soal PAS GANJIL B. INDO ) KLS XI dan kunci jawaban


A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
Pada dasarnya keimanan seseorang itu tak ubahnya seperti akar sebuah pohon. Semakin dalam akar pohon itu menancap ke dalam tanah, maka semakin kuat pula pohon itu tegak berdiri biarpun angin bertiup menerpa pohon itu dari berbagai arah, maka pohon akan tetap kokoh dan tak mudah goyah apalagi tumbang ke tanah. Jika iman seseorang itu kuat menancap dalam jiwanya, mustahil dia akan terpengaruh oleh bujuk rayu orang lain untuk melakukan hal-hal di luar norma agama. Dia akan tetap kuat mengendalikan nafsunya sehingga tetap beriman kepada Tuhannya.

1.      Ceramah di atas adalah bagian :
A.    Kalimat pembuka
B.     Isi
C.     Simpulan
D.    Penutup
E.     Saran
ANSWER: B

2.      (1) Salam pembuka
(2) ……………….
(3) Ucapan syukur kepada TuhanYME
(4) Pembuka
(5) Isi ceramah
(6) Penutup
Bagian ceramah pada urutan nomor (2) adalah:
A.    Kalimat pengantar
B.     Ucapan terima kasih
C.     Ucapan permintaan maaf
D.    Ucapan sapaan kepada hadirin
E.     Hipotesis
ANSWER: B

3.      Langkah awal sebelum menyusun teks ceramah adalah:
A.    Merumuskan tujuan
B.     Membuat kerangka
C.     Menentukan judul
D.    Membuat simpulan
E.     Merumuskan gagasan
ANSWER: E

4.      Hal yang tidak perlu dipersiapkan dalam memilih materi ceramah adalah:
A.    Pilihlah topik yang bersifat aktual
B.     Topik hendaknya membawa manfaat
C.     Materi harus dikuasai oleh penceramah
D.    Disampaikan dengan lantang dan suara keras
E.     Penyampaian disertai contoh dan alasan logis
ANSWER: D
5.      Di bawah ini merupakan gaya/ekspresi yang tidak diperlukan dalam berceramah adalah:
A.    Menahan gerakan-gerakan yang tidak perlu
B.     Menatap seluruh audiens/pendengar secara merata
C.     Berceloteh tentang hal-hal di luar topik ceramah
D.    Melakukan interaksi positif dengan pendengar
E.     Ekspresi simpatik agar tidak membosankan pendengar
ANSWER: C

6.      (1) Komunikasi satu arah
(2) Komunikasi dua arah
(3) Menggunakan Bahasa Indonesia baku
(4) Harus membawa teks
(5) Dengan suara keras dan lantang
(6) Boleh berbahasa tidak baku asal komunikatif
(7) Topik berkaitan dengan keagamaan
Pernyataan yang sesuai dalam hal ceramah adalah:
A.    (2), (6), (7)
B.     (1), (3), (6)
C.     (2), (3), (4)
D.    (1), (5), (7)
E.     (1), (5), (6)
ANSWER: A

7.      Kalimat penutup ceramah yang tepat adalah:
A.    Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatian Bapak dan Ibu, saya haturkan terima kasih. Wassalaamualaikum Wr.Wb.
B.     Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas segala perhatian, mohon maaaf atas kekurangan dan kelebihannya. Wassalaamualaikum Wr. Wb.
C.     Demikian yang dapat saya sampaikan, atas segala kekhilafan baik sengaja atau tidak, saya mohon maaf. Wassalaamualaikum Wr. Wb.
D.    Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak dan Ibu, mohon maaf atas segala kekurangan. Wassalaamualaikum Wr. Wb.
E.     Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Wassalaamualikum Wr. Wb.
ANSWER: D.

8.      Topik ceramah bersifat aktual adalah:
A.    Menurunnya minat pemuda terhadap budaya bangsa.
B.     Hukuman yang pantas bagi pelaku korupsi di Indonesia
C.     Kenaikan harga BBM mempengaruhi harga sembako
D.    Pengaruh perubahan sistem pendidikan terhadap kompetensi lulusan
E.     Pendalaman nilai-nilai agama membawa segi positif prilaku siswa
ANSWER: E

9.      Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan tentang kisah teladan seorang sahabat rasul yang rela mengikat dirinya sendiri demi menebus kesalahan yang ia lakukan lantaran ingin bertaubat kepada Allah SWT. ....

Kalimat di atas merupakan ceramah pada bagian:
A.    Pembuka
B.     Isi
C.     Penutup
D.    Simpulan
E.     Salam penutup
ANSWER: A

10.  Teknik ceramah maupun pidato dengan membawa catatan yang berisi pokok-pokok pidato adalah:
A.    Menghafal
B.     Dengan naskah
C.     Ekstemporan
D.    Impromptu
E.     Serta merta
ANSWER: C

11.  Kembalinya Bahasa Daerah sebagai pelajaran tambahan di tingkat SMA diharapkan dapat mengangkat citra bangsa kita khususnya suku Jawa yang selama ini tidak banyak mengenali bahasanya sendiri. Jangan sampai orang jawa tetapi tidak mengerti bahasa jawa. Oleh karena itu, ….

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi ceramah di atas adalah:
A.    Kita sebagai orang Jawa asli harus mengetahui asal-usul bahasa kita sendiri sehingga basa kita tetap terpelihara dengan baik.
B.     Segera kita ajari anak-anak didik kita menggunakan bahasa Jawa dengan benar juga kesopansantunan dalam bertutur kata dengan orang lain.
C.     Mulai saat ini harus kita stop segala bentuk budaya yang dapat mempengaruhi jiwa dan pemikiran anak muda kita.
D.    Mari kita sepakat untuk menggunakan Bahasa Jawa dalam dialek keseharian baik sama anggota keluarga maupun dengan teman dekat.
E.     Tidak perlu lagi kita belajar bahasa yang lain selain bahasa daerah kita agar tidak terpengaruh oleh bahasa asing yang bisa menghancurkan bahasa daerah kita.
ANSWER: D

12.  Cermati kutipan ceramah di bawah ini!
Hadirin yang terhormat, kita tahu dan menyadari bahwa pengaruh telepon genggam sangat besar terhadap putra putri kita. Alat ini ternyata sering menciptakan putusnya hubungan kekerabatan sesama teman. Seperti yang sering kita lihat, manakala ada beberapa orang sedang berkumpul tetapi mereka sama-sama sibuk dengan telepon genggamnya masing-masing.

Kalimat persuasif yan mendukung ceramah di atas adalah:
A.    Marilah kita berkomunikasi tanpa memaki telepon genggam agar bisa tercipta keakraban sesame teman.
B.     Marilah kita saling menghargai antarsesama untuk menghargai mereka yang berkomunikasi melalui telepon genggam
C.     Marilah kita tetap menciptakan keakraban dan kekerabatan antarsesama meskipun membawa telepon genggam dalam kesibukan kita.
D.    Marilah kita tetap menyambung tali silsturrahiim antara tua - muda, laki - perempuan, guru - murid dan seluruh masyarakat yang ada.
E.     Marilah kita saling menghargai pendapat orang lain dengan jalan tidak mau ikut campur dalam pembicaarn arang lain.
ANSWER: C

13.  Hadirin yang terhormat, sebelum saya akhiri ceramah ini, sekali lagi saya sampaikan supaya hidup ini tidak diperbudak oleh waktu, maka mulai saat ini kitalah yang harus menggunakan waktu luang untuk berbagai aktivitas positif.
Kalimat di atas berupa:
A.    Pengharapan
B.     Ajakan
C.     Perintah
D.    Tanggapan
E.     Ulasan
ANSWER: B

14.  Kalimat pengantar yang tepat untuk mengawali ceramah adalah:
A.    Hadirin yang terhormat, berikut ini ceramah saya tentang rokok dan bahayanya mohon didengarkan.
B.     Hadirin yang terhormat, saya akan menyampaikan ceramah saya yang berjudul rokok dan bahayanya berikut ini.
C.     Hadirin yang terhormat, sebagai pembuka ceramah saya  marilah kita awali pembahasan ini dengan basmalah.
D.    Hadirin yang terhormat, untuk menghemat waktu, langsung saja berikut ceramah saya tentang rokok dan bahayanya.
E.     Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah topik tentang rokok dan bahayanya.
ANSWER: E

15.  Hadirin yang saya hormati, sejak sekolah ini diresmikan sebagai lembaga pendidikan tingkat atas, kedisiplinan siswa selalu menjadi sorotan di masyarakat sekitar. Akan tetapi, sejak setahun terakhir terjadi perubahan drastis yakni merosotnya nilai disiplin para siswa khususnya pada saat kehadiran jam pertama. Jumlah siswa  yang terlambat tidak makin berkurang, justru semakin bertambah. Hal ini berarti penanaman nilai-nilai disiplin yang selama ini terjaga dengan baik mulai mengalami perubahan negatif. Dan apabila hal ini tidak segera kita perbaiki saya yakin masyarakat sekitar tidak akan percaya lagi untuk menitipkan putra putri mereka bersekolah  di lembaga yang kita cintai ini.

Permasalahan yang ingin disampaikan sesuai isi ceramah di atas adalah:
A.    Sekolah menjadi sorotan masyarakat sebab tidak bisa menjadi sekolah unggulan
B.     Kualitas sekolah menurun disebabkan kurangnya disiplin siswa yang terlambat hadir
C.     Siswa harus berlaku disiplin masuk terutama hadir tepat waktu pada jam pertama
D.    Sekolah yang disiplin akan dikenal oleh masyarakat sekitar dan mendapat pujian
E.     Kondisi siswa yang sering terlambat hadir berarti mengalami perubahan negatif
ANSWER: B

16.  Hadirin yang saya hormati, sejak sekolah ini diresmikan sebagai lembaga pendidikan tingkat atas, kedisiplinan siswa selalu menjadi sorotan di masyarakat sekitar. Akan tetapi, sejak setahun terakhir terjadi perubahan drastis yakni merosotnya nilai disiplin para siswa khususnya pada saat kehadiran jam pertama. Jumlah siswa  yang terlambat tidak makin berkurang, justru semakin bertambah. Hal ini berarti penanaman nilai-nilai disiplin yang selama ini terjaga dengan baik mulai mengalami perubahan negatif. Dan apabila hal ini tidak segera kita perbaiki saya yakin masyarakat sekitar tidak akan percaya lagi untuk menitipkan putra putri mereka bersekolah di lembaga yang kita cintai ini.

Pesan yang ingin disampaikan sesuai isi ceramah di atas adalah:
A.    Hendaknya menjadi siswa yang berdisiplin masuk sekolah khususnya jam pertama.
B.     Bagaimana caranya supaya masyarakat tidak menyoroti sisi negatif sekolah kita.
C.     Mari kita mewujudkan nilai-nilai kedisiplinan yang selama ini sering kita dilanggar.
D.    Tahun ini sekolah kita harus menjadi sekolah unggulan agar dipercaya masyarakat.
E.     Siswa yang selalu disiplin masuk sekolah berarti menjunjung nama baik sekolah.
ANSWER: A

17.  Pahamilah penggalan novel di bawah ini!
Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, karismatik, dan berpandangan jauh ke
depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Dasar-dasar moral itu menuntun kami membuat konstruksi imajiner nilai-nilai integritas pribadi dalam konteks Islam. Kami diajarkan menggali nilai-nilai luhur pada diri sendiri agar berprilaku baik karena kesadaran pribadi. Materi pelajaran Budi Pekerti yang hanya diajarkan di sekolah Muhammadiyah sama sekali tidak seperti kode prilaku formal yang ada dalam konteks legalitas institusional seperti sapta prsetya atau pedoman-pedoman pengalaman lainnya.
           
            Nilai sastra yang terdapat pada cuplikan novel di atas adalah:
A.    Pendidikan
B.     Etika
C.     Estetika
D.    Budaya
E.     Politik
ANSWER: A

18.  Pahamilah penggalan novel di bawah ini!
Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, karismatik, dan berpandangan jauh ke
depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Dasar-dasar moral itu menuntun kami membuat konstruksi imajiner nilai-nilai integritas pribadi dalam konteks Islam. Kami diajarkan menggali nilai-nilai luhur pada diri sendiri agar berprilaku baik karena kesadaran pribadi. Materi pelajaran Budi Pekerti yang hanya diajarkan di sekolah Muhammadiyah sama sekali tidak seperti kode prilaku formal yang ada dalam konteks legalitas institusional seperti sapta prsetya atau pedoman-pedoman pengalaman lainnya.

Watak tokoh Bu Mus pada penggalan ceita di atas adalah:
A.    Peramah
B.     Pemarah
C.     Egois
D.    Humoris
E.     Karismatik
ANSWER: E

19.  Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, karismatik, dan berpandangan jauh ke
depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Dasar-dasar moral itu menuntun kami membuat konstruksi imajiner nilai-nilai integritas pribadi dalam konteks Islam. Kami diajarkan menggali nilai-nilai luhur pada diri sendiri agar berprilaku baik karena kesadaran pribadi. Materi pelajaran Budi Pekerti yang hanya diajarkan di sekolah Muhammadiyah sama sekali tidak seperti kode prilaku formal yang ada dalam konteks legalitas institusional seperti sapta prsetya atau pedoman-pedoman pengalaman lainnya.

Watak tokoh Bu Mus dapat diketahui melalui:
A.    Dialog tokoh tersebut
B.     Penturan tokoh lain
C.     Jalan pikiran tokoh
D.    Tingkah laku tokoh itu
E.     Uraian langsung pengarang                                        
ANSWER: B

20.  Bu Mus adalah seorang guru yang pandai, karismatik, dan berpandangan jauh ke
depan. Beliau menyusun sendiri silabus pelajaran Budi Pekerti dan mengajarkan kepada kami sejak dini pandangan-pandangan dasar moral, demokrasi, hukum, keadilan, dan hak-hak asasi jauh hari sebelum orang-orang sekarang meributkan soal materialisme versus pembangunan spiritual dalam pendidikan. Dasar-dasar moral itu menuntun kami membuat konstruksi imajiner nilai-nilai integritas pribadi dalam konteks Islam. Kami diajarkan menggali nilai-nilai luhur pada diri sendiri agar berprilaku baik karena kesadaran pribadi. Materi pelajaran Budi Pekerti yang hanya diajarkan di sekolah Muhammadiyah sama sekali tidak seperti kode prilaku formal yang ada dalam konteks legalitas institusional seperti sapta prsetya atau pedoman-pedoman pengalaman lainnya.

Bu Mus menjadi tokoh protagonis karena:
A.    Bu Mus merupakan tokoh yang berwatak baik
B.     Bu Mus adalah guru yang mengajarkan Budi Pakerti
C.     Bu Mus adalah satu-satunya tokoh yang diceritakan.
D.    Bu Mus merupakan tokoh sentral dalam cerita tersebut.
E.     Bu Mus memiliki watak yang baik dan berpandangan luas..
ANSWER: D

21.  Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. Kesan di dalamnya begitu pengap, angker, penuh kekerasan dan kesedihan. “Inilah sel Bung Karno di sebuah penjara di Bandung. Di sinilah Beliau menjalani hukuman dan belajar setiap hari, setiap waktu dia membaca buku.”

Unsur intrinsik yang dominan pada penggalan cerita di atas adalah:
A.    Alur
B.     Tema
C.     Penokohan
D.    Latar
E.     Amanat
ANSWER: D

22.  Gambar itu adalah sebuah ruangan yang sempit dikelilingi tembok tebal yang suram, tinggi, gelap, dan berjeruji. Kesan di dalamnya begitu pengap, angker, penuh kekerasan dan kesedihan. “Inilah sel Bung Karno di sebuah penjara di Bandung. Di sinilah Beliau menjalani hukuman dan belajar setiap hari, setiap waktu dia membaca buku.”

Nilai yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah:
A.    Moral
B.     Sosial
C.     Budaya
D.    Edukasi
E.     Estetika
ANSWER: D