beberapa website yang membantu anda dalam membangun website/blog

Awalnya, wordpress merupakan blog yang lebih banyak digunakan untuk menulis artikel-artikel bebas atau bahkan curhatan hati si pemilik blog. Seiring berjalannya waktu, WordPress mulai digunakan untuk membangun bisnis, seperti toko online. 
Fitur yang terdapat dalam WordPress yaitu :
  1. Tersedianya tema gratis yang dapat dipilih tanpa harus membuat desain sendiri
  2. Sangat mudah menggunakannya, terlebih bagi pengguna baru
  3. Terdapat pilihan dalam Bahasa Indonesia
  4. Jika ada hal yang kurang anda pahami, anda dapat bertanya pada komunitas pemakai WordPress di Indonesia
  5. Selain gratis, ada juga fitur berbayar yang tentunya memiliki tampilan dan fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan fitur yang tidak berbayar :D
Silahkan kunjungi situs WordPress.com terlebih dahulu untuk dapat memulai menggunakan WordPress. Berikutnya akan ada panduan yang tersedia untuk membuat website gratisan dalam Bahasa Indonesia.

Blogspot (Blogger) adalah website gratis yang hampir sama dengan WordPress. Untuk pengguna baru, blogspot lebih mudah digunakan dibandingkan dengan WorPress. Namun, ada pula kekurangan yang dimiliki oleh blogspot ini yaitu layanan yang lebih terbatas jika digunakan untuk bisnis online.
Jika anda ingin menggunakan blogspot untuk membuat toko online, anda harus mengunjungi Blogger.com. Nanti disana akan ada panduan berbahasa Indonesia yang dapat membantu anda untuk membangun sebuah website melalui blogger.

OSCommerce.com (Khusus Untuk Toko Online)
OSCommerce adalah website yang tidak terkenal di Indonesia jika dibandingkan dengan WordPress dan Blogspot. OSCommerce khusus dibuat untuk toko online, yang memiliki fitur :
  1. Kemudahan dalam membuka situs
  2. Produk suatu bisnis dapat dengan mudah ditampilkan di situs lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh customer
  3. Jika mengalami kesulitan dalam penggunaannya, komunitas OSCommerce siap membantu
  4. Biaya pengiriman produk dan pajak langsung terhitung di situs
Walaupun situs ini tidak terlalu terkenal, namun cocok untuk anda yang ingin membuka toko online. Silahkan kunjungi situsnya di OSCommerce.com dan ikuti petunjuk yang tertera disana. Layanan tambahan yang lebih lengkap dapat anda nikmati tentunya dengan membayar :D

Joomla.org
Joomla adalah website gratisan yang lumayan terkenal. Joomla merupakan situs gratisan yang paling banyak digunakan di dunia. Fitur yang terdapat di Joomla adalah :
  1. Sangat simple dan mudah digunakan terutama untuk para pengguna baru
  2. Tampilannya relatif banyak dan komplit.
  3. Jika ada kesulitan dalam mengunakannya, ada komunitas Joomla yang bisa membantu anda.
  4. Toko online dapat dibuat secara lengkap karena mempunyai modul Virtuemart yang akan memberi kemudahan dalam membuat toko online.
Silahkan kunjungi situs Joomla.org dan download program yang disediakan. Kemudian ikuti panduan yang tersedia. Karena banyaknya pengguna yang mendownload, maka panduan hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Untuk fitur yang lebih lengkap, anda bisa menggunakan layanan berbayar yang tersedia di Joomla :)

Walapun tidak terkenal di Indonesia, tetapi situs MagentoCommerce cukup terkenal di luar negeri dan dapat penghargaan "Best New Open Source Project" setelah dirilis sejak tahun 2008. Fitur yang terdapat di MagentoCommerce adalah : 
  1. Banyak plugin tema yang disediakan secara gratis
  2. Adanya komunitas aktif secara global.
  3. Tersedianya alat yang efektif dan efisien untuk memindahkan settingan, sehingga tidak akan berantakan jika berpindah pada platform baru.
Jika anda ingin menggunakan MagentoCommerce anda haruslah memiliki pengetahuan tentang teknologi minimal sedikit, dikarenakan pemakaiannya agak sedikit rumit. Silahkan kunjungi situs MagentoCommerce.com, lalu download platformnya. Walaupun tidak tersedia Bahasa Indonesia, namun situs tersebut menyediakan demo pemakaian MagentoCommerce yang dapat diakses setelah memberikan data pada bagian Free Demo. 

PrestaShop di khususkan untuk pengusaha kecil dan menengah. Oleh karena itu website gratis untuk bisnis ini didesain semudah mungkin untuk pengusaha pemula yang baru mengenal dunia internet. Dengan fitur utama, yaitu :
  1. Sangat mudah digunakan
  2. Banyak fitur
  3. Tersedianya forum pengguna PrestaShop yang aktif di Indonesia
  4. Loading yang relatif cepat
Silahkan kunjungi situs Prestashop.com,lalu download platformnya. Namun sayangnya, situs PrestaShop gratisan tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia. Dan banyak juga template yang berbayar, sehingga anda harus rajin membrowsing untuk bisa mendapatkan template yang gratis :D