soal kisi pelayaran

 

SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Mata Pelajaran            : Dasar-dasar Pelayaran

 

IPK

No.

Ujian Utama

Ujian Susulan

Melaksanakan pengenalan isyarat bahaya serta tindakan dalam kondisi darurat

1.                   

Alat isyarat meminta pertolongan ketika kita bertahan hidup di dalam sekoci adalah “Parachute signal”. Langkah yang tepat untuk penggunaan alat isyarat “ Parachute signal ” adalah ….

A.    Membuka segel, menarik tuas, dan mengarahkan ke atas

B.     Membuka segel, mengarahkan ke atas, menarik tuas

C.     Membuka segel, menarik tuas, mengkibas-kibaskan ke kiri kanan

D.    Memegang bagian bawah, menarik tuas, mengarahkan ke bawah

E.     Memegang bagian bawah, menarik tuas, melempar ke laut

 

Alat isyarat meminta pertolongan ketika kita bertahan hidup di dalam sekoci adalah “ Smoke signal”. Langkah yang tepat untuk penggunaan alat isyarat “ Parachute signal ” adalah ….

A.    Membuka Tutup, menarik tuas, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air

B.    Menarik tuas, membuka Tutup, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air

C.    Menarik tuas klem, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air

D.    Membuka Tutup, tunggu asapnya keluar dan lemparkan ke air

E.     Memegang bagian bawah, menarik tuas, melempar ke laut

Melaksanakan prosedur meninggalkan kapal

2.                   

KM. Alexandria mengalami tubrukan dengan gunung es dan mengalami kebocoran parah. Kapten memerintahkan untuk “abandon ship”. Prosedur yang benar untuk “abandon ship” adalah …:

A.    Memakai life jacket, membawa makanan minuman, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci terdekat

B.     Memakai life buoy, membawa barang pribadi, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci terdekat

C.     Mengenakan pakaian sesedikit mungkin, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang bertugas

D.    Mengenakan pakaian lengkap, mengenakan life jacket, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang bertugas

E.     Mengenakan pakaian anti air, mengenakan life buoy, menaiki sekoci sesuai perintah ABK      

 

KM. Alexandria mengalami tubrukan dengan gunung es dan mengalami kebocoran parah. Kapten memerintahkan untuk “abandon ship”. Prosedur yang benar untuk “abandon ship” adalah …:

A.    Memakai life jacket, membawa makanan minuman, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci terdekat

B.    Memakai life buoy, membawa barang pribadi, menuju titik berkumpul, naik ke dalam sekoci terdekat

C.    Mengenakan pakaian sesedikit mungkin, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang bertugas

D.    Mengenakan pakaian lengkap, mengenakan life jacket, menuju titik berkumpul, menaiki sekoci sesuai perintah ABK yang bertugas

E.     Mengenakan pakaian anti air, mengenakan life buoy, menaiki sekoci sesuai perintah ABK

Menentukan daerah perikanan dan sumberdaya ikan

3.                   

Jadwal dinas jaga kapal yang benar sesuai dengan Peraturan Pencegahan Tubrukan Kapal (P2TL) dan SOLAS 1974 adalah dilakukan selama 4 jam. Jadwal yang benar adalah …

A.    06.00 – 10.00 ; 10.00 – 14.00 ; 14.00 - 18.00 ; 18.00 – 22.00 ; 22.00 – 02.00 ; 02.00 – 06.00

B.     09.00 – 13.00 ; 13.00 – 17.00 ; 17.00 – 21.00 ; 21.00 – 01.00 ; 01.00 – 05.00 ; 05.00 – 09.00

C.     10.00 – 14.00 ; 14.00 – 18.00 ; 18.00 – 22.00 ; 22.00 – 02.00 ; 02.00 – 06.00 ; 06.00 – 10.00

D.    11.00 – 15.00 ; 15.00 – 19.00 ; 19.00 – 23.00 ; 23.00 – 03.00 ; 03.00 – 07.00 ; 07.00 – 11.00

E.     12.00 – 16.00 ; 16.00 – 20.00 ; 20.00 – 24.00 ; 24.00 – 04.00 ; 04.00 – 08.00 ; 08.00 – 12.00

 

Dinas jaga kapal yang benar sesuai dengan Peraturan Pencegahan Tubrukan Kapal (P2TL) dan SOLAS 1974 adalah dilakukan dalam  dalam 1 hari, masing-masing selama 4 jam. berapa pergantian jam jaga dalam 1 hari…

A. 2 kali pergantian

B. 4 kali pergantian

C. 6 kali pergantian

D. 8 kali pergantian

E. 10 kali pergantian

 

Melaksanakan ILO convention, STCW dan STCW-F

4.                   

Peta daerah pendugaan daerah penangkapan Ikan tersebut dapat diambil kesimpulan, pada Bulan Februari sd April ...

A.    Perairan Maluku merupakan penghasil ikan pelagis besar

B.     Perairan Maluku merupakan penghasil ikan pelagis kecil

C.     Pada bulan Februari sd April, Ikan pelagis paling banyak ditemukan

D.    Pada bulan Februari sd April, bulan April merupakan puncak musim ikan Pelagis

E.     Pada bulan Februari sd April, ikan Pelagis Besar menjauh dari Pulau maluku

 

Peta daerah pendugaan daerah penangkapan Ikan tersebut dapat diambil kesimpulan, pada Bulan April 2014 ...

A.    Merupakan puncak musim ikan Pelagis kecil

B.    Perairan Maluku merupakan penghasil ikan pelagis kecil

C.    Merupakan puncak musim ikan Pelagis besar

D.    Merupakan puncak musim ikan Pelagis kecil dan besar

E.     Perairan Maluku merupakan penghasil ikan pelagis besar

Melaksanakan pencegahan pencemaran laut dan serta bahan bahan penyebab pencemaran sesuai MARPOL 1973/1978

5.                   

Aturan Marine Pollution (MARPOL) annex ke 5 mengatur tentang pencegahan polusi laut dari sampah yang berasal dari kapal.  Tindakan yang sesuai dengan aturan tresebut adalah …

A.    Mengumpulkan semua sampah di satu tempat

B.     Mengumpulkan semua sampah sesuai macamnya

C.     Membakar semua sampah

D.    Menenggelamkan sampah

E.     Mendaur ulang sampah

 

Aturan Marine Pollution (MARPOL) annex ke I mengatur tentang Peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran Minyak dari kapal . Tindakan yang sesuai dengan aturan tresebut adalah …

A.  Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin agar tidak terbuang ke laut

B.  Membuang sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin ke laut

C.  Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin kemudian dibuang ke laut

D.  Menampung sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin kemudian dibuang ke laut

E.   Membakar sisa-sisa minyak serta campuran minyak dan air di Kamar Mesin

 

Menerapkan komando/perintah dalam bahasa Inggris di kapal

6.                   

Captain : “ Helmsman, change course 040 to starboard !”

Helmsman : “ Yes Captain, change course 040 to starboard “

What do the helmsman do ?

A.    Take course to 40

B.     Take course in 40

C.     Take the course in starboard for 40

D.    Turn the ship to left 40

E.     Turn the ship to right 40

 

Captain : “ Helmsman, change course 050 to portside !”

Helmsman : “ Yes Captain, change course 050 to portside “

What do the helmsman do ?

A. Take course to 50

B. Take course in 50

C. Take the course in starboard for 50

D. Turn the ship to left 50

E. Turn the ship to right 50

 

Menganalisis arti istilah istilah  dalam komunikasi di kapal dalam bahasa Inggris

7.                   

When the ship need medical assistant, what is the proper communication with other ?

A.    Need       : “ We need doctor”

B.     Request  : “ We need medical assistant”

C.     Question : “Dou you have doctor ?”

D.    Repeat   : “ Do you have medical assistant”

E.     Warning  : “Do you need medical assistant”

 

When the ship need doctor, what is the proper communication with other ?

A. Need       : “ We need doctor”

B. Warning  : “Do you need doctor”

C. Question : “Dou you have doctor ?”

D. Repeat   : “ Do you have doctor”

E. Request  : “ We need doctor”

 

Menerapkan ukuran pokok kapal secara vertikal

8.                   

Seorang ABK diminta melakukan pengukuran terhadap ukuran kapal KM. Lestari. Hasilnya adalah sebagai berikut :

 

No

Ukuran

Panjang

1

LOA

110 m

2

LOWL

98 m

3

LBP

89 m

4

Depth

24 m

5

Free Board

5 m

 

Dari data diatas hitunglah Draft dari kapal KM. Lestari tersebut.

A.    9 m

B.     12 m

C.    19 m

D.    29 m

E.     65 m

 

Seorang ABK diminta melakukan pengukuran terhadap ukuran kapal KM. Bestari. Hasilnya adalah sebagai berikut:

 

No

Ukuran

Panjang

1

LOA

115 m

2

LOWL

100 m

3

LBP

95 m

4

Depth

26 m

5

Free Board

5 m

 

Dari data diatas hitunglah Draft dari kapal KM. Bestari tersebut.

A.   5 m

B. 15 m

C. 20 m

D. 21 m

E. 31 m

 

Menghitung daftar trim dan stabilitas kapal

9.                   

Kapal KM. Baruna pada tanggal 07 Juli 2018 pukul 06.00 wib diukur draft depan 3,5 meter, draft tengah 4,1 meter, dan draft belakang 5,2 meter.  Berapakah trim kapal tersebut ?

A.    0,6 meter

B.     1,1 meter

C.    1,7 meter

D.    7,6 meter

E.     8,7 meter

Kapal KM. Buana pada tanggal 09 Juli 2018 pukul 08.00 wib diukur draft depan 2,5 meter, draft tengah 3,2 meter, dan draft belakang 4,1 meter.  Berapakah trim kapal tersebut ?

A. 0,7 meter

B. 0,9 meter

C. 1,7 meter

D. 1,6 meter

E. 6,6 meter

 

Mendiagnosis penyebab kondisi kapal yang terganggu stabilitas dan kondisi trim nya

10.               

Kapal KM. Jaya mengalami hal sebagai berikut : Stabilitas kapal positif, Olengan kapal cepat dan menyentak-nyentak.

Bagaimanakah cara menangani kondisi kapal tersebut ?

A.  Memindahkan muatan dari atas ke bawah agar letak titik G bertambah keatas sehingga GM bertambah besar.

B.   Memindahkan muatan dari bawah ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga GM bertambah kecil.

C.   Menggeser muatan ke lambung kanan kapal

D.  Menggeser muatan ke lambung kiri kapal

E.   Menambahkan isi muatan kapal

 

Kapal KM. Inti mengalami hal sebagai berikut : Stabilitas kapal Netral, Olengan kapal tidak kembali ke posisi semula akibat pengaruh ombak. 

Bagaimanakah cara menangani kondisi kapal tersebut ?

A.    Memindahkan muatan dari atas ke bawah, atau titik G berada dibawah titik M.

B.    Memindahkan muatan dari bawah ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga M bertambah kecil.

C.    Memindahkan muatan dari belakang ke depan agar letak titik G bertambah keatas sehingga M bertambah kecil.

D.    Memindahkan muatan dari bawah ke atas agar letak titik G bertambah keatas sehingga M bertambah kecil.

E.     Menambahkan isi muatan kapal