1.
Ilmu yang membahas tentang wujud
Allah dzat dan sifat Allah dan hal-hal yang berkenaan dengan masalah dunia
sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam disebut ilmu ....
A.
faraid
B.
theologi
C.
Kalam
D.
mantiq
E.
tauhid
2.
Para ahli ilmu kalam melancarkan
berbagai argumentasi yang rasional untuk mempertahankan pendiriannya dan topik
diskusi mereka adalah problema atau persoalan ... .
A.
theologi
B.
ilmu tasawwuf
C.
mantiq
D.
hukum
E.
ilmu tauhid
3.
Apabila kita mengadakan diskusi
dengan topik pembicaraan mengenai segala hal yang berkaitan dengan Rasul Allah
sebagai pembawa risalah kepada manusia, seperti malaikat, nabi dan rasul dan
beberapa kitab suci, maka diskusi tersebut masuk ke dalam ranah pembahasan ilmu... .
A.
tasawwuf
B.
mantiq
C.
falaq
D.
kalam
E.
faroidl
4.
Para ahli ilmu kalam terkadang
tidak langsung menggali dalil dari al-qur’an dan hadist akan tetapi terlebih
dahulu mereka menggunakan dalil ... .
A.
pendapat para ahli
B.
pendapat ulama’
C.
logika, rasio, pikiran
D.
pendapat ahli fiqih
E.
pendapat ahli tafsir
5.
Menurut Ibnu Khaldun ilmu kalam berpijak dari rukun
iman yang harus dipercaya setiap muslim agar memperoleh keselamatan di dunia
dan akhirat, dan rukun iman yang pertama harus dibuktikan secara .... yang mana
sebelumnya bukti itu ditemukan di dalam Al-Qur’an dan hadits.
A.
rasionalitas dan logika
B.
pemahaman salaf
C.
renungan
D.
kasyaf
E.
ittiba’ Rasulullah SAW
6.
Ilmu kalam sebagai disiplin ilmu
yang mengandung berbagai argumentasi yang diperkuat dengan dalil-dalil
rasional, hal ini adalah definisi ilmu kalam menurut ... .
A.
Ibnu Khaldun
B.
Al farabi
C.
Syeh Muhammad Abduh
D.
Jamaludin al-Afgoni
E.
Imam Sibawaihi
7.
Ruang lingkup pembahasan ilmu
kalam menurut Hasan Al-Banna adalah ... .
A.
ilahiyat, ruhaniyat, nubuwat,
sam’iyat
B.
mu’jizat, jasadiyat, ruhaniyat,
sam’iyat
C.
ilahiyat, nubuwat, mu’jizat,
ruhaniyat, sam’iyat
D.
tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah
E.
tauhid qouli, tauhid amali
8.
Menurut Hasan Al-Banna alam
barzah, kehidupan akhirat, azab kubur, surga, neraka dan tanda-tanda kiamat,
kita tak bisa mengetahuinya kecuali dengan menggunakan dalil naqli Al-Qur’an dan
hadits, hal itu termasuk ruang lingkup pembahasan ilmu kalam ... .
A.
samawat
B.
sam’iyat
C.
jasadiyat
D.
mu’jizat
E.
kalimat
9.
Ditinjau dari ruang lingkupnya,
pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal antara lain yaitu ... .
A.
berkaitan dengan perkembangan
ilmu pengetahuan seorang muslim
B.
berkaitan dengan persoalan
khilafiyah ummat Islam
C.
berkaitan dengan fikih
kontemporer
D.
sejarah tentang kemajuan dan
peradaban
E.
berkaitan dengan kehidupan yang
akan datang, seperti kebangkitan dari kubur, hisab
10.
L < vã p$ ãqjBeã_f5 | ;eãufeãkbæ
<l ã
ayat tersebut adalah pengertian iman
kepada Allah sebagai pencipta, penguasa, atau pengatur segala urusan atau
disebut dengan tauhid ... .
A.
asma’ wa sifat
B.
rububiyah
C.
uluhiyah
D.
qouli
E.
amali
11.
Arti dari ayat RJçeãS~jBeãqsp ÔE
<uf*jaC~e adalah tidak ada yang. . .
A.
serupa denganNya, Allah maha
mendengar lagi maha melihat
B.
serupa denganNya, Allah maha maha
melihat lagi maha mendengar
C.
menyerupaiNya segala sesuatu,
Allah maha mendengar lagi maha melihat
D.
menyerupaiNya, Allah maha
melindungi dan maha bijaksana
E.
menyerupainya, Allah maha agung
dan maha perkasa
12.
Hal yang tidak termasuk kajian ilmu
kalam adalah. . .
A.
dzat Allah
B.
sifat-sifat Allah
C.
ke esaan Allah
D.
keadilan Allah
E.
wujud Allah
13.
91ãufeãqsg] Ayat tersebut sangat terkait dengan
pembahasan ilmu kalam, menyangkut ke Esaan Allah dan berhubungan dengan tauhid
... .
A.
rububiyah
B.
uluhiyah
C.
asma’ wa sifat
D.
qouli
E.
amali
14.
Faktor utama yang memicu
munculnya perdebatan pandangan dan rumusan pemikiran teologi hingga muncul
berbagai golongan dan aliran seperti Khawarij, Mu’tazilah Syi’ah dan Murji’ah
diawali dari suatau peristiwa besar di antara ummat Islam yaitu ....
A.
perpecahan politik
B.
meluasnya dakwah islam
C.
takwilnya ayat zhanni
D.
munculnya nabi palsu
E.
pengetahuan yang semakin luas
15.
Mengimani dengan sepenuhnya bahwa
Allah adalah Rab satu-satunya dan tiada sekutu bagiNya, dzat yang mencipta,
pengatur segala urusan yang ada di alam semesta adalah pengertian tauhid ... .
A.
amali
B.
qouli
C.
asma’ wa sifat
D.
rububiyyah
E.
uluhiyyah
16.
Terhadap para sahabatnya yang
telah mengikuti ajakan beliau Nabi Muhammad menanamkan satu corak ajaran aqidah
sebagaimana yang diajarkan melalui ...... yaitu mempercayai Allah yang maha Esa
dan kerasulan nabi Muhammad.
A.
mimpi
B.
ilmu
C.
wasiat
D.
wahyu
E.
wangsit
17.
Timbulnya fitnah dikalangan ummat
Islam sehingga memecah belah persatuan kaum muslimin yang kemudian memunculkan
syi’ah sebagai firqoh, adalah seorang yahudi yang berpura-pura masuk islam,
dialah yang menjadi biang keladi dari segala persoalan tersebut yaitu ... .
A.
Musailamah al-Kadzab
B.
Abdullah bin Saba’
C.
Amr bin Ash
D.
Al-Juba’i
E.
Arqam bin Arqam
18.
Pakaian memiliki manfaat yang
sangat besar bagi kehidupan seseorang guna melindungi tubuh dari semua
kemungkinan yang merusak ataupun yang menimbulkan rasa sakit, pernyataan yang
salah dibawah ini adalah berpakaian untuk. . .
A.
melindungi tubuh dan aurat
B.
mendapatkan ridho Allah
C.
perhiasan dan keindahan
D.
mode dan perhiasan
E.
ibadah
19.
Dalam konteks hukum agama aurat
dipahami sebagai anggota badan tertentu yang tidak boleh dilihat kecuali kepada
orang tertentu, batas aurat menurut imam Maliki dan Syafi’i bagi laki-laki yang
wajib ditutup adalah dari pusar hingga
... .
A.
kaki
B.
lutut
C.
leher
D.
perut
E.
tangan
20.
Pada hakekatnya berhias merupakan
akhlaq yang terpuji, sebagai perbuatan yang diperbolehkan bahkan dianjurkan,
selama tidak bertentangan dengan prinsip dasar Islam yaitu ... .
A.
sopan santun
B.
hukum
C.
agama
D.
etika
E.
moral
21.
Berhias adalah kebutuhan dasar
manusia termasuk akhlaq yang terpuji dan dianjurkan oleh tuntunan agama, karena
allah menyukai keindahan, akan tetapi harus mematuhi rambu-rambu, agar tidak
melanngar syari’at yang ditetapkan oleh Allah yaitu ... .
A.
tidak berlebihan
B.
mengikuti mode
C.
menarik
D.
sesuai adat istiadat
E.
untuk senang-senang
22.
Berhias dalam ajaran Islam tidak
sebatas pada penggunaan pakaian, tetapi mencakup keseluruhan piranti( alat) aksesoris
yang lazim digunakan untuk mempercantik diri mulai dari kalung, gelang ,
arloji, anting dan bros, akan tetapi yang tak kalah penting dan harus
diperhatikan adalah berhias menurut kelaziman dan kepatutan dengan
memperhatikan ... .
A.
bahan dan kwalitas
B.
mode
C.
jenis kelamin
D.
niat dan tujuan
E.
adat istiadat
23.
Berhias secara Islami akan
memberikan pengaruh positif dalam berbagai aspek kehidupan, karena berhias
diniatkan sebagai ibadah, namun sebaliknya apabila berhias dengan mengabaikan
norma Islam maka berhias akan menjadi pendorong untuk ... .
A.
kedzaliman
B.
kemaksiatan
C.
kesesatan
D.
kemunkaran
E.
kemunafikan
24.
Dalam kaitannya dengan berhias
atau berdandan maka setiap manusia memiliki kebebasan untuk mengekspresikan
keinginan, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah ..... sehingga dapat
menyatakan identitas seseorang.
A.
tempat
B.
kemampuan masing-masing
C.
fungsi dan momentum
D.
tujuan
E.
waktu
25.
Hidup di zaman modern sekarang
ini salah satunya ditandai dengan kemajuan tehnologi dan semakin mudahnya alat
transportasi, maka semakin sering pula seseorang melakukan perjalanan untuk
berbagai keperluan dan tujuan hal ini diabadikan oleh Allah dalam surat Al-Quraisy,
yang artinya yaitu kebiasaan mereka bepergian pada
musim...
.
A.
dingin dan musim panas
B.
kemarau dan musim semi
C.
dingin dan musim semi
D.
gugur dan musim dingin
E.
gugur dan musim semi
1.
C
2.
A
3.
D
4.
C
5.
A
|
6.
A
7.
A
8.
B
9.
E
10. B
|
11.
C
12.
D
13.
B
14.
A
15.
D
|
16.
D
17.
B
18.
D
19.
B
20.
C
|