NASKAH SOAL AQIDAH AKHLAQ KELAS 11 + kunci

1.        Ilmu yang membahas tentang wujud Allah dzat dan sifat Allah dan hal-hal yang berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrin Islam disebut ilmu ....


A.      faraid
B.       theologi
C.       Kalam
D.      mantiq
E.       tauhid


2.        Para ahli ilmu kalam melancarkan berbagai argumentasi yang rasional untuk mempertahankan pendiriannya dan topik diskusi mereka adalah problema atau persoalan  ... .


A.      theologi
B.       ilmu tasawwuf
C.       mantiq
D.      hukum
E.       ilmu tauhid


3.        Apabila kita mengadakan diskusi dengan topik pembicaraan mengenai segala hal yang berkaitan dengan Rasul Allah sebagai pembawa risalah kepada manusia, seperti malaikat, nabi dan rasul dan beberapa kitab suci, maka diskusi tersebut masuk ke dalam ranah pembahasan  ilmu... .


A.      tasawwuf
B.       mantiq
C.       falaq
D.      kalam
E.       faroidl


4.        Para ahli ilmu kalam terkadang tidak langsung menggali dalil dari al-qur’an dan hadist akan tetapi terlebih dahulu mereka menggunakan dalil ... .


A.      pendapat para ahli
B.       pendapat ulama’
C.       logika, rasio, pikiran
D.      pendapat ahli fiqih
E.       pendapat ahli tafsir


5.        Menurut  Ibnu Khaldun ilmu kalam berpijak dari rukun iman yang harus dipercaya setiap muslim agar memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat, dan rukun iman yang pertama harus dibuktikan secara .... yang mana sebelumnya bukti itu ditemukan di dalam Al-Qur’an dan hadits.


A.      rasionalitas dan logika
B.       pemahaman salaf
C.       renungan
D.      kasyaf
E.       ittiba’ Rasulullah SAW


6.        Ilmu kalam sebagai disiplin ilmu yang mengandung berbagai argumentasi yang diperkuat dengan dalil-dalil rasional, hal ini adalah definisi ilmu kalam menurut ... .


A.      Ibnu Khaldun
B.       Al farabi
C.                Syeh Muhammad Abduh
D.                Jamaludin al-Afgoni
E.       Imam Sibawaihi


7.        Ruang lingkup pembahasan ilmu kalam menurut Hasan Al-Banna adalah ... .


A.      ilahiyat, ruhaniyat, nubuwat, sam’iyat 
B.       mu’jizat, jasadiyat, ruhaniyat, sam’iyat
C.       ilahiyat, nubuwat, mu’jizat, ruhaniyat, sam’iyat
D.      tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah
E.       tauhid qouli, tauhid amali


8.        Menurut Hasan Al-Banna alam barzah, kehidupan akhirat, azab kubur, surga, neraka dan tanda-tanda kiamat, kita tak bisa mengetahuinya kecuali dengan menggunakan dalil naqli Al-Qur’an dan hadits, hal itu termasuk ruang lingkup pembahasan ilmu kalam  ... .


A.      samawat
B.       sam’iyat
C.       jasadiyat
D.      mu’jizat
E.       kalimat


9.        Ditinjau dari ruang lingkupnya, pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal antara lain yaitu  ... .
A.      berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan seorang muslim
B.       berkaitan dengan persoalan khilafiyah ummat Islam
C.       berkaitan dengan fikih kontemporer
D.      sejarah tentang kemajuan dan peradaban
E.       berkaitan dengan kehidupan yang akan datang, seperti kebangkitan dari kubur, hisab  
10.    L < vã p$ ãqjBeã_f5 | ;eãufeãkbæ <l ã  ayat tersebut adalah pengertian iman kepada Allah sebagai pencipta, penguasa, atau pengatur segala urusan atau disebut dengan  tauhid ... .


A.      asma’ wa sifat
B.       rububiyah
C.       uluhiyah
D.      qouli
E.       amali


11.    Arti dari ayat    RJçeãS~jBeãqsp ÔE <uf*jaC~e  adalah tidak ada yang. . .
A.      serupa denganNya, Allah maha mendengar lagi maha melihat
B.       serupa denganNya, Allah maha maha melihat lagi maha mendengar
C.       menyerupaiNya segala sesuatu, Allah maha mendengar lagi maha melihat
D.      menyerupaiNya, Allah maha melindungi dan maha bijaksana
E.       menyerupainya, Allah maha agung dan maha perkasa
12.    Hal yang tidak termasuk kajian ilmu kalam adalah. . .


A.      dzat  Allah
B.       sifat-sifat Allah
C.       ke esaan Allah
D.      keadilan Allah
E.       wujud Allah


13.    91ãufeãqsg]  Ayat tersebut sangat terkait dengan pembahasan ilmu kalam, menyangkut ke Esaan Allah dan berhubungan dengan tauhid ... .


A.      rububiyah
B.       uluhiyah
C.       asma’ wa sifat
D.      qouli
E.       amali


14.    Faktor utama yang memicu munculnya perdebatan pandangan dan rumusan pemikiran teologi hingga muncul berbagai golongan dan aliran seperti Khawarij, Mu’tazilah Syi’ah dan Murji’ah diawali dari suatau peristiwa besar di antara ummat Islam yaitu ....


A.      perpecahan politik
B.       meluasnya dakwah islam
C.       takwilnya ayat zhanni
D.      munculnya nabi palsu
E.       pengetahuan yang semakin luas


15.    Mengimani dengan sepenuhnya bahwa Allah adalah Rab satu-satunya dan tiada sekutu bagiNya, dzat yang mencipta, pengatur segala urusan yang ada di alam semesta adalah pengertian tauhid ... .


A.      amali
B.       qouli
C.       asma’ wa sifat
D.      rububiyyah
E.        uluhiyyah


16.    Terhadap para sahabatnya yang telah mengikuti ajakan beliau Nabi Muhammad menanamkan satu corak ajaran aqidah sebagaimana yang diajarkan melalui ...... yaitu mempercayai Allah yang maha Esa dan kerasulan nabi Muhammad.


A.      mimpi
B.       ilmu
C.       wasiat
D.      wahyu
E.       wangsit


17.    Timbulnya fitnah dikalangan ummat Islam sehingga memecah belah persatuan kaum muslimin yang kemudian memunculkan syi’ah sebagai firqoh, adalah seorang yahudi yang berpura-pura masuk islam, dialah yang menjadi biang keladi dari segala persoalan tersebut yaitu ... .


A.      Musailamah al-Kadzab
B.       Abdullah bin Saba’
C.       Amr bin Ash
D.      Al-Juba’i
E.       Arqam bin Arqam


18.    Pakaian memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan seseorang guna melindungi tubuh dari semua kemungkinan yang merusak ataupun yang menimbulkan rasa sakit, pernyataan yang salah dibawah ini adalah berpakaian untuk. . .


A.      melindungi tubuh dan aurat
B.       mendapatkan ridho Allah
C.       perhiasan dan keindahan
D.      mode dan perhiasan
E.       ibadah


19.    Dalam konteks hukum agama aurat dipahami sebagai anggota badan tertentu yang tidak boleh dilihat kecuali kepada orang tertentu, batas aurat menurut imam Maliki dan Syafi’i bagi laki-laki yang wajib ditutup adalah   dari pusar hingga ... .


A.      kaki
B.       lutut
C.       leher
D.      perut
E.       tangan


20.    Pada hakekatnya berhias merupakan akhlaq yang terpuji, sebagai perbuatan yang diperbolehkan bahkan dianjurkan, selama tidak bertentangan dengan prinsip dasar Islam yaitu ... .


A.      sopan santun
B.       hukum
C.       agama
D.      etika
E.       moral


21.    Berhias adalah kebutuhan dasar manusia termasuk akhlaq yang terpuji dan dianjurkan oleh tuntunan agama, karena allah menyukai keindahan, akan tetapi harus mematuhi rambu-rambu, agar tidak melanngar syari’at yang ditetapkan oleh Allah yaitu ... .


A.      tidak berlebihan
B.       mengikuti mode
C.       menarik
D.      sesuai adat istiadat
E.       untuk senang-senang


22.    Berhias dalam ajaran Islam tidak sebatas pada penggunaan pakaian, tetapi mencakup keseluruhan piranti( alat) aksesoris yang lazim digunakan untuk mempercantik diri mulai dari kalung, gelang , arloji, anting dan bros, akan tetapi yang tak kalah penting dan harus diperhatikan adalah berhias menurut kelaziman dan kepatutan dengan memperhatikan ... .


A.      bahan dan kwalitas
B.       mode
C.       jenis kelamin
D.      niat dan tujuan
E.       adat istiadat


23.    Berhias secara Islami akan memberikan pengaruh positif dalam berbagai aspek kehidupan, karena berhias diniatkan sebagai ibadah, namun sebaliknya apabila berhias dengan mengabaikan norma Islam maka berhias akan menjadi pendorong untuk  ... .


A.      kedzaliman
B.       kemaksiatan
C.       kesesatan 
D.      kemunkaran
E.       kemunafikan


24.    Dalam kaitannya dengan berhias atau berdandan maka setiap manusia memiliki kebebasan untuk mengekspresikan keinginan, akan tetapi yang tidak kalah penting adalah ..... sehingga dapat menyatakan identitas seseorang.


A.      tempat
B.       kemampuan masing-masing
C.       fungsi dan momentum
D.      tujuan
E.       waktu


25.    Hidup di zaman modern sekarang ini salah satunya ditandai dengan kemajuan tehnologi dan semakin mudahnya alat transportasi, maka semakin sering pula seseorang melakukan perjalanan untuk berbagai keperluan dan tujuan hal ini diabadikan oleh Allah dalam surat Al-Quraisy, yang artinya yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim... . 


A.      dingin dan musim panas
B.       kemarau dan musim semi
C.       dingin dan musim semi
D.      gugur dan musim dingin

E.       gugur dan musim semi

1.   C
2.   A
3.   D
4.   C
5.   A
6.   A
7.   A
8.   B
9.   E
10. B
11.   C
12.   D
13.   B
14.   A
15.   D
16.   D
17.   B
18.   D
19.   B
20.   C