soal pemprograman dasar

1.    Berikut ini merupakan definisi dari Algoritma, kecuali ...

A.    Urutan langkah-langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika

B.     Urutan langkah-langkah tak berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika

C.     Logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan

D.    Urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah

E.     Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah secara sistematis

2.    Dalam penyusunan algoritma yang perlu diperhatikan bagian-bagian dibawah ini,  kecuali ….

A.     Proses     

B.     Keluaran

C.    Masukan

D.    Hasil akhir

E.     Variabel

3.    Simbol flowchart yang berfungsi sebagai penunjuk proses subprogram disebut ….

A.     Input

B.     Process

C.    Decision

D.    Terminator

E.     Predefined process

4.    Operator relasional (perbandingan) yang digunakan untuk menggambarkan nilai pertama lebih besar atau sama dengan nilai kedua adalah ….

A. < >

B. < = 

C. > =

D. >

E. <

 

5.    Terdapat algoritma dibawah ini :

 

a)      Masukkan jari-jari (R)

b)      Hitung : luas (LS) = 3.14*R*R

c)      Hitung : keliling (KEL) = 2 * 3.14*R

d)     Cetak LS, KEL

 

            Langkah “C” termasuk bagian  …. dalam penyusunan algoritma

A.    input

B.    variabel

C.    proses

D.    konstanta

E.     Output

6.    Dalam  flowchart simbol yang  digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir,penambahan / pengurangan bagi suatu variable counter adalah …

A.    terminator 

B.     decision   

C.     data

D.    manual operation 

E.     preparation

 

7.    Variabel yang memuat satu karakter disebut ….

A.    Real

B.    Char

C.    String

D.    Integer

E.     Array

8.    Percabngan 2 kondisi memberikan operasi-operasi khusus pada kondisi yang tidak dipenuhi seperti  Algoritma Dalam Bahasa Pseudocode Berikut :

Var :

            nilai_siswa : integer

Pseudocode

read (nilai siswa )

IF nilai siswa > 75 THEN

write ( tergolong baik )

ELSE

write ( tergolong cukup)

 

Untuk menghasilkan tulisan tergolong baik atau tergolong  cukup ,akan terjadi                Jika …

A.    nilai siswa ( 0 – 100 ) ≥ 75 Tergolong Baik

B.     nilai siswa ( 0 – 100 ) ≤ 75 Tergolong Baik

C.     nilai siswa ( 0 – 100 ) > 75 Tergolong Cukup

D.    nilai siswa ( 0 – 100 ) ≥ 75 Tergolong Cukup

E.     nilai siswa ( 0 – 100 ) ≤ 75 Tergolong Cukup

 

9.    Pada algoritma ada kalanya suatu pernyataan atau perintah hanya bisa dilakukan bila memenuhi suatu kondisi atau persyaratan tertentu. Algoritma ini kita sebut dengan algoritma seleksi kondisi atau juga percabangan. Perhatikan Algoritma Berikut :

Apabila warna putih maka jadi merah. Apabila warna merah  maka jadi hijau, selain warna merah dan hijau maka jadi kuning. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi kuning

 

Maka struktur percabangan yang tepat diterapkan pada algoritma tersebut  adalah:

A.  Struktur percabangan 1 kondisi

B.  struktur percabangan 2 kondisi 

C.  struktur percabangan 2 kondisi  atau lebih

D.  struktur percabangan bersarang

E.   struktur perulangan dengan kondisi diawal

 

10. Apabila a=5, b = 10, maka jika diberikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan ….

A.    a>b                         

B.     a=10, b=10

C.     a=0 , b=5                

D.    a=10 , b=0

E.     a=10, b=5

11. Perhatikan algoritma pengulangan  dibawah ini :

1.       i ß 1 .

2.      Selama (i < 100) kerjakan baris 3 sampai dengan 4.

3.      Tulis i.

4.      i  ß  i + 2.

5.      Selesai.

Hasil Algoritma tersebuat adalah

A.    1,2,3…100

B.     3,5,7…100

C.     3,5,7…99

D.    1,3,5…100

E.     1,3,5…99

12. Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah ….

A.    10

B.     Kosong

C.     15

D.    10 atau 15

E.     10 dan 15

13. Hasil perhitungan : 3 + 10 / 5 * 3

A.    9

B.     18

C.     36

D.    4

E.     10

14. Hasil perhitungan : 18 div 2 - 4 * 2

  1. 18
  2. 10
  3. 2
  4. 1
  5. 4

15. Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 sampai dengan100 secara menurun

 

A.    For (i=0;i<=100;i--)

Output (“nilai”,i)

 

B.       while (i=1;i<100;i--)

Output (“nilai”,i)

C.       For (i=1;i<=100;i--)

Output (“nilai”,i)

 

D.      For (i=1;i<99;i--)

Output (“nilai”,i)

 

E.       do i=100;

while i<100;

i--;

Slide1Output (“nilai”,i)

 

 

16. Perhatikan algoritma berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut ini adalah nilai n yang menghasilkan nilai j= 4, kecuali

A.    8

B.     10

C.     12

D.    15

E.     16

 

17. Perhatikan Gambaran tentang konsep array seperti strukur data berikut ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTR-vIYrGHrR8Iref-bKFHdmlLTN_6lpzjclYQI72TrW1jnFY3YvgwxjSxqVwWMkIvzJGWqjLpmEWMylYF-dGiVCVVEOXaLTxC9t86-Q7GHdGz3NLshdj_4MPUuDp9Ae1zIbAhbUAVdUuF/s1600/arrray.JPG

Penjelasan yang tepat mengenai gambar di atas adalah:

1.      Indeks adalah sebuah angka yang menyatakan urutan sebuah elemen pada suatu variabel array

2.      Nomor indeks variabel array harus dimulai dari 0 (nol),

3.      nomor indeks bagi elemen terakhir sebesar (N-1), dimana N adalah jumlah total data.

4.      Untuk mengakses dapat dilakukan setiap elemen dalam variabel array dengan mengacu pada nomor indeksnya.

5.      Sebuah variabel array adalah sejumlah variabel yang sama  dengan nama yang sama tetapi memiliki nomor indeks yang unik untuk membedakan setiap variabel tersebut.

A.    1,2,3

B.     1,3,4

C.     2,4,5

D.    1,2,4

E.     3,4,5

 

18.      Operator AND akan menghasikan nilai TRUE jika .....

A.    Salah satu operand bernilai TRUE

B.     Salah satu operand bernilai FALSE

C.     Kedua operand bernilai TRUE

D.    Kedua operand bernilai FALSE

E.     Kedua operand bernilai NULL

 

19. Perhatikan  program berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBLD8K6dsO0bVe31MS5TZMDpZM2vP74cAw48sZGdNBq2x8iLhPNuiAXQfLFLabEE7YibYQiEs3KSFaYDRp486kND2_cj85tQWkiXCkP-FHXynbzeF99Z8MGQp2bRxVfAoZ6ck8lY6Ys0s/s1600/1.png

Berdasarkan  program tersebut yang dimaksud dengan Parameter actual adalah

A. variable yang berupa parameter yang ada dalam definisi fungsi saat dideklarasikan.

B.  variable yang bisa berupa parameter atau konstanta yang dipakai saat pemanggilan fungsi.

C.  Parameter yang terdapat pada pendefenisian suatu fungsi,

D. Parameter yang terdapat pada saat pemanggilan

E.  Parameter yang berupa variable yang ada dalam definisi fungsi saat dideklarasikan

 

20. Diberikan algoritma :

Apabila a > 0 maka b = a, apabila a < 0 maka b = 0,

        apabila a = 0 maka b = a+b

 

Apabila nilai a = 0 dan b = 7 maka nilai b setelah menjalankan algoritma adalah

A.    0                              

B.     14

C.     2

D.    10

E.     7

 

21. Berikut ini adalah penulisan identifier yang benar dalam pemrograman pascal adalah...

 

A.   PROGRAM SATU

B.   9PROGRAM_SATU

C.   PROGRAM_SATU

D.   PROGRAM 1

E.   SATU_PROGRAM

 

22.  

 

  1. Masukkan nilai X dan Y
  2. Proses hitung : P = X + Y
  3. Jika P >= 0, maka Q = X * Y, ke langkah 5
  4. Jika tidak, maka Q = X div Y
  5. Cetak hasil Q
  6. Selesai

 

Jumlah variabel input adalah ….

A.    1

B.    2

C.    3

D.    4

E.     5

 

23.  

1.        Masukkan nilai X dan Y

2.        Proses hitung : P = X + Y

3.        Jika P >= 0, maka Q = X * Y, ke langkah 5

4.        Jika tidak, maka Q = X div Y

5.        Cetak hasil Q

6.        Selesai

 

Jumlah variabel output adalah ….

A.    1

B.    2

C.    3

D.    4

E.     5

 

24.  

  1. Masukkan nilai X dan Y
  2. Proses hitung : P = X + Y
  3. Jika P >= 0, maka Q = X * Y, ke langkah 5
  4. Jika tidak, maka Q = X div Y
  5. Cetak hasil Q
  6. Selesai

 

Jika X = 10 dan Y = 5 maka nilai P ….

A.    2

B.    15

C.    5

D.    50

E.     10

 

25.  

Dengan menggunakan loop,suatu proses yang berulang  dapat di impelementasikan  dengan kode program yang pendek. Berikut  ini merupakan progran C++ yang  mengurutkan  bilangan dari 1 sampai 20 adalah :

A.  #include<iostream.h>

#include<conio.h>

void main(){

int a;

for(a=1;a<=20;a++){

cout<<a;

cout<<" ";

}

getch();

}

B.  #include<iostream.h>

#include<conio.h>

void main(){

int a;

for(a=1;a<=20;a+){

cout<<a;

cout<<" ";

}

getch();

}

C.   #include<iostream.h>

#include<conio.h>

void main(){

clrscr();

float b;

b=2;

do{

cout<<b<<endl;

b+=2;

}

while(b<=20);

getch();

}

D.   #include<iostream.h>

#include<conio.h>

void main(){

clrscr();

float b;

b=2;

do{

cout<<b<<endl;

b++=2;

}

while(b<=20);

getch();

}

E.    #include<iostream.h>

#include<conio.h>

void main(){

clrscr();

float b;

b=1;

do{

cout<<b<<" ";

b+=2;

}

while(b<=20);

getch();

}

 

 

 

26. Bilangan  yang  mengandung pecahan, paling sedikit  harus ada satu digit  sebelum dan sesudah titik  desimal termasuk dalam tipe data...

  1. Real
  2. Integer
  3. Char
  4. String
  5. Description: http://catatansianaksipil.files.wordpress.com/2010/11/71.jpgBoolean

27. Harga awal X adalah ….

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

28. Harga X dicetak sebanyak .... kali

A.    1

B.    2

C.    3

D.    4

E.     5

29. Jika x = x + 1 diganti x = x + 2 maka

harga X dicetak sebanyak ... kali

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

30. Variabel input yang diperlukan adalah ….

  1. x
  2. y
  3. p
  4. x dan y
  5. p dan q

 

31. Variabel output yang diperlukan adalah ….

A.    X

B.     Y

C.     Q

D.    x dan y

E.     p dan q

 

32. Jika input dari x = 4 dan y = 5 maka hasil dari P adalah ….

  1. 4
  2. 5
  3. 9
  4. 20
  5. 0

33. Jika input dari x = - 4 dan y = 2 maka hasil dari P adalah ….

    1. – 1
    2. 2
    3. – 4
    4. – 8
    5. – 2

 

34. Simbol yang berfungsi sebagai awal flowchart disebut ….

  1. Input
  2. Output
  3. Proses
  4. Terminal
  5. Decision

 

35. Simbol yang berfungsi sebagai simbol pilihan disebut ….

  1. Input
  2. Output
  3. Proses
  4. Terminal
  5. Decision

36. Logika perulangan yang digunakan jika banyaknya pengulangan sudah didefinisikan pada awal insialisasi adalah ….

  1. For .. Do ascending
  2. For … Do descending
  3. Repeat …until
  4. While  ….Do
  5. Until …. Repeat

37. Simbol yang berfungsi sebagai simbol pilihan disebut ….

  1. Input
  2. Output
  3. Proses
  4. Terminal
  5. Decision

 

38. File menu yang digunakan untuk mencari atau perintah yang tertulis pada program yang sedang dikerjakan adalah ….

  1. File – change dir
  2. File – New
  3. Search – Find
  4. Edit – Copy to windows
  5. Edit – paste for Windows

 

39. Ekspresi yang tidak dapat dilakukan oleh tipe data real adalah ….

  1. a := a + b
  2. a := a - b
  3. a := a / b
  4. a := a mod b
  5. a := a * b

 

40. fungsi dalam pemrograman C++ dapat di deklarasikan dengan menggunakan sintaks berikut ini:

1

2

3

4

5

6

7

tipe nama_fungsi (tipe parameter1, tipe parameter2, ...,tipe parameterN){

 

//Kode fungsi yang akan dijalankan

 

return kembalian;

 

}

Penjelaskan yang tepat mengenai program tersebut adalah

1. Suatu fungsi jelas memiliki tipe.

2. Tipe suatu fungsi tidak menentukan nilai kembalian dari fungsi tersebut.

3. Nama_fungsi merupakan pengenal suatu fungsi.

4. Variabel merupakan Parameter penampung input suatu fungsi.

5. Return merupakan instruksi yang berguna mengembalikan hasil kerja suatu fungsi, untuk dapat digunakan di dunia luar (fungsi main).

A.    1,2

B.     2,3

C.     3,4

D.    4,5

E.     3,5

 

 

 

 

 

Soal Essay

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan string ?

2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan pointer

3.      Sebutkan dan jelaskan kategori fungsi

4.      Apa yang dimaksud dengan inisialisasi array !

5.      Sebutkan dan jelaskan 3 macam-macam fungsi manipulasi string?