C1
RPL – PEMROGRAMAN DASAR
1. Tipe data
bahasa C++ untuk true false adalah…
- String
- Char
- Boolean
- Byte
- Real
2. Bilangan
yang mengandung pecahan, paling sedikit harus ada satu digit angka sebelum dan
sesudah titik decimal termasuk dalam tipe data…
- Riil
- Boolean
- Integer
- Longint
- Byte
3. Penulisan variabel dalam c++
bersifat case sensitive artinya…
- Huruf besar dan kecil
diperhitungkan
- Tanda spasi diperhitungkan
- Tanda spasi diubah dengan
underscore
- Tanda spasi diubah dengan tanda
strip (minus)
- Tanda spasi diubah dengan tanda
titik.
4. Tipe data yang cocok untuk menampung
nama siswa adalah…
- Char
- Int
- Boolean
- Real
- Byte
5. Pernyataan yang sesuai untuk
mendefinisikan Tipe data bilangan bulat adalah…
- Tipe data yang berfungsi
menampung data yang memiliki angka dibelakang koma
- Tipe data yang mempresentasikan
data yang hanya mengandung dua nilai
- Tipe data yang mempresentasikan
data berupa karakter
- Tipe data yang yang menyimpan
lebih dari satu variabel
- Tipe data yang digunakan untuk
angka yang tidak memiliki angka dibelakang koma
6, Kode program
untuk menyatakan tipe data bentukan yang menyimpan lebih dari satu variabel
bertipe sama maupun berbeda adalah…
- Struct
- Int
- Float
- Double
- Char
7. Pernyataan
yang sesuai untuk mendefinisikan tipe data enumerasi adalah…
- Tipe data yang berfungsi
menampung data yang memiliki angka dibelakang koma
- Tipe data yang mempresentasikan
data yang hanya mengandung dua nilai
- Tipe data bentukan yang
nilainya terbatas pada nilai-nilai yang telah ditentukan dan bersifat
pasti.
- Tipe data yang yang menyimpan
lebih dari satu variabel
- Tipe data yang digunakan untuk
angka yang tidak memiliki angka dibelakang koma
8. Berikut ini adalah tipe data dalam
c++…
- Int, float, char, double, const
- Int, float, char, double
- Float, double float, long int,
const
- Label, const, int, short int
- Void, main, char, double
9. Perhatikan
program berikut :
#include <iostream>
using namespace std;
int main (){
int x = 3.05;
cout << “Nilai x
adalah ” << x << endl;
return 0
}
Kode program
yang digaris bawahi terjadi error, seharusnya tipe data yang digunakan
adalah...
- char
- long int
- short int
- signed long int
- float
10. Berikut ini
adalah syarat pembuatan identifier yang harus kita perhatikan, kecuali…
- C++ bersifat case sensitive
- Tidak boleh diawali dengan
angka
- Tidak boleh mengandung spasi
- Tidak boleh menggunakan symbol
(!@#$%^&A*, dll)
- Harus menggunakan spasi
11. Penulisan kode program untuk
identifier yang benar adalah…
- long 1000;
- int !satu;
- float bilangan_riil;
- long break;
- double 2x;
12. Identifier
yang digunakan untuk mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan, dan
tidak dapat diubah saat program berjalan, disebut identifier…
- Konstanta
- Label
- Tipe
- Variabel
- Prosedur
13. Suatu
identifier yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu
proses, disebut…
- Variabel
- Tipe data
- Prosedur
- Deklarasi
- Array
14. Perhatikan
program berikut
#include <iostream>
Using namespace std;
Int main() {
Int x;
X = 3;
Cout << “Nilai x = ”
<< x << endl;
Return 0;
}
Hasil yang
diperoleh dari program diatas adalah…
- Nilai x = 3
- Nilai 3 = x
- Nilai x = x
- Nilai 3 = 3
- semua salah
15. Contoh bentuk deklarasi variabel
bertipe karakter yang benar adalah…
- Char return;
- Void main;
- Char panjang, a, huruf[30];
- Panjang char;
- semua salah
16. Pengertian
dari konstanta adalah…
- Suatu nilai yang dapat diubah
selama program berlangsung
- Suatu nilai yang tidak dapat
diubah selama program berlangsung
- Suatu nilai yang berubah-ubah
selama program berlangsung
- Suatu nilai yang tidak dapat
diubah meskipun program tidak berjalan.
- Suatu nilai yang tidak pernah
berubah meskipun program tidak berjalan
17. Statemen program
berikut ini salah, kecuali…
- Int return = 40;
- Cout >> count;
- */komentar/*
- Dua int=30;
- Float tiga_puluh;
18. Perhatikan program
berikut
#include <iostream>
Using namespace std;
Int main{
Int x, y, z = 20;
Cout << x << endl;
Cout << y << endl;
Cout << z << endl;
Return 0
}
Bagian yang
digaris bawahi berfungsi untuk...
- Memberi nilai x, y, z dengan
nilai 20
- Memberi nilai 20 pada z saja
- Membuat variabel global
- Semua jawaban salah
- Semua jawaban benar
19. Perhatikan program dan hasil program
berikut
#include <iostream>
using namespace std;
int contoh(){
static int A = 10;
A = A + 10;
return A;
}
int main(){
int x;
x = contoh();
cout << “Nilai
pemanggilan pertama adalah : ” << x << endl;
return 0;
}
Hasil
Program :
1. Nilai
pemanggilan pertama adalah: 10
2. Nilai
pemanggilan pertama adalah: A = 10
3. Nilai
pemanggilan pertama adalah: 10
4. Nilai
pemanggilan pertama adalah: 20
5. terjadi
error (kesalahan)
Terdapat
pada hasil program nomor berapakah yang sesuai dengan program diatas?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
20. Operator
merupakan symbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu
operasi atau manipulasi, berikut yang bukan merupakan penggunaan operator
adalah…
- Menjumlahkan dua nilai
- Memberikan nilai ke suatu
variabel
- Membandingkan kesamaan dua
nilai
- Menginputkan suatu nilai
- Semua jawaban benar
21. Yang bukan
termasuk jenis operator yaitu…
- increment
- aritmatika
- logika
- variabel
- bitwise
22. Operator logika yang menyatakan “atau”
dalam lambang berikut ini adalah…
- &&
- ||
- !
- <>
- =
23. Penggunaan
operator aritmatika yang benar dalam c++ yaitu…
- T = x + angka;
- T = x + angka
- Float x, X, z = 0;
- I++;
- While(i<=30);
24. Operator
untuk peningkatan nilai bertambah satu termasuk dalam operator…
- Unary
- Aritmatika
- Bitwise
- Perbandingan
- Hubungan
25. Fungsi dari
operator % sebagai…
- Pembagian 2 bilangan
- Membagi perseratus persen
- Prosentase 2 bilangan
- Mencari sisa pembagian 2
bilangan
- Prosentase bilangan
26. Yang
termasuk operator logika ingkaran adalah…
- !
- &&
- <>
- ||
- >=
27. Operator untuk peningkatan nilai
bertambah 1 termasuk dalam operator…
- Unary
- Aritmatika
- Bitwise
- Perbandingan
- Hubungan
28. Operator
yang digunakan dalam operasi yang melibatkan tiga buah operand adalah…
- Operator ternary
- Operator unary
- Operator bitwise
- Operator logika
- Salah
semua
29. Operator logika &&
adalah…
- Nand
- Or
- And
- Not and
- Nor
30. Operator
pemberian nilai/penugasan/assignment adalah…
- =
- ==
- !=
- <>
31. Pernyataan a
= 7 % 4 akan menghasilkan a = …
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
32. Perhatikan
program berikut :
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int x;
float y;
x = +5;
y = -2.5;
cout << x
<< "," << y << ",";
x = -5;
y = +2.5;
cout << x
<< "," << y << endl;
return 0;
}
Hasil dari
program diatas adalah...
A. 5, -2.5, -5,
2.5
B. +5, -2.5,
-5, +2.5
C. 5, 2.5, 5,
2.5
D. -5, 2.5, 5,
-2.5
33. Perhatikan program berikut :
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int x = 10, y = 3;
A
int z;
B
z = x X y;
C
cout << x
<< “ X ” << y << “ = ” << z;
D
cout << endl;
E
return 0;
}
Dari program
diatas, manakah penulisannya yang tidak benar ?
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
34. Pada soal 16
apabila programnya benar dalam penulisannya, maka keluaran program di atas
adalah...
- Perintah diatas akan
menampilkan x X y = z
- Perintah diatas akan
menampilkan 10 X 3 = 30
- Perintah diatas akan
menampilkan x “ X ” y “ = ” z
- Perintah diatas akan
menampilkan 10 “ X ” 3 “ = ” 30
- Perintah diatas akan
menampilkan 30
35. Perhatikan program dan keluaran program
berikut
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
cout << (1 &&
1) << endl;
cout << (1 &&
0) << endl;
cout << (0 &&
0) << endl;
cout << (0 &&
1) << endl;
cout << endl;
return 0
}
Hasil
program secara berturut-turut akan menampilkan angka
1. 1,
1, 1, 1
2. 1,
0, 0, 0
3. 0,
1, 1, 1
4. 1,
1, 0, 1
Hasil
program yang benar ditunjukkan oleh nomor...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. semua
salah
36. Perhatikan program berikut
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
cout << “!1 = ”
<< !1 << endl;
cout << “!0 = ”
<< !0 << endl;
return 0
}
Program
diatas secara berturut-turut akan menghasilkan... [C6]
A. !1 = 0 dan
!0 = 1
B. !1 dan !0
C. 1 dan 0
D. 0 dan 1
E. Semua salah
37. Yang bukan merupakan tipe data composite
adalah ….
A. Image
B. Date time
C. Character
D. Enumerasi
E. Record
38. Identifier adalah ….
A. Tipe data
B. Variabel
C. Nama
D. Nilai
E. Konstanta
39. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelessaikan masalah yang disusun
secara sistematis disebut ….
A. Algoritma
B. Flowchart
C. Variabel
D. Tipe data
E. Konstanta
40. Yang dimaksud dengan konstanta adalah ….
A. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan
bisa diubah-ubah
B. Variabel yang
nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
C. Nilai dari suatu variabel
D. Variabel yang selalu membutuhkan
masukan/inputan dari user
E. Variabel tetap/konstan
II. Soal Uraian :
1. Pada bahasa pemrograman C++ ada dua
jenis struktur yang digunakan untuk mengimplementasikan suatu percabangan,
yaitu : if dan switch case. Jelaskan dari masing-masing tersebut disertai
contoh script,
2. Apakah yang dimaksud dengan Fungsi pada
Pemrograman ? Jelaskan alasan penggunaan fungsi ? Bagaimana cara memanggil
fungsi di dalam fungsi ?
3. Jelaskan pengertian algoritma ! Apakah
perbedaan antara Algoritma dan Pemrograman ?
4. Buatlah
algoritma dan flowchart untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan,
apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya.
5. Sebut dan jelaskan 3 jenis percabangan !