soal-soal dan kunci jawaban mata pelajaran tata niaga

PAKET. A

1. Penampilan diri sering dikenal dengan istilah…
A. Performance
B. Grooming
C. Industrial higienc
D. Penampilan prima
E. Accupational

2. Segmentasi   perilaku  membagi  konsumen  menjadi  beberapa  kelompok berdasarkan…
A. Gaya hidup
B. Status social
C. Pengetahuan dan respon terhadap produk
D. Umur dan pengetahuan
E. Proses terhadap produk dan gaya hidup

3. PT. Unilever Indonesia merupakan salah satu  perusahaan  yang  menerapkan   strategi segmentasi pasar…
A. Konsentrasi
B. Multisegmen
C. Triplesegmen
D. Konsidasi
E. Gabungan

4. Tarif  bea materai   Rp.6000,- dikenakan terhadap  dokumen-dokumen  perjanjian dan dokumen-dokumen berharga seperti berikut…
A. Surat yang mempunyai harga nominal lebih Rp. 250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-
B. Surat-surat berharga seperti wesel,promesdan aksep yang bernominal lebih dariRp.250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-
C. Efek dengan nama dan dalam bentuk apapun sepanjang  harga nominalnya lebih dari Rp.250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-
D. Cek dan bilyet giro dengan harga nominal berapapun
E. Akta-akta notaris termasuk salinannya

5. Pemerintah memungut pajak kepada masyarakat guna membiayai  pembangunan dalam hal ini pajak  berfungsi sebagai…
A. Pengalihan
B. Pengatur
C. Pengendali
D. Kebijakan fiscal
E. Anggaran

6. Distribusi ini hanya menyalurkan produk-produk yang harganya relatif mahal, tidak sembarang  mempergunakan   agen, sehingga untuk wilayah tertentu harga akan memiliki                                                         beberapa penyalur saja, adalah distribusi…
A. Distribusi Intensif
B. Distribusi selektif
C. Distribusi eksklusif
D. Distribusi cabang
E. Distribusi agen besar




7. Seseorang  membeli barang karena barang  tersbut  benar-benar di butuhkan . pembelian seperti ini berarti didasarkan pada...
A. Primary Buying Motives
B. Selective Buying Motives
C. Patronage Buying Motives
D. Buying Motives
E. Fakor psikologis

8. Kegiatan periklanan atau adverensi memiliki ciri- ciri sebagai berikut, kecuali...
A. Biaya relatif tinggi
B. Sasarannya luas
C. Identitas seponsornya jelas
D. Sulit untuk mengembangkan kreatifitas
E. Persuasi kepada pelangggan bukan dengan mengantar  produk, melainkan 
mengantar  pelangggan ke produk yang diinginkan

9. Kegiatan untuk memperoleh informasi  menyusun strategi agar merk tersebut                                                              menjadi merk yang kuat, merupakan ….
A. Brand Image
B. Brand equity
C. Brand value
D. Unbranderd goods
E. Brand as Reference

10. Kelompok departemen  makanan  dalam  minimarket disebut…
A. Food
B. Soft drink
C. Departemen
D. Makanan
E. Non food

11. Undang-undang  yang  mengatur tentang  hak  paten  adalah  undang-undang  nomor…
A. 5 th 1999
B. 8  th 1999
C. 13 th 20016
D. 15 th 2001
E. 40 th 2007

12. Product,Price,Promotion  and  Place  merupakan  variable  dari…
A. Marketing Mix
B. Strategi pemasaran
C. Konsep pemasaran
D. Target pasar
E. Analisa pasar

13. Kelompok  departemen  makanan  dalam  mini market disebut…
A. Food
B. Soft drink
C. Departemen
D. Makanan
E. Non food

14. Rencana  peletakan  produk  sesuai  standar  yang  berlaku  dalam  suatu  toko  disebut...
A. Display.
B. promosi
C. lay out
D. identifikasi
E. prosedur




15. Suatu  ruangan  yang  berfungs I sebagai  media display atau pemajangan  sebagian  besar barang yang ada ditoko disebut...
A. Show window
B. Center point     
C. Vocal point
D. Wall display         
E. Stage dispalay

16. Pengaturan warna produk  akan  mempengaruhi  pemajangan.Warna gelap sebaiknya dipajang…
A. Pada bagian atas
B. Pada bagian sisi kiri
C. Pada bagian sisi kanan
D. Pada bagian bawah
E. Pada bagian sisi kanan dan kiri

17. Dalam Teknik pemajangan Produk Fashion berdasar ukuran, pernyataan dibawah ini yang benar adalah…
A. Sebelah kiri besar, kanan  besar
B. Depan besar, belakang  kecil
C. Atas kecil, bawah besar
D. Sebelah kiri besar, kanan  kecil
E. Atas besar, bawah  kecil






18. Pemasangan  POP  pada  Table   Disply perlu memperhatikan  item produk. Bila dalam satu  produk  yang  didisplay  beberapa  item  produk  maka  letak  POP dibagian…….produk
A. Atas
B. Bawah
C. Belakang
D. Depan
E. Tengah

19. Memajang  barang  dagangan  di bagian depan toko pada etalase disebut…
A. Lay Out
B. Display
C. Window Display
D. Eksterior Display
E. Interior display

20. Dalam Teknik pemajangan  berdasar   ukuran, pernyataan  dibawah  ini  yang  benar adalah…
A. Sebelah kiri kecil, kanan besar
B. Depan besar, belakang kecil
C. Atas besar, bawah besar
D. Sebelah kiri besar, kanan kecil
E. Atas besar, bawah kecil

21. Pemajangan barang dagangan ditempat tertentu  diluar  kegiatan  usaha yang biasa digunakan untuk promosi ,pengenalan  produk baru,cuci gudang yaitu…
A. Eksterior display
B. Architectural display
C. Close interior display
D. Open interior display
E. Interior display
22. Penataan  produk  yang  tujuannya  untuk  menarik  perhatian  konsumen  disebut...
A. brand blocking
B. customer goods
C. visual merchandising
D. interest customer
E. display

23. Bentuk pemajangan di bagian sisi kiri dan kanan gondola ujung disebut…
A. Gondola end
B. Dancing up
C. Wing stage
D. Floor display
E. Clip strip

24. Memajang barang dagangan di bagian depan  took  pada  etalase  disebut…
A. Lay Out
B. Display
C. Window Display
D. Eksterior Display
E. Interior display

25. Pemasangan  POP  pada  gondola  perlu  memperhatikan  item  produk. Bila dalam  satu selving  produk  yang  didisplay  satu  item  produk  maka  letak  POP  dibagian…..selving
A. Atas
B. Bawah
C. Kiri
D. Kanan
E. Tengah

kunci jawaban
1 B 11 C 21 A
2 B 12 A 22 E
3 B 13 A 23 A
4 E 14 C 24 C
5 D 15 A 25 A