Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Ekonomi Regional

Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Ekonomi  Regional
1). ASEAN
Selain dalam bidang politik, ASEAN juga menyelenggarakan kerja sama di bidang ekonomi. Kerja sama ekonomi negara-negara kawasan Asia Tengara diselenggarakan melalui komite-komite bidang ekonomi ASEAN. Ada lima komite ASEAN untuk bidang ekonomi yang berkedudukan tetap di negaranegara pendiri ASEAN. Lima komite tersebut adalah sebagai berikut.
a). Komite Keuangan dan Perbankan, berkedudukan di Thailand.
b). Komite Bahan Makanan, Pertanian, dan Kehutanan , berkedudukan di Indonesia.
c). Komite Industri, Mineral, dan Energi , berkedudukan di Filipina.
d). Komite Perhubungan dan Komunikasi , berkedudukan di Malaysia.
e). Komite Perdagangan dan Pariwisata , berkedudukan di Singapura.

2). APEC
APEC dibentuk di Australia pada tahun 1989. Anggota APEC terdiri atas negara-negara dari Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Tujuan APEC adalah menjalin kerja sama perdagangan, investasi, pariwisata, dan memperkuat perdagangan multilateral
Sebagai anggota APEC, Indonesia pernah menjadi tuan rumah KTT II APEC yang diselenggarakan pada tanggal 5 November 1994 di Bogor. KTT ini menghasilkan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan perdagangan bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang.

3). ADB
Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank-ADB), didirikan tanggal pada 19 Desember 1966. ADB berpusat di Manila, Filipina.  Tujuan didirikan ADB adalah untuk membantu negara-negara Asia yang sedang membangun dengan cara memberikan pinjaman lunak, yaitu dengan masa pembayaran dalam jangka panjang serta bunga yang rendah.

Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX