Kerja Sama Bidang Sosial Budaya

Upaya Indonesia Menjalin Kerja Sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman budaya. Indonesia terdiri atas berbagai suku. Setiap suku memiliki perbedaan dan keunikan sendiri. Keanekaragaman budaya Indonesia dapat dilhat dari adat isitiadat, bahasa, pakaian, arsitektur bangunan, dan kesenian daearah.

Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
a. Komite Kerja Sama Sosial-Budaya ASEAN
b. Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara
Sebelum ASEAN dibentuk, kerja sama regional di Asia Tenggara berupa Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara (South East Asian Ministers of Education Organization-SEAMEO) sudah didirikan. Organisasi ini merupakan organisasi menteri-menteri pendidikan Asia Tenggara. Tujuannya untuk meningkatkan kerja sama antarbangsa di wilayah regional Asia Tenggara. Bidang kerja sama SEAMEO adalah dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan.
Kegiatan SEAMEO diselenggarakan melalui pusat kegiatan regional yang berkedudukan di beberapa negara anggota.
c. WHO
 (World Health Organization) adalah salah satu badan PBB
d. UNESCO
UNESCO  merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada tanggal 4 November 1946. Tujuan UNESCO adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antarnegara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, dan kebebasan hakiki. UNESCO memiliki anggota 191 negara.
Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia.
e. UNICEF
UNICEFmerupakan Badan PBB untuk anak-anak yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 11 Desember 1946 dan berkedudukan di Kota New York, Amerika. UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara anggota PBB. UNICEF merupakan lembaga yang didanai secara sukarela. Oleh karena itu, lembaga ini bergantung pada sumbangan dari pemerintah dan pribadi. Kegiatan utamanya menekankan pengembangan pelayanan masyarakat untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. UNICEF memiliki 41 anggota yang dipilih oleh Dewan Ekonomi dan Sosial PBB untuk masa tiga tahun berdasarkan pembagian kawasan.
f. UNHCR
merupakan badan PBB yang didirikan pada tanggal 14 Desember 1950 dan bermarkas di Jenewa, Swis. Organisasi ini bertujuan melindungi dan memberikan bantuan kepada pengungsi berdasarkan permintaan negara anggota atau perintah PBB untuk mendampingi para pengungsi tersebut dalam proses pemindahan tempat


Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX