Simulasi Wirausaha Produk Modi!kasi Pangan Khas Daerah


Pada pembelajaran sebelumnya telah dipelajari pengertian tentang produk pangan khas daerah, keragaman tantangan dan potensi modi!kasi, teknik dan alat produksi, pengembangan ide produk dan perencanaan produksi, penghitungan biaya serta pengemasan dan produksi. Pada setiap bagian pembelajaran telah dibuat tugas-tugas dengan kesatuan tema yaitu untuk membuat sebuah produk pangan khas daerah. Simulasi wirausaha produk pangan khas daerah adalah bagian terakhir dari pembelajaran. Pada pembelajaran ini produk pangan khas daerah yang telah direncanakan akan diproduksi, dikemas, serta dijual.
Proyek simulasi dilaksanakan dalam kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan target penjualan dan strategi pencapaian target. Anggota kelompok akan bermusyawarah untuk pembagian tugas secara adil dan sesuai kompetensi agar tujuan kelompok dapat tercapai dengan efektif dan e!sien. Kegiatan yang akan dilakukan di dalam proyek ini terdiri atas tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi. Organisasi usaha adalah kelompok proyek. Penyusunan struktur dan pembagian kerja dimusyawarahkan dengan seluruh anggota kelompok. Perencanaan produksi telah dilakukan melalui tugas-tugas pada pembelajaran sebelumnya, dan dapat disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Tahap kedua adalah produksi hingga penjualan. Masingmasing kelompok melakukan pengolahan modi!kasi pangan \khas daerah dengan jumlah sesuai kesepakatan kelompok, dengan pertimbangan kapasitas produksi dan target penjualan.

Tahapan ketiga adalah evaluasi. Proses evaluasi dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Treats) yaitu dengan cara menguraikan kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman dari luar (Treats) dari produk pengolahan yang telah dibuat, proses produksi, proses pemasaran dan distribusi, serta pasar sasaran.

Tahap 1
1.Pembentukan organisasi dan pembagian tugas
2.Menetapkan target dan strategi
3.Membuat jadwal kegiatan
4.Menetapkan biaya produksi dan harga jual, pembiayaan serta alur keuangan
Tahap 2
5. Melakukan Produksi
6. Melakukan Quality Control (QC)
7. Melakukan Pengemasan
8. Melakukan Promosi, Penjualan dan Distribusi
Tahap 3
9. Evaluasi Kinerja dan Keuangan
10. Penyusunan Laporan Evaluasi

Kekuatan (Strenght)
- Produk A memiliki rasa yang enak
- Bahan baku mudah didapat
- Harga terjangkau
Kelemahan (Weakness)
- Proses produksi produk A membutuhkan waktu yang lama
- Pasar sasaran sangat menyukai produk A
Peluang yang ada di luar (Opportuni􀆟es)
- Ketersediaan bahan di daerah ini sangat banyak sehingga pesaing dapat membuat produk yang serupa
Ancaman dari luar (Treats) Analisis SWOT
- Perbaikan sistem produksi agar dapat memproduksi lebih cepat
- Desain kemasan yang menarik untuk mengatasi persaingan
- Promosi dengan cara memberikan kesempatan calon konsumen baru untuk mencicipi Produk A