan tuntutan penguasan keutuhan dan
ketuntasan kompetensi paket keahliandan dihargaisertifikasinyalebih dari lulusan program 3 tahun.
3) Dapat berupa pemfusian(blended) dari
lintas keahlian yang ada.
4) Diselenggarakan bersama Institusi Pasangan (dunia
kerja) mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian/sertifikasi.
5) Tidak terkait dengan status sekolah (UPT) 4 tahun
4. StrukturKurikulum
StrukturKurikulumblokdanimplementatifuntuksetiapKompetensiKeahlian
program pendidikan 3dan 4 tahunterterapadaTabel 2dan 3, sedangkanjumlahmingguefektifuntuksetiap
semester terterapadaTabel4.
Tabel 2. StrukturKurikulumBlok SMKuntuk
Program Pendidikan 3 dan4Tahun.
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU( JP)
|
||
3 Tahun
|
4 Tahun
|
||
A.MuatanNasional
|
|||
1
|
Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti
|
318
|
318
|
2
|
PendidikanPancasiladanKewarganegaraan
|
212
|
212
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
354
|
354
|
4
|
Matematika
|
424
|
424
|
5
|
Sejarah Indonesia
|
108
|
108
|
6
|
Bahasa Inggrisdan
Bahasa AsingLainnya
|
352
|
488
|
B. MuatanKewilayahan
|
|||
7
|
SeniBudaya
|
108
|
108
|
8
|
PendidikanJasmani,
Olah Raga danKesehatan
|
144
|
144
|
Jumlah A
dan B
|
2020
|
2156
|
|
C. MuatanPeminatanKejuruan
|
|
||
C1. DasarKejuruan
|
|
||
9
|
Simulasi
danKomunikasi Digital
|
108
|
108
|
10
|
|
|
|
11
|
|
|
|
C2. DasarKeahlian
|
|
||
12
|
|
|
|
13
|
|
|
|
14
|
|
|
|
C3. Kompetensi Keahlian
|
|
||
15
|
|
|
|
16
|
|
|
|
17
|
|
|
|
18
|
|
|
|
19
|
|
|
|
20
|
ProdukKreatifdanKewirausahaan
|
|
|
JumlahC1,
C2, C3
|
2856
|
4284
|
|
TOTAL
|
4876
|
6440
|
Tabel 3. StrukturKurikulumImplementatifSMKuntuk
Program Pendidikan 3 dan 4 Tahun.
MATA
PELAJARAN
|
KELAS
|
||||||||
X
|
XI
|
XII
|
XIII
|
||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||
A.
Muatan
Umum*
|
|||||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
-
|
-
|
2.
|
Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
-
|
-
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
-
|
-
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
B.
Muatan
Umum**
|
|||||||||
1.
|
Seni Budaya
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Jumlah
A dan B
|
24
|
24
|
17
|
17
|
16
|
16
|
4
|
4
|
|
C.
Muatan
PeminatanKejuruan
|
|||||||||
C1. Dasar Kejuruan
|
|||||||||
1.
|
Simulasi dan
Komunikasi Digital
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
C2. Dasar Keahlian
|
|||||||||
1.
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C3. Kompetensi Keahlian
|
|||||||||
1.
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Produk Kreatif dan
Kewirausahaan
|
-
|
-
|
5
|
5
|
5
|
5
|
8
|
8
|
Jumlah
C (C1, C2, dan C3)
|
22
|
22
|
29
|
29
|
30
|
30
|
42
|
42
|
|
Total
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
46
|
Tabel4. JumlahMingguEfektif
Program Pendidikan 3 dan 4 Tahun.
Kelas/Semester
|
JP
Terstruktur
|
MingguEfektif
|
Jumlah
JP/Kelas
|
Total
JP
|
|
X
|
1
|
22
|
18
|
396
|
2856
|
2
|
22
|
18
|
396
|
||
XI
|
1
|
29
|
18
|
522
|
|
2
|
29
|
18
|
522
|
||
XII
|
1
|
30
|
18
|
540
|
|
2
|
30
|
16
|
480
|
||
XIII
|
1
|
42
|
18
|
756
|
4284
|
2
|
42
|
16
|
672
|
5.
PembukaandanPengembangan
Program PendidikanMenengahKejuruan
(PMK)
Persyaratanpembukaandanpengembangan
program pendidikan di SMK mengikutipersyaratanberikut, yaitu:
a. Pembukaan program/kompetensikeahlianmengikutiacuanbidangkeahlian/program
keahlian/kompetensikeahlianyang
tertuangpada spectrum keahlian PMK.
b.
Pembukaankonsentrasikeahliantertentuyang sesuaidengantuntutankebutuhanduniakerjadapatdilakukantanpamengabaikankemampuandasarkompetensikeahlian
yang bersangkutan.
c.
Pembukaanbidang/program/kompetesikeahlianpada
SMK barumengacupadaketentuan yang mengaturpendirian SMK
(PermendikbudNomor 36 Tahun 2014).
d.
Penambahan/perubahanbidang/
program/kompetensikeahliandapatdilakukansetelahmemenuhipersyaratanpendirian SMK
sesuaidenganperaturanperundangan yang berlaku.
e.
Penambahan/perubahankompetesikeahliandalamlingkupsatu
program keahlianditetapkanolehkepalaDinasPendidikansesuaidengankewenangannya.
f.
Setiapusulpenambahan/perubahanbidang/program/kompetensikeahliandisertai
proposal danalasantertulis.
E. Latihan/Tugas
Buatlah rancangan usul pembukaan
Paket
KompetensiKeahlian
di SMK tempat Saudara bertugas. Jelaskan paket kompetensikeahlian
yang diusulkan untuk dibuka, kemudian kemukakan tiga alasan mengapa Paket
KompetensiKeahlian
tersebut diusulkan untuk dibuka.