Mengidentifikasi Bahan Karet Alami dan Buatan

Apa yang kamu siapkan?
1. Lima macam benda yang terbuat dari karet (balon karet, gelang karet, bola bekel, dot bayi, karet penghapus atau benda dari bahan karet)
2. 100 cc minyak tanah.
3. Botol selai ukuran 200 cc.

Apa yang kamu lakukan?
1. Bekerjalah dengan kelompokmu!
2. Kumpulkan 5 macam barang bekas yang terbuat dari bahan karet (misalnya: karet penghapus, karet gelang, bola bekel, dot bayi, balon karet, dan bahan lain yang terbuat dari karet yang ada di sekitarmu).
3. Teliti dan identifikasi sifat bahan tersebut satu-persatu dengan cara berikut.
a. Ukurlah masing-masing bahan tersebut dengan alat ukur yang sesuai, misalnya dengan penggaris, meteran atau jangka sorong. Catat masing-masing bahan pada Tabel 4.10
b. Rendamlah bahan-bahan tersebut ke dalam botol selai yang berisi minyak tanah selama 6 jam. Hati-hati dalam melakukan kegiatan ini, dan jauhkan dari api.
4. Ukurlah masing-masing bahan tersebut dengan alat ukur yang sesuai, misalnya dengan penggaris, meteran atau jangka sorong. Catat masing-masing bahan pada Tabel 4.3.

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Setelah bahan-bahan tersebut direndam minyak tanah apakah ukurannya berubah?
2. Bahan-bahan apa sajakah yang ukurannya berubah? Mengapa demikian?
3. Bahan-bahan apa sajakah yang ukurannya tidak berubah? Mengapa demikian?
4. Berdasarkan data tersebut, apa saja yang termasuk bahan karet alami? dan bahan apa saja yang tergolong karet sintetis?

Alternatif Jawaban ‘Ayo Kita Coba’ Mengidentifikasi Bahan Karet Alami dan Buatan’

Kemungkinan jawaban peserta didik pada bagian ini akan sangat beragam, hal ini bergantung pada jenis karet yang dibawa oleh peserta didik. Berikut ini kemungkinan jawaban yang akan muncul.
Benda-benda yang terbuat dari karet, karet gelang, potongan ban sepeda, penghapus, pembungkus kabel, sol sepatu dan dot bayi.

1. Pada saat benda-benda yang terbuat dari bahan karet tersebut direndam dengan menggunakan minyak tanah ada yang berubah ukurannya tetapi ada juga yang ukurannya tetap.

2. Bahan-bahan yang ukurannya bertambah besar setelah direndam dalam minyak antara lain, karet gelang, potongan ban sepeda dan sol sepatu. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut tidak tahan terhadap minyak, karetkaret tersebut termasuk golongan karet alam. Karet alam memiliki banyak sifat unggul. Karet alami memiliki daya elastis atau daya lenting yang baik, plastisitas yang baik, mudah pengolahannya, tidak mudah aus (tidak mudah habis karena gesekan), dan tidak mudah panas. Sifat unggul lain dari karet alami yaitu , karet alam juga memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan, tahan hentakan yang berulang-ulang, serta daya lengket yang tinggi terhadap berbagai bahan.

3. Bahan-bahan yang ukurannya tidak berubah setelah direndam dalam minyak adalah penghapus dan dot bayi. Hal ini dikarenakan karet-karet tersebut termasuk golongan karet sintetik. Karet sintetis terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak bumi, batu bara, minyak, gas alam, dan acetylene. Banyak dari karet sintetis adalah kopolimer, yaitu polimer yang terdiri dari lebih dari satu jenis monomer. Karet sintetis dapat diubah susunannya sehingga diperoleh sifat yang sesuai dengan kegunaannya. Salah satu keunggulan dari karet sintetis adalah tahan terhadap minyak, hal inilah yang membuat benda-benda tersebut tidak berubah ketika direndam dalam minyak. Keunggulan lain dari karet sintetis dibanding karet alam adalah yaitu tahan terhadap suhu tinggi/panas, pengaruh udara, dan kedap gas.

4. Bahan-bahan yang termasuk dalam golongan karet alam adalah karet gelang, potongan ban sepeda dan sol sepatu. Sedangkan bahan-bahan yang termasuk karet sintetik adalah penghapus dan dot bayi.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII