Ajaran Islam : tidak boleh memandang orang lain lebih rendah

Menurut ajaran Sufi, termasuk ajaran Tarekat Naqsybandi, kalian harus memandang orang lain lebih baik daripada kalian. Kalian tidak tahu apakah Allah akan mengangkat derajat orang itu lebih tinggi daripada kalian, siapa yang bisa mengetahui? Tidak ada yang tahu. Oleh sebab itu tidak ada orang yang dapat menggugatnya. Jangan memandang rendah orang lain seolah-olah kalian lebih hebat daripada mereka. Kalian tidak tahu apakah dalam pandangan Allah orang itu adalah seorang Wali atau bukan. Siapa tahu? Oleh sebab itu senantiasa pandanglah orang lain lebih tinggi daripada kalian. Tunjukkan hormat kepada mereka dan bersikaplah tawaduk terhadap mereka. Jangan tunjukkan ego dan kesombongan.
Shaykh Hisham Kabbani


Jangan mengatakan “Ini adalah seorang Mukmin,” atau “Orang ini bukan Mukmin.” Mungkin saja pada saat napas terakhirnya orang itu menjadi seorang Mukmin. Bisa saja kalian mengutuk seseorang yang pada akhir hayatnya ia mengucapkan syahadah!
Jadi yang merupakan adab adalah tidak mengamati apa yang dilakukan oleh orang lain, tetapi amati diri kalian sendiri. Jangan mengawasi orang lain. Banyak orang yang mengambil syahadah kemudian mereka meninggal dunia. Apa yang dapat kalian katakan mengenai mereka? Mereka sudah menjadi Muslim dan mereka akan masuk Surga, karena Islam menghapus semua dosa ketika kalan mengambil syahadah.
Shaykh Hisham Kabbani



13000161_10153570140340886_2026892017696404604_n
 
Don’t say,”This is a believer,” or, “This is not a believer.” It might be on his last breath that one becomes believer. It might be you cursed someone who at the end of his life takes shahadah!
So adab is not to observe what others are doing, it is to observe yourself. Don’t observe others. Many people took shahadah and they died. What do you say about them? They are Muslims and they will be in Paradise, because Islam waives all your sins when you take shahadah.
Shaykh Hisham Kabbani

According to Sufi teachings and the teachings of the Naqshbandi Order, you have to look at everyone as being better than you. You do not know if God is going to raise that person’s level higher than your level. Who knows? No one can know. Therefore no one can interfere. Do not look down at people as if you were superior to them. You do not know whether that person, in God’s eyes, is a saint or not. Who knows? Always regard people as being at a higher level than yourself. Show them respect and be humble towards them. Do not show ego and pride.
Shaykh Hisham Kabbani

https://percikanhikmah.wordpress.com