Karya seni rupa dibuat atau diciptakan oleh seorang seniman atau perupa

Karya seni rupa dibuat atau diciptakan oleh seorang seniman atau perupa. Dalam dunia seni rupa seorang seniman atau perupa dianggap sebagai tokoh terutama karena kepeloporan, keunikan bentuk atau gagasan karyanya yang dikenal luas menginspirasi perupa yang lainnya. Tokoh seni rupa umumnya dijumpai pada penciptaan karya-karya seni rupa murni seperti karya seni lukis dan seni patung atau pada penciptaan karya-karya seni rupa modern dimana sebuah karya selalu disertai dengan inisial pembuat atau penciptanya.
Bandingkan dengan karya-karya seni rupa tradisi yang umumnya bersifat kolektif dan komunal.
Secara khusus mengenai ketokohan dalam dunia seni rupa, dalam buku siswa telah dipaparkan bahwa ketokohan seseorang dalam dunia seni rupa tidak terlepas dari peran para kritikus karya seni rupa. Berilah informasi kepada siswa agar mereka dapat menyimpulkan bawa para kritikus inilah yang membuat seseorang seniman atau perupa menjadi tokoh dan mendapat pengakuan dari masyarakat luas melalui ulasan kritiknya. Para siswa mungkin pernah mendengar atau membaca informasi tentang tokoh-tokoh seni rupa di Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, Sudjojono, GM Sidharta, Popo Iskandar, Barli Sasmitawinata. Para siswa juga mungkin sudah pernah mendengar tokoh-tokoh seni rupa mancanegara seperti Rembrandt, Vincent Van Gogh, Andy Warhol, Kandinsky, dan sebagainya. Ketokohan seorang perupa ini ada yang bersifat internasional, regional, nasional bahkan lokal.
Mintalah kepada siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyakbanyaknya dari berbagai sumber tentang tokoh-tokoh seni rupa baik nasional, mancanegara maupun tokoh-tokoh seni rupa lokal yang ada di wilayahnya.
Ajak para siswa untuk mencermati karya-karya yang dihasilkan para tokoh ini agar mereka dapat mengapresiasi mengapa para seniman ini dapat dianggap sebagai tokoh dalam dunia seni rupa. Bimbinglah mereka untuk mengidentifikasi medium, bahan, teknik, tema gaya pengungkapan dan lain sebagainya pada masing-masing karya para tokoh tersebut sehingga mereka dapat memahami kepeloporan dan atau keunikan karyanya.
Dengan mengetahui dan mempelajari tokoh-tokoh dalam dunia seni rupa ini diharapkan wawasan serta pengetahuan siswa dalam apresiasi, kritik dan berkarya seni akan semakin  luas. Wawasan dan pengetahuan yang luas ini akan sangat membantu siswa dalam mengapresiasi dan mengkritisi (memberikan tanggapan) karya seni rupa dengan lebih baik sekaligus memperkaya gagasan mereka dalam proses berkarya seni.
Setelah mengikuti pembelajaran tentang menulis kritik karya seni rupa, siswa diharapkan mampu:
1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam proses menulis kritik karya seni rupa.
2. Membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol, dan nilai estetis karya seni rupa berdasarkan hasil pengamatan.
3. Mengomunikasikan tulisan kritik karya seni rupa.