SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Dasar-dasar Tata
Boga
IPK |
No. |
Ujian
Utama |
Ujian
Susulan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan
ruang lingkup hygiene/sanitasi |
1.
|
Yang termasuk dalam ruang lingkup “Personal Hygiene” adalah…. A. Kebersihan diri, Kebersihan pakaian, Kerapihan
diri B.
Kebersihan
tempat kerja, kebersihan lingkungan, kebersihan makanan C.
Kebersihan
diri, kebersihan tempat kerja, kebersihan makanan D.
Kebersihan
tempat tinggal,kebersihan diri, kebersihan makanan E.
Kerapihan
berpakaian, kebersihan tempat kerja, kebersihan makanan |
Yang termasuk dalam ruang lingkup sanitasi adalah…. A.
Kebersihan
tempat kerja dan lingkungan sekitar tempat kerja B.
Kebersihan
makanan dan kebersihan diri C.
Kebersihan
diri dan kebersihan tempat kerja D.
Kebersihan
makanan dan kebersihan pakaian E.
Etos kerja dan
Budaya kerja |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menentukan penyebab keracunan dilihat dari gejalanya |
2.
|
Bila terjadi gejala keracunan makanan
berupa kelumpuhan otot-otot tubuh karena adanya racun terhadap saraf maka hal
tersebut kemungkinan disebabkan oleh bakteri…. A.
Campylobacter. B.
Salmonella C.
Listeria D.
Clotridium
botulinum E.
E.Coli |
Bila terjadi gejala keracunan makanan berupa sakit perut, diare atau buang-buang air besar maka hal tersebut kemungkinan disebabkan
oleh bakteri…. A.
Salmonella
B.
Listeria C.
Clostridium
botulinum D. E.Coli E.
Campylobacter |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengklasifikasi potongan daging untuk pengolahan hidangan |
3.
|
Gambar berikut adalah potongan daging dari bagian T-Bone, bagian ini
sangat cocok untuk hidangan…. A.
Rendang B.
Semur C. Steak D.
Bakso E.
Rawon |
Gambar
berikut adalah potongan daging dari bagian Tenderloin
, bagian ini
sangat cocok untuk hidangan…. A.
Rawon B.
Rendang C.
Bakso D.
Sosis E. Steak |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menentukan
teknik pengolahan makanan panas basah/kering |
4.
|
Pada saat pembuatan kaldu kita
harus memperhatikan teknik pengolahan yang tepat agar dihasilkan kadu
yang memiliki cita rasa yang kuat oleh karena itu pada saat pengolahan kaldu
harus menggunakan jumlah cairan yang tepat dan direbus secara perlahan
dengan api kecil. Teknik ini termasuk
dalam teknik pengolahan panas basah yaitu…. A. Simmering B.
Steaming C.
Poaching D.
Braising E.
Stewing |
Pada saat menggoreng kentang (French
fries potatoes) kita
harus memperhatikan teknik pengolahan yang tepat agar dihasilkan kentang goreng
yang matang dan renyah oleh karena itu pada saat menggoreng
kentang harus menggunakan minyak banyak
sehingga bahan makanan terendam dalam minyak dan menggunakan panas api sedang
. Teknik ini termasuk dalam
teknik pengolahan panas kering yaitu…. A. Deep frying B.
Shallow frying C.
Sauting D.
Stewing E.
Simmering |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memilih
jenis lipatan daun yang tepat untuk hidangan tertentu |
5.
|
Hidangan manakah yang umumnya
menggunakan wadah dari lipatan daun seperti gambar di bawah ini A.
Klepon, cenil B.
Kerak telur,
kue dongkal C.
Kue bugis,
lemper D.
Risoles,
lumpia E. Bubur sumsum, bubur biji salak |
Hidangan manakah yang umumnya
menggunakan wadah dari lipatan daun seperti gambar di bawah ini A. Klepon, cenil B.
Aug-aug, kue
dongkal C.
Kue bugis,
lemper D.
Bubur sumsum,
bubur merah putih E.
Putri mandi,
putu mayang |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menentukan
Daftar Komposisi Bahan Makanan untuk menghitung zat gizi |
6.
|
Dalam tabel yang tercantum dalam Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM)
diperoleh data sebagai berikut : 100 gram tahu mengandung 4,60 gram lemak dan
BDD (berat dapat dimakan) 100 %, berapa kandungan lemak dalam sepotong tahu
dengan berat 60 gram ? A. 2,76 gram B.
4,60 gram C.
6,00 gram D.
7,60 gram E.
10,0 gram |
Dalam tabel yang tercantum dalam
Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) diperoleh data sebagai berikut : 100
gram tempe kedelai mengandung 140 kalori dan BDD (berat dapat dimakan) 100 %, berapa
kandungan lemak dalam sepotong tempe
dengan berat 60 gram ? A.
233 kalorie B.
140 kalorie C.
100 kalorie D. 84 kalorie E.
60 kalorie |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menentukan
Angka Kecukupan Gizi untuk menghitung kecukupan zat gizi |
7.
|
Berdasarkan tabel data remaja, data
remaja yang manakah yang menunjukkan kecukupan kalori yang sesuai prinsip
perhitungan kecukupan gizi A. Remaja A dan Remaja C B.
Remaja C dan
Remaja D C.
Remaja B dan
Remaja A D.
Remaja A dan
Remaja D E.
Remaja B dan
Remaja D |
Berdasarkan tabel data remaja, data
remaja yang manakah yang menunjukkan kecukupan kalori yang sesuai prinsip
perhitungan kecukupan gizi A. Remaja A dan Remaja C B.
Remaja C dan
Remaja D C.
Remaja B dan
Remaja A D.
Remaja A dan
Remaja D E.
Remaja B dan Remaja
D |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mendiagnosis
perubahan sifat sayur/buah akibat proses pengolahan yang salah |
8.
|
Kesalahan teknik merebus sayuran dapat menyebabkan warna sayuran
menjadi layu dan tidak segar , hal ini dikarenakan…. A.
Zat
klorofil yang larut dan menguap pada saat proses perebusan B.
Zat vitamin
yang larut dalam proses perebusan C.
Tekstur
sayuran yang hancur karena proses perebusan D.
Proses
oksidasi pada saat perebusan sayuran E.
Proses
browness pada saat perebusan |
Kesalahan penanganan buah apel pada saat pembuatan “Fruit salad” dapat
mengakibatkan buah apel menjadi kecoklatan dan menjadi tidak menarik, hal ini
disebabkan karena proses… A. oksidasi B.
deoksidasi C.
Karbonisasi D.
Degradasi E.
Kimiawi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mendiagnosis
kasus kekurangan zat gizi sumber vitamin berdasarkan data |
9.
|
Bila tubuh anda mengalami gejala berupa
letih dan lelah secara terus menerus maka di indikasikan anda
mengalami kekurangan…. A.
Vit.A B.
Vit.C C.
Vit.D D.
Vit.B12. E.
Vit E |
Kasus kesehatan berupa kelainan pada mata seperti rabun
senja dan kebutaan yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan
– 4 tahun di negara berkembang.disebabkan
oleh kekurangan…. A. Vit.A B.
Vit.D C.
Vit.C D.
Vit.E E.
Vit E |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mendiagnosis
susunan menu berdasarkan prinsip menu
seimbang |
10.
|
Silahkan anda analisis, susunan
Menu berikut yang paling baik adalah… A.
Nasi putih,
sayur lodeh, soup, tempe bacem, ayam bakar, empal daging,lalapan, sambal,
buah-buahan B.
Nasi putih,
sayur asem, capcai, mie goreng, ayam goreng, telur balado,tempe goreng, lalap
dan buah-buahan C.
Nasi Putih,
soto ayam, rawon, tempe bacem, lalap, sambal,buah-buahan, telur balado D. Nasi Putih, sayur asem, ayam bakar, tahu/tempe
bacem, lalapan,sambal,kerupuk,buah-buahan E.
Nasi putih,
capcay, bihun goreng, ayam goreng, telur balado,kerupuk, sambal dan lalapan. |
Silahkan anda analisis, Susunan Menu berikut yang paling baik adalah
…….. A.
Nasi
putih, capcay, bihun goreng, ayam goreng, telur balado,kerupuk, sambal dan
lalapan. B. Nasi Putih, sayur asem, ayam bakar, tahu/tempe
bacem, lalapan,sambal,kerupuk,buah-buahan C.
Nasi
putih, sayur asem, capcai, mie goreng, ayam goreng, telur balado,tempe
goreng, lalap dan buah-buahan. D.
Nasi
Putih, soto ayam, rawon, tempe bacem, lalap, sambal,buah-buahan, telur balado.
E.
Nasi
putih, sayur lodeh, soup, tempe bacem, ayam bakar, empal daging,lalapan,
sambal, buah-buahan |