Batasan Tamyiz

PERTANYAAN : Zayyan Buronan Kyai
tasywiesus ‘alal musholli hukumnya “haram” meski dg bca alquran..dll_nanya neh,sebatas mana yg bisa di bilang tasywies ??? trus i’lam jum’at ( pemutaran kaset alquran seblum solat jum’at tujuannya agar mmberi tahu akan didrikannya jum’at ) kalau menjadikan org yg lagi solat sunah terganggu “haram” tidak ???
TERIMAKASIH….atas jawabannya_ kalo di “berkas” ada mohon ADmin men-sharing nya.
wassalamu’alaikum..
JAWABAN :
>> Tanpa Nama 
وقضية عبارته كراهة الجهر إذا حصل التشويش ولو في الفرائض، وليس كذلك لان ما طلب فيه الجهر – كالعشاء – لا يترك فيه الجهر لما ذكر، لانه مطلوب لذاته فلا يترك لهذا العارض. أفاده ع ش.
dan keputusan hukum atas ibarah (fathul muin) akan makruhnya jahr (mengeraskan suara) apabilah terdapat taswis walaupun di solat fardhu,pengertiannya bukan seperti itu.karna perkara yang diminta untuk menjahrkan suara atas perkara tersebut-seperti sholat isya- tidak ditinggalkan jahr dari perkara yang yg telah disebutkan. karna perkara itu dituntut jahr bagi dzatnya, maka tidak ditinggalkan dengan adanya perkara yang baru (yg menghalangi untuk jahr) yaitu taswis.
taswis hukumnya ”makruh”
jika sedang melakukan perkara yang dituntut untuk jahr, maka tasywisy tidak lagi menjadi makruh.
>> ارمل الزواج
بغيــــــــة المسترشــــــــــــدبن( مسألة : ك) : لا يكره في المسجد الجهر بالذكر بأنواعه ، ومنه قراءة القرآن إلا إن شوّش على مصلّ أو أذى نائماً ، بل إن كثر التأذي حرم فيمنع منه حينئذ ، كما لو جلس بعد الأذان يذكر الله تعالى ، وكل من أتى للصلاة جلس معه وشوّش على المصلين ، فإن لم يكن ثم تشويش أبيح بل ندب لنحو تعليم إن لم يخف رياء ،
masalah: tidak dimakruhkan di masjid mengeraskan suara dengan dzikir dan sejenisnya, dan termasuk didalamnya membaca Al-qur’an. kecuali jika menggangu orang sholat atau mengganggu orang tidur, (maka makruh) bahkan jika banyak gangguannya maka haram dan dicegah dari jahr ketika ini. sebagaimana, apabila duduk setelah adzan berdzikir kepada Allah, dan setiap orang yg datang untuk melakukan sholat duduk bersamanya (org yg dzikir) sehingga mengganggu orang yang sholat, jika disitu tidak gangguan maka diperbolehkan bahkan di sunnahkan dengan tujuan mengajarkan (dzikir) ini jika tidak takut riya’.
>> Abdurrahman As-syafi’i
Sesuatu dibilang Taswis memang atau tdk tergantung adat kebiasaan masyarakat setempat.Tetapi yg menjadi patokan scr umum,jika mengganggu beribadah,atau tidur bisa dikenakan hukum haram..
جماعة يقراون القران فى المسجد جهرا و ينتفع بقراءتهم اناس، و يوشوش اخرون فان كانت المصلحة اكثر من المفسدة فالفراءة افضل و ان كانت بالعكس كرهت انتهى فتاوى النووي
بغية الميترشدين ٨٣
Sekelompok jamaah sedang membaca qur’an di masjid dg suara keras, ada sebagian dari mereka yg mengambil manfaat dari bacaan qur’an mereka dan ada juga yg menganggap mengganggu yg lain. Apabila kemaslahatan lebih bnyk dari pada kemafsadatan maka bacaan qur’an lebih diutamakan. Tetapi sebaliknya,jika mafsadah lebih bnyk maka makruh hukumnya.
Wallaahu A’lamu Bis Showaab
Link Asal >>http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/420090548013759/
http://santri.net/fiqih/shalat/1562-batasan-batasan-tasywis/