TIPS DAN TRIK SEPUTAR CPNS

Carilah informasi setiap instansi Pemerintah tentang informasi penerimaan CPNS, bisa melalui internet, Departemen Tenaga Kerja, Badan Kepegawaian Daerah atau melalui teman-teman anda yang sudah bekerja di instansi pemerintah dan teman-teman Anda yang juga sedang mencari pekerjaan.
Biasakan membaca dan berlatih dengan buku tes CPNS yang banyak di jual dipasaran, meskipun info pembukaan CPNS masih sekedar berita, belum ada kejelasan kapan waktu penerimaan CPNS. Usahakan untuk berlatih soal secara rutin minimal 3 kali agar otak anda tetap tajam. Dengan latihan akan membiasakan Anda dalam menghadapi soal atau bila perlu buatlah waktu perencanaan acara belajar.
Dalam mengasah kemampuan Anda, latihan dilakukan dengan porsi 40% Tes Pengetahuan Umum (TPU), dan 60% Tes Bakat Skolastik (TBS) karena TBS banyak bersifat hitungan dan rumusnya, sedangkan TPU itu materinya terlalu umum sehingga susah bagi kita untuk mengingat semua materinya.
Cara latihan mengerjakan soal yang baik ialah dengan sering mengulanginya, jangan melihat lembar jawabanya dulu. Misalnya, latihan tahap pertama, kerjakan dengan perlahan kemudian setelah selesai beri nilai terhadap pekerjaan Anda (orang lain boleh menilainya dengan melihat lembar jawaban yang ada, bila perlu Anda tidak boleh tahu lembar jawabannya) bila nilai kurang dari 70% ulangi lagi. Latihan tahap kedua, gunakan waktu dalam menjawab misalnya diberi waktu 60 menit untuk 50 soal. Ulangi terus sampai Anda bisa mendapat nilai minimal 70%.
Hindari kelelahan psikis, selesaikan setiap masalah baik itu masalah pribadi atau pun yang lainnya dengan baik-baik, jangan sampai masalah yang timbul membebani diri Anda sehingga mempengaruhi mental anda sendiri.
Kelelahan fisik juga menjadi faktor utama kegagalan dalam tes CPNS. Istirahatlah yang cukup, makan-makanan yang bergizi dan selalu sempatkan berolah raga untuk menjaga kebugaran serta kesehatan Anda.
Bila waktu penerimaan CPNS telah tiba, inilah saatnya bagi anda untuk berjuang. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk bersaing pada tes CPNS.

SEBELUM PELAKSANAAN TES
Lihat semua pengumuman penerimaan CPNS disetiap instansi, kumpulkan informasi penerimaan CPNS yang mencari jurusan ijazah yang Anda miliki.
Masukkan semua berkas lamaran pada semua instansi yang mencari jurusan anda dan ambil nomor ujiannya (masukkan dahulu berkas-berkasnya, baru nanti kita tentukan pilihan dimana kita akan mengikuti ujian, karena biasanya hari dan tanggal ujian tes CPNS serentak disetiap daerah (untuk tes CPNS).
Bila pengumuman nama-nama peserta CPNS telah diumumkan pilihlah di instansi mana yang jumlah pesertanya paling sedikit, karena kemungkinannya paling tinggi jadi persaingannya tidak terlalu banyak.
Siapkan perlengkapan tes dengan teliti mulai dari perlengkapan alat tulis misalnya pensil 2B, papan jalan untuk alas, penghapus karet, pulpen, dan survei tempat dimana Anda melakukan tes agar saat ujian nanti Anda tidak kebingungan mencari tempat duduk. Pakailah jam tangan untuk mengetahui waktu saat ujian nanti. Selalu berdoa kepada Tuhan karena segala usaha yang kita lakukan akan mendapat rahmat dan ridho-Nya.

SAAT PELAKSANAAN TES
Isilah identitas nama dan nomor tes anda dengan baik dan benar pada lembar jawaban, perhatikan kolom-kolom isian yang harus dihitamkan dengan seksama jangan sampai salah, begitu pula pada saat menjawab lakukan dengan perlahan dan hati-hati.
Pada saat soal dibagikan, jangan terburu-buru mengejakan, lihatlah berapa jumlah seluruh soal dan berapa waktu yang harus dikerjakan. Faktanya, waktu yang disediakan sangat sedikit sehingga kemungkinan besar kita tidak mungkin menjawab semua soal bila kita terlalu banyak berfikir. Misal 60 menit untuk 50 soal, itu berarti waktu anda hanya 1 menit 20 detik untuk tipa soal. Gunakan waktu tersebut seefektif mungkin.

CARA MENGERJAKAN SOALSebelum mengerjakan soal, hal utama adalah berdoa kepada Tuhan untuk mendapatkan kemudahan, selanjutnya :
  1. Perhatikan metode menjawab soal dengan seksama sebelum menuju ke soal.
  2. Jawablah yang menurut Anda kemungkinan benarnya 80-100%,
Bila ada soal yang menurut Anda ragu untuk menjawabnya (50:50 kemungkinan benarnya) maka beri tanda dengan pensil dan tinggalkan dahulu.

Untuk soal yang sama sekali tidak Anda ketahui secara pasti sebaiknya anda tinggalkan.Setelah anda mengerjakan soal yang kemungkinan benar 80-100% selesai, selanjutnya kembali ke soal yang anda tandai dengan pensil, Anda boleh menebak salah satu dari 2 jawaban ini karena mungkin benar atau mungkin salah. Anda harus cepat mengambil keputusan karena mengingat sisa waktunya sangat pendek.
Langkah terakhir adalah soal yang sama sekali tidak anda ketahui. Cara melakukannya adalah dengan melihat komposisi jawaban yang telah anda isi sebelumnya, lihat mana yang paling banyak. Misal yang paling banyak diisi adalah A. Maka isilah /hitamkanlah jawaban dari soal yang tidak anda ketahui itu dengan pilihan A semua.
Periksa kembali lembar jawaban Anda, apakah nama dan nomor peserta telah benar atau masih ada soal yang belum dikerjakan.
Catatan :
Kerjakanlah soal dengan penuh rasa percaya diri serta kemampuan Anda sendiri, jangan sampai berusaha melihat atau melirik lembar jawaban dengan peserta lainnya. Jangan pula merasa cemas ketika peserta lain keluar ruangan ujian sebelum tanda waktu selesai dibunyikan. Tetap fokus dengan soal yang tengah anda kerjakan.
Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan bahwa 50% faktor penentu keberhasilan Anda dalam CPNS adalah kestabilan emosi, kemantapan emosi, kemaksimalan konsentrasi Anda pada saat waktu hari-H CPNS.
Pengalaman menunjukan; banyak orang gagal CPNS hanya salah pengisian formulir (nama, identitas, kode jabatan, kode soal, ataupun pengisian jawaban). Dan, Anda harus hati-hati dalam penghitaman seluruh jawaban langsung di akhir waktu, karena pengalaman menunjukan ada beberapa nomor yang salah (jawaban Anda misalnya A, namun karena terburu-buru ke LJK (Lembar Jawab Komputer) sebagai E. Atau lebih parah lagi jika sampai terjadi pergeseran nomor jawaban Anda.
Seseorang yang selalu terhubung dengan Yang Kuasa; dan memulai aktivitas (termasuk yang akan menjalani Tes CPNS) dengan menyebut nama-Nya; den memasrahkan hasil aktivitasnya kepada-Nya (tiada daya dan upaya hanya pada-nya); sembari menentramkan gejolak hati saat mengerjakan soal karena yakin akan Kebaikan dan Kepengasihan-Nya; tentu akan memiliki EQ yang jauh lebih kuat; baik faktor psikologis apalagi dari faktor supranatural.
Siapakah penghalang sukses Anda? Jawabnya adalah Anda sendiri; watak ragu Anda, watak takut gagal dan keseluruhan ketidak stabilan emosi dan hawa nafsu Anda.
Perkuat dengan dzikir dan ibadah. Dan jangan sekali-kali lupa yang satu ini; minta doa restu orang tua. Mohon dimaafkan kesalahan-kesalahan Anda pada mereka. Mohon didoakan. Dan, semoga sukses bersama Anda selalu. Semoga bermanfaat !

(Sumber : Kitab Rahasia Sukses CPNS
Tohonan Hutauruk S.Pd & Sohda Halim
Penerbit Cakrawala Thn 2010)
Seperti dikutip kembali oleh Team CariJOB.com
http://carijob.co.id/artikel/detail/11/tips-dan-trik-seputar-cpns.html