dasar kompetensi uasbn akutansi

I. SOAL PILIHAN GANDA :

1. Bekerja dengan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang kerjanya secara maksimal merupakan pengertian profesional dipandang dari sudut pandang....
A. hard skill
B. soft skill
C. umum
D. khusus
E. basic skill

2. Perhatikan Pernyataan dibawah ini :
1) Aktif dan kreatif berdiskusi dengan teman
2) Proaktif dalam mengikuti pendidikan pelatihan dan penataran
3) Menyediakan fasilitas dan bantuan dana untuk meningkatkan keahlian di bidangnya
4) Menyelenggarakan kegiatan seminar atau workshop
5) Berupaya memanfaatkan media pembelajaran seperti Buku, Surat Kabar, Majalah, Radio, Televisi
Yang merupakan pengembangan profesionalisme kerja yang dilakukan dari pihak diri sendiri ditunjukkan pada....
A. 1,2 dan 5
B. 1,3 dan 5
C. 1,2 dan 3
D. 1,3 dan 4
E. 1,2 dan 4

3. Dalam mencapai sasaran pembangunan di bidang ekonomi dalam pembangunan nasional, industri memegang peranan yang menentukan dan oleh karenanya perlu lebih dikembangkan secara seimbang dan terpadu dengan meningkatkan....
A. sumber daya alam
B. sumber daya manusia
C. dana yang tersedia
D. sistem kerja teknologi
E. semua jawaban benar

4. Pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan merupakan contoh dari jenis industri....
A. Industri fasilitatif
B. Industri ekstraktif
C. Industri padat modal
D. Industri nonekstaktif
E. Industri padat karya

5. Industri yang berada pada lokasi di pusat pemukiman penduduk karena bisanya jenis industri tersebut membutuhkan banyak pekerja / pegawai untuk lebih efektif dan efisien merupakan...
A. industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada pasar
B. industri yang produk atau barangnya diambil langsung dari alam
C. industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada tenaga kerja / labor
D. industri yang berorientasi atau menitikberatkan pada bahan baku
E. industri yang produk atau barangnya berupa layanan jasa

6. Tanggung jawab industri dalam bidang sosial terhadap masyarakat, kecuali.....
A. memelihara lingkungan
B. memberikan pelayanan yang baik
C. kepedulian terhadap perkembangan sosial bedaya
D. turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat
E. APBN/ APBD melalui pembayaran pajak/ retribusi

7. Yang bukan merupakan tujuan dibentuknya pedoman kerja adalah....
A. sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
B. memperjelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
C. memperjelas kedudukan dalam jabatan
D. untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi
E. memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait

8. Dalam suatu pekerjaan prosedur kerja, tata kerja dan sistem kerja sangatlah penting, maka yang harus diperhatikan dalam semua aspek adalah....
A. hubungan kerja
B. tata ruang kantor
C. prinsip prinsip prosedur kerja
D. fasilitas yang disediakan
E. mengolah laporan kerja

9. Contoh prosedur kerja yang dilakukan dalam perusahaan yaitu....
A. memberikan keamanan kerja
B. menjelaskan tata kerja dalam perusahaan
C. menjelaskan sistem kerja dalam perusahaan
D. menjelaskan peraturan yang ada dalam perusahaan
E. menjelaskan urutan kerja suatu aktivitas secara umum

10. Peraturan yang dibuat secara tertulis oleh perusahaan yang memuat hal-hal umum mengenai perilaku di dalam bekerja disebut.....
A. tata kerja
B. pedoman kerja
C. prosedur kerja
D. aturan kerja
E. sistem kerja

11. Informasi berupa tulisan teks, karikatur, foto, ataupun lukisan abstrak disebut...
A. informasi berdasarkan lokasi peristiwa
B. informasi berdasarkan format penyajian
C. informasi berdasarkan bidang kehidupan
D. informasi berdasarkan format penyajian
E. informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan

12. Informasi yang jauh dari kesalahan dan bebas dari bias merupakan syarat informasi....
A. mudah dipahami
B. relevan
C. bermanfaat
D. tepat waktu
E. akurat

13. Rencana pengelolaan informasi menjadi satu-satunya alat yang dapat memperbaiki....
A. komunikasi
B. jabatan karyawan
C. pekerjaan seseorang
D. kinerja aliran informasi
E. kinerja dalam perusahaan

14. Keberadaan Rencana Pengelolaan Informasi menjamin adanya deskripsi yang jelas untuk mendapatkan dan menerima informasi. Biasanya dalam Rencana Pengelolaan Informasi tersedia beberapa hal berikut, kecuali...
A. Frekuensi komunikasi
B. Metodologi/ teknologi komunikasi
C. kesalahpahaman menerima informasi
D. Informasi akan siapa yang seharusnya menerima informasi
E. Proses peningkatan komunikasi dalam jangka waktu tertentu

15. Berikut ini merupakan tahap pengolahan data....
A. input-pnerima-output
B. input-proses-output
C. input-keputusan dan tindakan-penerima
D. penerima-keputusan dan tindakan-hasil tindakan
E. penerima-proses-output