SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Dasar-dasar
Pelayaran
IPK |
No. |
Ujian Utama |
Ujian Susulan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Melaksanakan
pengenalan isyarat bahaya serta tindakan dalam kondisi darurat |
1.
|
Alat isyarat meminta pertolongan ketika kita bertahan hidup di dalam
sekoci adalah “Parachute signal”. Langkah yang
tepat untuk penggunaan alat isyarat “ Parachute signal
” adalah …. A.
Membuka segel,
menarik tuas, dan mengarahkan ke atas B. Membuka segel, mengarahkan ke atas, menarik tuas C.
Membuka segel,
menarik tuas, mengkibas-kibaskan ke kiri kanan D.
Memegang
bagian bawah, menarik tuas, mengarahkan ke bawah E.
Memegang
bagian bawah, menarik tuas, melempar ke laut |
Alat isyarat meminta pertolongan ketika kita bertahan hidup di dalam
sekoci adalah “ Smoke signal”. Langkah yang
tepat untuk penggunaan alat isyarat “ Parachute signal
” adalah …. A.
Membuka
Tutup, menarik tuas, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air B.
Menarik tuas,
membuka Tutup, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air C.
Menarik tuas
klem, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air D.
Membuka Tutup,
tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air E.
Memegang
bagian bawah, menarik tuas, melempar ke laut |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Melaksanakan
prosedur meninggalkan kapal |
2.
|
KM. Alexandria mengalami tubrukan dengan gunung es dan mengalami
kebocoran parah. Kapten memerintahkan untuk “abandon
ship”. Prosedur yang benar untuk “abandon
ship” adalah …: A.
Memakai life
jacket, membawa makanan minuman, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci
terdekat B.
Memakai life
buoy, membawa barang pribadi, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci
terdekat C.
Mengenakan
pakaian sesedikit mungkin, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai
perintah ABK yang bertugas D. Mengenakan pakaian lengkap, mengenakan life
jacket, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang
bertugas E. Mengenakan pakaian anti air, mengenakan life buoy, menaiki sekoci
sesuai perintah ABK |
KM. Alexandria mengalami tubrukan dengan gunung es
dan mengalami kebocoran parah. Kapten memerintahkan untuk “abandon ship”. Prosedur yang benar untuk “abandon ship” adalah …: A.
Memakai life
jacket, membawa makanan minuman, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci
terdekat B.
Memakai life
buoy, membawa barang pribadi, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci
terdekat C.
Mengenakan
pakaian sesedikit mungkin, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai
perintah ABK yang bertugas D. Mengenakan pakaian lengkap, mengenakan life
jacket, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang
bertugas E.
Mengenakan
pakaian anti air, mengenakan life buoy, menaiki sekoci sesuai perintah ABK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menentukan
daerah perikanan dan sumberdaya ikan |
3.
|
Jadwal dinas jaga kapal yang benar sesuai dengan Peraturan Pencegahan
Tubrukan Kapal (P2TL) dan SOLAS 1974 adalah dilakukan selama 4 jam. Jadwal
yang benar adalah … A.
06.00 – 10.00
; 10.00 – 14.00 ; 14.00 - 18.00 ; 18.00 – 22.00 ; 22.00 – 02.00 ; 02.00 –
06.00 B.
09.00 – 13.00
; 13.00 – 17.00 ; 17.00 – 21.00 ; 21.00 – 01.00 ; 01.00 – 05.00 ; 05.00 –
09.00 C.
10.00 – 14.00
; 14.00 – 18.00 ; 18.00 – 22.00 ; 22.00 – 02.00 ; 02.00 – 06.00 ; 06.00 –
10.00 D.
11.00 – 15.00
; 15.00 – 19.00 ; 19.00 – 23.00 ; 23.00 – 03.00 ; 03.00 – 07.00 ; 07.00 –
11.00 E.
12.00 –
16.00 ; 16.00 – 20.00 ; 20.00 – 24.00 ; 24.00 – 04.00 ; 04.00 – 08.00 ; 08.00
– 12.00 |
Dinas jaga kapal yang benar sesuai dengan Peraturan
Pencegahan Tubrukan Kapal (P2TL) dan SOLAS 1974 adalah dilakukan dalam dalam 1 hari, masing-masing selama 4 jam.
berapa pergantian jam jaga dalam 1 hari… A. 2 kali pergantian B. 4 kali pergantian C. 6 kali pergantian D. 8 kali pergantian E. 10 kali pergantian |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Melaksanakan
ILO convention, STCW dan STCW-F |
4.
|
Peta daerah pendugaan daerah penangkapan Ikan tersebut dapat diambil
kesimpulan, pada Bulan Februari sd April ... A.
Perairan
Maluku merupakan penghasil ikan pelagis besar B.
Perairan
Maluku merupakan penghasil ikan pelagis kecil C.
Pada bulan
Februari sd April, Ikan pelagis paling banyak ditemukan D.
Pada
bulan Februari sd April, bulan April merupakan puncak musim ikan Pelagis E.
Pada bulan
Februari sd April, ikan Pelagis Besar menjauh dari Pulau maluku |
Peta daerah pendugaan daerah penangkapan Ikan tersebut dapat diambil
kesimpulan, pada Bulan April 2014 ... A.
Merupakan
puncak musim ikan Pelagis kecil B.
Perairan
Maluku merupakan penghasil ikan pelagis kecil C.
Merupakan
puncak musim ikan Pelagis besar D.
Merupakan
puncak musim ikan Pelagis kecil dan besar E.
Perairan
Maluku merupakan penghasil ikan pelagis besar |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Melaksanakan
pencegahan pencemaran laut dan serta bahan bahan penyebab pencemaran sesuai
MARPOL 1973/1978 |
5.
|
Aturan Marine Pollution (MARPOL) annex ke 5 mengatur tentang
pencegahan polusi laut dari sampah yang berasal dari kapal. Tindakan yang sesuai dengan aturan tresebut
adalah … A.
Mengumpulkan
semua sampah di satu tempat B. Mengumpulkan semua sampah sesuai macamnya C.
Membakar semua
sampah D.
Menenggelamkan
sampah E.
Mendaur ulang
sampah |
Aturan Marine Pollution (MARPOL) annex ke I mengatur
tentang Peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran Minyak dari kapal .
Tindakan yang sesuai dengan aturan tresebut adalah … A. Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak
dan air di Kamar Mesin agar tidak terbuang ke laut B. Membuang sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin
ke laut C. Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin
kemudian dibuang ke laut D. Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar
Mesin kemudian dibuang ke laut E.
Membakar
sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan
komando/perintah dalam bahasa Inggris di kapal |
6.
|
Captain : “ Helmsman,
change course 040 to starboard !” Helmsman : “ Yes Captain,
change course 040 to starboard “ What do the helmsman do ? A.
Take course to
40 B.
Take course in
40 C.
Take the
course in starboard for 40 D.
Turn the ship
to left 40 E.
Turn
the ship to right 40 |
Captain : “ Helmsman, change course 050 to portside !” Helmsman : “ Yes Captain, change course 050 to portside “ What do the helmsman do ? A. Take course to 50 B. Take course in 50 C. Take the course in
starboard for 50 D. Turn
the ship to left 50 E. Turn the ship to right 50 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menganalisis
arti istilah istilah dalam komunikasi
di kapal dalam bahasa Inggris |
7.
|
When the ship need medical
assistant, what is the proper communication with other ? A.
Need : “ We need doctor” B. Request :
“ We need medical assistant” C.
Question :
“Dou you have doctor ?” D.
Repeat : “ Do you have medical assistant” E.
Warning : “Do you need medical assistant” |
When the ship need doctor, what is the proper communication with other
? A. Need : “ We need doctor” B. Warning : “Do you need doctor” C. Question : “Dou you have
doctor ?” D. Repeat : “ Do you have doctor” E. Request : “ We need doctor” |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menerapkan
ukuran pokok kapal secara vertikal |
8.
|
Seorang ABK diminta
melakukan pengukuran terhadap ukuran kapal KM. Lestari. Hasilnya adalah
sebagai berikut :
Dari data diatas hitunglah
Draft dari kapal KM. Lestari tersebut. A.
9 m B.
12 m C. 19 m D.
29 m E.
65 m |
Seorang ABK diminta melakukan pengukuran terhadap ukuran kapal KM.
Bestari. Hasilnya adalah sebagai berikut:
Dari data diatas hitunglah Draft dari kapal KM. Bestari tersebut. A. 5 m B. 15 m C. 20 m D. 21 m E. 31 m |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menghitung
daftar trim dan stabilitas kapal |
9.
|
Kapal KM. Baruna pada
tanggal 07 Juli 2018 pukul 06.00 wib diukur draft depan 3,5 meter, draft
tengah 4,1 meter, dan draft belakang 5,2 meter. Berapakah trim kapal tersebut ? A.
0,6 meter B.
1,1 meter C. 1,7 meter D.
7,6 meter E.
8,7 meter |
Kapal KM. Buana pada tanggal 09 Juli 2018 pukul 08.00 wib diukur draft
depan 2,5 meter, draft tengah 3,2 meter, dan draft belakang 4,1 meter. Berapakah trim kapal tersebut ? A. 0,7 meter B. 0,9 meter C. 1,7 meter D. 1,6
meter E. 6,6 meter |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mendiagnosis
penyebab kondisi kapal yang terganggu stabilitas dan kondisi trim nya |
10.
|
Kapal KM. Jaya mengalami hal sebagai berikut : Stabilitas
kapal positif,
Olengan kapal cepat dan
menyentak-nyentak. Bagaimanakah cara menangani
kondisi kapal tersebut ? A.
Memindahkan
muatan dari atas ke
bawah agar letak titik
G bertambah keatas sehingga GM bertambah besar. B. Memindahkan muatan dari bawah
ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga GM bertambah kecil. C.
Menggeser
muatan ke lambung kanan kapal D.
Menggeser
muatan ke lambung kiri kapal E.
Menambahkan
isi muatan kapal |
Kapal KM. Inti mengalami hal sebagai berikut : Stabilitas
kapal Netral,
Olengan kapal tidak kembali ke posisi semula akibat pengaruh ombak. Bagaimanakah cara menangani kondisi kapal tersebut ? A.
Memindahkan muatan dari atas ke bawah, atau titik G berada dibawah titik M. B.
Memindahkan
muatan dari bawah ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga M
bertambah kecil. C.
Memindahkan
muatan dari belakang ke
depan agar letak titik
G bertambah keatas sehingga M bertambah kecil. D.
Memindahkan
muatan dari bawah ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga M
bertambah kecil. E.
Menambahkan
isi muatan kapal |