delapan website terpopuler di Indonesia untuk mencari dan melamar pekerjaan

Pada edisi kali ini, Tech in Asia merilis delapan website terpopuler di Indonesia yang menyediakan lowongan pekerjaan. Penentuan delapan website terpopuler ini sendiri berdasarkan peringkat yang kami dapatkan dari Alexa. Apa sajakah delapan website terpopuler di Indonesia untuk mencari dan melamar pekerjaan itu pada tgl  Oct 21, 2014?

1. Jobstreet


Berdiri sejak tahun 1995, Jobstreet mengklaim sebagai salah satu website rekrutmen melalui internet terkemuka bahkan di tingkat Asia Pasifik. Sekalipun berasal dari Malaysia, Jobstreet juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan di beberapa negara lainnya yaitu Singapura, Filipina, Jepang, Vietnam, dan tentu saja Indonesia. Saat tulisan ini diterbitkan, Jobstreet mengklaim telah menyediakan lebih dari 31.000 lowongan pekerjaan.

2. JobsDB


Tiga tahun setelah Jobstreet berdiri, pada tahun 1998 lahirlah JobsDB di Hongkong. JobsDB juga mengklaim sebagai portal lowongan kerja terfavorit di Asia bagi pencari kerja di China, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan tentu saja Indonesia. Menariknya bagi Anda pengguna asal Indonesia dan mendambakan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), secara khusus JobsDB menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan terkait PNS. JobsDB sendiri mengklaim telah menyediakan lebih dari 26.000 lowongan pekerjaan.

3. Loker


Loker merupakan website penyedia informasi lowongan pekerjaan buatan Indonesia yang masuk tiga besar dalam daftar ini. Loker sendiri mengklaim sebagai pionir lokal dalam ranah ini sejak 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker juga menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.

4. Jobscdc


Sekalipun tampilan website-nya kurang meyakinkan, namun Jobscdc (jobs and career development center) menempati posisi keempat pada daftar ini. Uniknya, Jobscdc asal Indonesia ini lebih mencap diri sebagai blog yang khusus berisi mengenai informasi pekerjaan dan pengembangan karir. Tetapi, kami menduga bahwa popularitas Jobscdc di kalangan para pencari kerja tampaknya disebabkan kategori khusus mengenai lowongan pekerjaan sebagai CPNS yang mereka sediakan. Perlu diketahui, profesi PNS di negeri ini masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak.

5. Joblike


Kami tidak menemukan informasi banyak mengenai Joblike selain bahwa ini merupakan website penyedia informasi lowongan pekerjaan buatan Indonesia. Dilihat dari pemilihan bahasa, tagline, dan cara Joblike menjadikan menu “lokasi” pada kolom pertama yang secara detil menyebutkan 33 provinsi, memperjelas bahwa website ini memang buatan lokal. Joblike mengklaim menyediakan 60.000 lowongan pekerjaan kerah putih/white collar (baca: pekerja kantoran). Selain PNS, menjadi pekerja kantoran juga profesi yang banyak diidamkan orang Indonesia. Bisa jadi ini pula yang mendongkrak popularitas Joblike.

6. Karir


Tampaknya klaim Loker sebagai pionir lokal dalam penyedia informasi lowongan pekerjaan sejak 20 Maret 2007 terpatahkan oleh Karir yang sudah berdiri sejak tahun 1999. Berlokasi di Jakarta di bawah naungan PT. Trinet Pacific International, Karir tampak digarap profesional melihat kerjasamanya antara lain dengan Pharos, Bank BNP, Bank Panin, Taman Safari Indonesia dan Universitas Pelita Harapan (UPH). Sayangnya, tidak banyak informasi yang kami peroleh mengenai Karir.

7. Jobindo


Berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta, Jobindo menambah deretan website penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal. Selama beroperasi sembilan tahun silam, Jobindo yang beroperasi di bawah PT. Jobindo Indonesia ini telah mencatat 406.575 pencari kerja. Jobindo juga memudahkan pencari kerja dengan menyediakan menu lowongan teratas, lowongan terbaru, perusahaan teratas, perusahaan terbaru, lowongan populer, dan lokasi kerja populer. Jobindo sendiri kini menyediakan lebih dari 11.000 lowongan pekerjaan.

8. Jobfinder


Berbeda dengan ketujuh website sebelumnya yang telah dibahas, Jobfinder merupakan mesin pencari yang khusus menyediakan jutaan informasi lowongan pekerjaan dari ribuan industri dan kategori bagi para pencari kerja. Dilihat dari pemilihan domain-nya, kami belum menemukan banyak informasi mengapa Jobfinder yang berbasis di Jerman ini tampak menargetkan pencari kerja asal Indonesia. Jobfinder sendiri menempatkan diri sebagai agregator.


Melihat jumlah lowongan pekerjaan yang mereka sediakan, tampaknya tidak ada alasan untuk tidak berusaha dengan gigih untuk mencari dan melamar pekerjaan dengan harapan pengangguran bisa berkurang. Bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan magang untuk menambah pengalaman sebelum benar-benar bekerja khususnya di beberapa startup dan perusahaan multinasional teknologi di Indonesia, bisa memperoleh informasinya di sini. Mari berbagi pengalaman dalam mencari dan melamar pekerjaan secara online pada kolom di bawah.
(Diedit oleh Bambang Kartika) tgl  Oct 21, 2014
sumber : https://id.techinasia.com/delapan-website-terpopuler-indonesia-mencari-pekerjaan