pencahayaan dalam pergelaran teater



pencahayaan dalam pergelaran teater tidak selalu harus menggunakan perangkat yang lengkap dan canggih. Namun yang harus dipahami adalah bahwa penggunaan cahaya harus sesuai dengan konsep mau seperti apakah pergelaran itu dapat dinikmati penonton. Apakah cukup dengan cahaya lilin, cempor, dan atau obor? Apakah pergelaran itu akan dilaksanakan di halaman sekolah pada waktu siang hari menggunakan cahaya matahari? Pencahayaan dalam teater merupakan unsur pendukung agar pergelaran dapat dikomunikasikan kepada penonton secara visual. Dalam realitas banyak karya teater yang digelar dengan menggunakan konsep pencahayaan yang sangat hebat, menyertakan teknologi tata cahaya yang sangat canggih. Namun yang kita buat adalah pergelaran teater, bukan pertunjukan cahaya atau lampu.
Pergelaran teater adalah pergelaran yang sangat murah, namun memerlukan kreativitas yang sangat tinggi. Konsep seni khususnya teater jangan bergantung pada fasilitas, tetapi harus bergantung pada krestivitas. Jika kreativitasnya rendah, maka garapan teater akan cenderung mahal, karena memerlukan fasilitas untuk menutupi kelemahan kreativitas. Sebaliknya jika
kreativitas tinggi, maka fasilitas tidak menjadi tumpuan.
Fungsi dasar cahya dalam pergelaran teater adalah menerangi peristiwa panggung agar nampak terlihat oleh para penonton. Percuma jika membuat sebuah pertunjukan teater tetapi tidak terlihat oleh penonton. Cahaya sebagai penerangan adalah fungsi primer, sedangkan fungsi sekundernya adalah memberi efek atau memberi nuansa, memperkuat, memperlemah, menonjolkan atau menyembunyikan, bahkan memperkuat suasana dalam adegan. Cahaya dapat berasal dari matahari, lampu minyak, obor, atau lampu pertunjukan khusus yang sangat canggih. Kapasitas cahaya sangat bergantung pada kapasitas ruang dimana pertunjukan itu digelar. Jika pertunjukan dilaksanakan di ruang terbuka pada siang hari dan terik, tidak perlu menggunakan lampu khusus pertunjukan karena akan sia-sia.
Sebaliknya kalau malam hari mungkin perlu ribuan watt untuk menerangi arena pertunjukan
Membuat tataan musik ilustrasi drama harus dikerjakan oleh musisi yang mengerti teater.