1.
Yang
termasuk ragam gerak tari Remo Putra adalah....
a.
labas
lombo – labas rangkep – iber-iberan
b.
nggendewa
– iket – lawung – gedrugan – iket
c.
ngancer
kangan – kecer poter – singget
d.
miwir
kumis kanan - penthangan nepak – miwir
e.
langkah
maju nantang – sagah kanan – ogek lambung – angkruk
2.
Mloyo
bumi – nigas – sirig jalak kecancang – nigas – singget merupakan ragam gerak tari ....
a.
Glipang
b.
remo
munali fatah
c.
topeng
bapang
d.
topeng
gunungsari
e.
glipang
3.
Di
Bali tari Pendet di sajikan sebagai tari ....
a.
pergaulan
b.
pertunjukan
c.
menyambut
tamu
d.
perjuangan
e.
petik
laut
4.
Salah
satu unsur komposisi adalah desain lurus. Yang dimaksud desain lurus adalah
....
a.
garis-garis
yang dilalui oleh penari untuk membentuk formasi di atas lantai
b.
desain
yang dibentuk oleh anggota badan berada di atas lantai
c.
desain
yang ditimbulkan oleh postur penari yang sama sekali tidak menggunakan
garis-garis
d.
desain
yang menggunakan sebagian besar anggota badan mengarah kepada garis horisontal
e.
desain
yang banyak menggunakan garis-garis lurus pada anggota-anggota badan
5.
Iringan
tari Muwangsangkalmenggunakan gending....
a.
rarari
slendro, ayak keras slendro
b.
walangkekek,
pedhat
c.
laras
pelog, laras slendro
d.
pelog
barang, walangkekek
e.
krucilan,
jula-juli
6.
Sebuahkarya
tari tunggal yang idenya muncul ketika jiwanya bersentuhan dengan kejadian
alam, karya tari tersebut bertema ....
a.
sastra
b.
cerita
tertentu
c.
literer
d.
nonliterer
e.
beberapa
objek
7.
Hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat tari berpasangan adalah ....
a.
memiliki
jenis gerak berlawanan dan gerak bersamaan
b.
dilakukan
oleh 2 penari yang sejenis
c.
gerakannya
tidak saling berhubungan
d.
dilakukan
oleh 2 penari yang berlainan jenis
e.
tariannya
harus menggambarkan tema percintaan/erotis
8.
Dalam
membuat karya tari kelompok, seorang koreografer perlu memperhatikan komposisi
tari kelompok yaitu ....
a.
serempak
b.
berinteraksi
c.
kesatuan
d.
terpadu
e.
bersama-sama
9.
Tari
berpasangan yang menggambarkan sorang laki-laki yang menggunakan magic untuk
mendapatkan gadis pujaannya adalah tari ....
a.
padang
ulan
b.
jejer
c.
paju
gandrung
d.
tari
jaran goyang
e.
remo
putri
10.
Dalam
suatu pagelaran tari tugas seorang pimpinan artistik adalah ....
a.
pimpinan
produksi yang bertindak dan bertanggung jawab atas karya seni yang di produksi
b.
orang
yang mengkoordinasi seluruh bagian yang ada di panggung
c.
orang
yang bertugas memberikan layanan staf dan layanan publik
d.
bertanggung
jawab secara keseluruhan atas pelaksanaan dan keberhasilan produksi
e.
orang
yang bertugas menyiapkan alat dan mendokumentasikan setiap kegiatan pagelaran
11.
Dalam
pagelaran karya tari kelompok, yang bertanggung jawab terhadap penyediaan
tempat pelaksanaan pertunjukkan adalah seksi....
a.
pimpinan
produksi
b.
gedung
c.
pendanaan
d.
manager
keuangan
e.
penata
panggung
12.
Untuk
mewujudkan karakter riang menggunakan eyeshadow yang berwarna ....
a.
merah
dan kuning
b.
hijau
dan biru
c.
hitam
dan kuning
d.
ungu
dan merah
e.
kuning
dan orange
13.
Hal
–hal yang harus diperhatikan dalam managemen pertunjukan sebelum pementasan
suatu pagelaran adalah ....
a.
mengendalikan
obsesi dan emosi dengan mementingkan logika dan nilai rasa
b.
melakukan
koordinasi satu sama lain
c.
membandingkan
perencanaan dengan realisasi
d.
mengecek
ulang kondisi gedung dam mobilisasi penonton
e.
mengevaluasi
kerja setiap elemen pementasan
14.
Mengangkat
atau menunjang mutu seni pertunjukan pada saat pentas dan pertunjukan itu
menjadi satu kesatuan merupakan fungsi dari ....
a.
rias
b.
tata
pentas
c.
busana
d.
lighting
e.
properti
15.
Lampu
yang berfungsi untuk menerangi bagian sisi panggung disebut lampu ....
a.
wing
b.
foot
light light
c.
freshnell
spot light
d.
plano
convex spot light
e.
strip
light
16.
Tari
berpasangan yang menceritakan seorang laki-laki yang sedang jatuh cinta pada
seorang gadis adalah tari ....
a.
padang
ulan
b.
paju
gandrung
c.
karonsih
d.
jaran
goyang
e.
remo
putri
17.
1. Menyusun program
2. Menetukan
tempat pagelaran
3.Menentukan tema pagelaran
4.Menentukan rencana kegiatan
Urutan
langkah-langkah dalam merancang sebuah perencanaan pagelaran karya tari
kelompok yang benar adalah....
a.
(3),
(4), (1), (2)
b.
(4),
(3), (2), (1)
c.
(1),
(3), (2), (4)
d.
(3),
(1), (4), (2)
e.
(1),
(2), (3), (4)
18.
Busana
bagian bawah pada tari Jejer terdiri dari
....
a.
kain
panjang, ilat-ilatan, sabuk
b.
rok
panjang, kebaya, sabuk
c.
jarik,
ilat-ilatan, stagen cinde
d.
jarik,
stagen, kaos kaki
e.
jarik,
stagen cinde, rapek
19.
Seorang
penari dikatakan menguasai tari Padang Ulan apabila dapat menampilkan kelompok
ragam ....
a.
awal
jogetan, jogetan, penutup jogetan dengan irama dan teknik yang benar
b.
awal
jogetan, kembangan, akhir jogetan dengan irama dan teknik yang benar
c.
pembuka,
sekaran, penutup dengan irama dan teknik yang benar
d.
maju
gawang, tengah jogetan, akhir jogatan dengan irama dan teknik yang benar
e.
nglayung,
nyiji kerep, kosir-kosir dengan irama dan teknik yang benar
20.
Dalam
memproduksi suatu pagelaran tari bentuk, tugas dari penata suara adalah ....
a.
menjadi
layanan pemenuhan kepada penyaji karya seni dan tuntutan artistik garapan
b.
bertanggung
jawab dalam kepengurusan tata rias dan busana
c.
mengkoordinasi
seluruh kegiatan yang ada di panggung
d.
bertanggung
jawab terhadap pelaksanaan pagelaran
e.
bertanggung
jawab terhadap bunyi selama pertunjukan berlangsung
1. B
2. C
3. C
4. E
5. A
6. D
7. A
8. C
9. D
10.
A
11.
B