soal PEMROGRAMAN DASAR

 

C1 RPL – PEMROGRAMAN DASAR

 

1. Tipe data bahasa C++ untuk true false adalah…

  1. String
  2. Char
  3. Boolean
  4. Byte
  5. Real

 

2. Bilangan yang mengandung pecahan, paling sedikit harus ada satu digit angka sebelum dan sesudah titik decimal termasuk dalam tipe data…

  1. Riil
  2. Boolean
  3. Integer
  4. Longint
  5. Byte

 

3. Penulisan variabel dalam c++ bersifat case sensitive artinya…

  1. Huruf besar dan kecil diperhitungkan
  2. Tanda spasi diperhitungkan
  3. Tanda spasi diubah dengan underscore
  4. Tanda spasi diubah dengan tanda strip (minus)
  5. Tanda spasi diubah dengan tanda titik.

 

4. Tipe data yang cocok untuk menampung nama siswa adalah…

  1. Char
  2. Int
  3. Boolean
  4. Real
  5. Byte

 

5. Pernyataan yang sesuai untuk mendefinisikan Tipe data bilangan bulat adalah… 

  1. Tipe data yang berfungsi menampung data yang memiliki angka dibelakang koma
  2. Tipe data yang mempresentasikan data yang hanya mengandung dua nilai
  3. Tipe data yang mempresentasikan data berupa karakter
  4. Tipe data yang yang menyimpan lebih dari satu variabel
  5. Tipe data yang digunakan untuk angka yang tidak memiliki angka dibelakang koma

 

6, Kode program untuk menyatakan tipe data bentukan yang menyimpan lebih dari satu variabel bertipe sama maupun berbeda adalah… 

  1. Struct
  2. Int
  3. Float
  4. Double
  5. Char

7.      Pernyataan yang sesuai untuk mendefinisikan tipe data enumerasi adalah…

  1. Tipe data yang berfungsi menampung data yang memiliki angka dibelakang koma
  2. Tipe data yang mempresentasikan data yang hanya mengandung dua nilai
  3. Tipe data bentukan yang nilainya terbatas pada nilai-nilai yang telah ditentukan dan bersifat pasti.
  4. Tipe data yang yang menyimpan lebih dari satu variabel
  5. Tipe data yang digunakan untuk angka yang tidak memiliki angka dibelakang koma

 

8. Berikut ini adalah tipe data dalam c++…

  1. Int, float, char, double, const
  2. Int, float, char, double
  3. Float, double float, long int, const
  4. Label, const, int, short int
  5. Void, main, char, double

 

9.    Perhatikan program berikut :

 

#include <iostream>

using namespace std;

int main (){

 int x = 3.05;

 cout << “Nilai x adalah ” << x << endl;

return 0

}

 

Kode program yang digaris bawahi terjadi error, seharusnya tipe data yang digunakan adalah... 

  1. char
  2. long int
  3. short int
  4. signed long int
  5. float

 

10. Berikut ini adalah syarat pembuatan identifier yang harus kita perhatikan, kecuali…

  1. C++ bersifat case sensitive
  2. Tidak boleh diawali dengan angka
  3. Tidak boleh mengandung spasi
  4. Tidak boleh menggunakan symbol (!@#$%^&A*, dll)
  5. Harus menggunakan spasi

 

11. Penulisan kode program untuk identifier yang benar adalah… 

  1. long 1000;
  2. int !satu;
  3. float bilangan_riil;
  4. long break;
  5. double 2x;

 

12. Identifier yang digunakan untuk mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan, dan tidak dapat diubah saat program berjalan, disebut identifier… 

  1. Konstanta
  2. Label
  3. Tipe
  4. Variabel
  5. Prosedur

 

13. Suatu identifier yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses, disebut…

  1. Variabel
  2. Tipe data
  3. Prosedur
  4. Deklarasi
  5. Array

 

14. Perhatikan program berikut

#include <iostream>

Using namespace std;

Int main() {

Int x;

X = 3;

Cout << “Nilai x = ” << x << endl;

Return 0;

}

Hasil yang diperoleh dari program diatas adalah…

  1. Nilai x = 3
  2. Nilai 3 = x
  3. Nilai x = x
  4. Nilai 3 = 3
  5. semua salah

 

15. Contoh bentuk deklarasi variabel bertipe karakter yang benar adalah…

  1. Char return;
  2. Void main;
  3. Char panjang, a, huruf[30];
  4. Panjang char;
  5. semua salah

 

16.  Pengertian dari konstanta adalah… 

  1. Suatu nilai yang dapat diubah selama program berlangsung
  2. Suatu nilai yang tidak dapat diubah selama program berlangsung
  3. Suatu nilai yang berubah-ubah selama program berlangsung
  4. Suatu nilai yang tidak dapat diubah meskipun program tidak berjalan.
  5. Suatu nilai yang tidak pernah berubah meskipun program tidak berjalan

 

17.  Statemen program berikut ini salah, kecuali… 

  1. Int return = 40;
  2. Cout >> count;
  3. */komentar/*
  4. Dua int=30;
  5. Float tiga_puluh;

 

18. Perhatikan program berikut  

#include <iostream>

Using namespace std;

Int main{

Int x, y, z = 20;

Cout << x << endl;

Cout << y << endl;

Cout << z << endl;

 

Return 0

}

 

Bagian yang digaris bawahi berfungsi untuk... 

  1. Memberi nilai x, y, z dengan nilai 20
  2. Memberi nilai 20 pada z saja
  3. Membuat variabel global
  4. Semua jawaban salah
  5. Semua jawaban benar

 

19. Perhatikan program dan hasil program berikut

#include <iostream>

using namespace std;

int contoh(){

static int A = 10;

A = A + 10;

return A;

}

int main(){

int x;

x = contoh();

cout << “Nilai pemanggilan pertama adalah : ” << x << endl;

return 0;

}

 

Hasil Program :

1.      Nilai pemanggilan pertama adalah: 10

2.      Nilai pemanggilan pertama adalah: A = 10

3.      Nilai pemanggilan pertama adalah: 10

4.      Nilai pemanggilan pertama adalah: 20

5.      terjadi error (kesalahan)

 

Terdapat pada hasil program nomor berapakah yang sesuai dengan program diatas? 

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

20. Operator merupakan symbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, berikut yang bukan merupakan penggunaan operator adalah… 

  1. Menjumlahkan dua nilai
  2. Memberikan nilai ke suatu variabel
  3. Membandingkan kesamaan dua nilai
  4. Menginputkan suatu nilai
  5. Semua jawaban benar

 

21. Yang bukan termasuk jenis operator yaitu… 

  1. increment
  2. aritmatika
  3. logika
  4. variabel
  5. bitwise

 

22. Operator logika yang menyatakan “atau” dalam lambang berikut ini adalah… 

  1. &&
  2. ||
  3. !
  4. <> 
  5. =

 

23. Penggunaan operator aritmatika yang benar dalam c++ yaitu…

  1. T = x + angka;
  2. T = x + angka
  3. Float x, X, z = 0;
  4. I++;
  5. While(i<=30);

 

24. Operator untuk peningkatan nilai bertambah satu termasuk dalam operator… 

  1. Unary
  2. Aritmatika
  3. Bitwise
  4. Perbandingan
  5. Hubungan

 

25. Fungsi dari operator % sebagai… 

  1. Pembagian 2 bilangan
  2. Membagi perseratus persen
  3. Prosentase 2 bilangan
  4. Mencari sisa pembagian 2 bilangan
  5. Prosentase bilangan

 

26 Yang termasuk operator logika ingkaran adalah… 

  1. !
  2. &&
  3. <> 
  4. ||
  5. >=

 

27. Operator untuk peningkatan nilai bertambah 1 termasuk dalam operator… 

  1. Unary
  2. Aritmatika
  3. Bitwise
  4. Perbandingan
  5. Hubungan

 

28. Operator yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand adalah… 

  1. Operator ternary
  2. Operator unary
  3. Operator bitwise
  4. Operator logika
  5. Salah semua

 

29. Operator logika && adalah… 

  1. Nand
  2. Or
  3. And
  4. Not and
  5. Nor

 

30. Operator pemberian nilai/penugasan/assignment adalah… 

  1. =
  2. ==
  3. !=
  4. <> 

 

31. Pernyataan a = 7 % 4 akan menghasilkan a = …

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

 

32. Perhatikan program berikut :

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

  int x;

  float y;

  x = +5;

  y = -2.5;

   cout << x << "," << y << ",";

  x = -5;

  y = +2.5;

   cout << x << "," << y << endl;

 return 0;

}

Hasil dari program diatas adalah... 

A.    5, -2.5, -5, 2.5

B.     +5, -2.5, -5, +2.5

C.     5, 2.5, 5, 2.5

D.    -5, 2.5, 5, -2.5

 

33. Perhatikan program berikut :

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

 int x = 10, y = 3;

         A

 int z;

   B

 z = x X y;

     C

 cout << x << “ X ” << y << “ = ” << z;

                    D

 cout << endl;

      E

 return 0;

}

 

Dari program diatas, manakah penulisannya yang tidak benar ? 

A.    A

B.     B

C.     C

D.    D

E.     E

 

34. Pada soal 16 apabila programnya benar dalam penulisannya, maka keluaran program di atas adalah...

  1. Perintah diatas akan menampilkan x X y = z
  2. Perintah diatas akan menampilkan 10 X 3 = 30
  3. Perintah diatas akan menampilkan x “ X ” y “ = ” z
  4. Perintah diatas akan menampilkan 10 “ X ” 3 “ = ” 30
  5. Perintah diatas akan menampilkan 30

 

35. Perhatikan program dan keluaran program berikut

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

cout << (1 && 1) << endl;

cout << (1 && 0) << endl;

cout << (0 && 0) << endl;

cout << (0 && 1) << endl;

cout << endl;

return 0

}

Hasil program secara berturut-turut akan menampilkan angka

1.      1, 1, 1, 1

2.      1, 0, 0, 0

3.      0, 1, 1, 1

4.      1, 1, 0, 1

 

Hasil program yang benar ditunjukkan oleh nomor... 

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.       semua salah

 

36. Perhatikan program berikut

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

cout << “!1 = ” << !1 << endl;

cout << “!0 = ” << !0 << endl;

return 0

}

Program diatas secara berturut-turut akan menghasilkan... [C6]

A.    !1 = 0 dan !0 = 1

B.     !1 dan !0

C.     1 dan 0

D.    0 dan 1

E.     Semua salah

 

37. Yang bukan merupakan tipe data composite adalah ….

A.      Image

B.      Date time

C.      Character

D.      Enumerasi

E.       Record

 

38.  Identifier adalah ….

A.      Tipe data

B.      Variabel

C.      Nama

D.      Nilai

E.       Konstanta

 

39. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelessaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….

A.      Algoritma

B.      Flowchart

C.      Variabel

D.      Tipe data

E.       Konstanta

 

40. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….

A.      Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah

B.      Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah

C.      Nilai dari suatu variabel

D.      Variabel yang selalu membutuhkan masukan/inputan dari user

E.       Variabel tetap/konstan

 

 

II. Soal Uraian :

 

1.      Pada bahasa pemrograman C++ ada dua jenis struktur yang digunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan, yaitu : if dan switch case. Jelaskan dari masing-masing tersebut disertai contoh script,

2.      Apakah yang dimaksud dengan Fungsi pada Pemrograman ? Jelaskan alasan penggunaan fungsi ? Bagaimana cara memanggil fungsi di dalam fungsi ?

3.      Jelaskan pengertian algoritma ! Apakah perbedaan antara Algoritma dan Pemrograman ?

4.      Buatlah algoritma dan flowchart untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya.

5.      Sebut dan jelaskan 3 jenis percabangan !