men-tadabburi semua ciptaan Allah Swt

Jika peserta didik menjawab “memikirkan dan men-tadabburi semua  ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta Yang Maha Agung, Maha Pengasih lagi Penyayang dan mengantarkan kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur. Hamba yang bersyukur selalu beribadah (ritual dan sosial) dengan ikhlas.”
Jika peserta didik menjawab “memikirkan dan men-tadabburi semua ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta Yang Maha Agung, Maha Pengasih lagi Penyayang dan mengantarkan kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur.”
Jika peserta didik menjawab “memikirkan dan men-tadabburi  semua ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta Yang Maha Agung, Maha Pengasih lagi Penyayang.”
Jika peserta didik menjawab “memikirkan dan men-tadabburi  semua ciptaan Allah Swt. sehingga kita sadar betapa Allah Swt. adalah Tuhan Pencipta.”

Jika peserta didik menjawab: “mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian (akhirat), karena “dunia tempat menanam dan akhirat memetik hasil (panen)”. Oleh karena itu, jika kita ingin memetik hasil di akhirat, jangan lupa bercocok tanam di dunia ini dengan benih-benih yang unggul, yaitu amal soleh.”
Jika peserta didik menjawab: “mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian (akhirat), karena “dunia tempat menanam dan akhirat memetik hasil (panen)”.
Jika peserta didik menjawab: “mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian (akhirat).”
Jika peserta didik menjawab: “mengumpulkan bekal amal soleh sebanyak-banyaknya.”

Jika peserta didik menjawab:
1) Senantiasa bersyukur kepada Allah  Swt. atas anugerah akal sehat;
2) Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah alam semesta bagi manusia;
3) Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur’±n secara lebih mendalam bersama para pakar di bidang masing-masing;
4) Menjadikan ayat-ayat al-Qur’±n sebagai inspirasi dalam melakukan penelitianpenelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;
5) Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan iptek;
6) Mengoptimalkan pemanfaatan alam dengan ramah untuk kepentingan umat manusia;
7) Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;\\
 8) Senantiasa berpikir jauh ke depan makin termotivasi untuk menjadi orang yang visioner;
9) Senantiasa berupaya meningkatkan amal soleh dan menjauhi kemaksiatan sebagai tindak lanjut dari keyakinannya tentang adanya kehidupan kedua di akhirat dan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Allah Swt. atas semua anugerah-Nya; dan
10) Terus memotivasi diri dan berpikir kritis dalam merespon semua gejala dan fenomena alam yang terjadi.