menentukan tujuan bisnis ketika membangun website

Tujuan bisnis merupakan salah satu hal yang paling utama harus ditentukan sebelum membuat sebuah website. Tujuan bisnis tersebut juga harus jelas, apakah website yang dibangun hanya digunakan untuk memperkenalkan profil perusahaan atau untuk mendapatkan pelanggan melalui marketing online atau bahkan hanya untuk mempromosikan produk baru dari bisnis anda. Hal tersebut haruslah difikirkan terlebih dahulu karena sangat berpengaruh pada desain, fitur dan konten apa saja yang harus ada dalam sebuah website yang akan dibangun.
Berikut ini adalah beberapa tujuan bisnis yang bisa membantu dan menjadi pertimbangan bagi developer web untuk klien sebelum membangun sebuah website agar sesuai dengan yang diharapkan. Yuk, simak penjelasannya !!

  • Membuat Website Untuk Meningkatkan Penjualan
Keberhasilan sebuah website yang sangat mudah dipahami adalah penjualan. Anda bisa mengembangkan sebuah website yang mendukung terciptanya penjualan. Faktor utama lain yang bisa menjadikan keberhasilan sebuah web adalah traffic pengunjung, namun akan sangat sia-sia jika banyak pengunjung tetapi tidak menghasilkan penjualan sama sekali.
E-Commerce web merupakan salah satu website yang mendukung tujuan bisnis tersebut. Indikator keberhasilan web juga sangat mudah, anda hanya tinggal melihat laporan transaksi penjualan produk dari sebuah website. 

  • Membuat Website Untuk Meningkatkan Traffic
Website bisnis yang dibuat untuk meningkatkan traffic pengunjung dengan tujuan iklan, yang harus anda lakukan tentunya adalah mengupdate konten yang berkualitas yang dibutuhkan oleh pengunjung website anda. Jika kunjungan pada website anda telah dianggap memadai, maka kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan penayangan iklan, baik itu berupa banner ads atau sponsored content. 
Namun, meningkatkan traffic web untuk mendatangkan iklan bukanlah suatu hal yang instan dapat dilakukan, akan memerluka waktu yang lama dan panjang. Pastikan selalu pemilik website, developer web, penulis dan marketing memahami tujuan dan tingkat kesulitan yang akan dihadapi. Anda dapat menggunakan tools untuk melakukan analisa dan keberhasilan peningkatan traffic dan rank web seperti Google Analytics, Histats, Alexa atau Similarweb.

  • Membuat Website Untuk Meningkatkan Branding
Salah satu tujuan dala membuat website bisnis adalah untuk meningkatkan branding. Strategi yang efektif adalah dengan aktivitas blogging. Aktivitas tersebut bukan hanya akan meningkatkan kepercayaan pada layanan dan produk sebuah perusahaan, tetapi berlaku juga bagi kebutuhan personal seperti keahlian, layanan jasa dan lain sebagainya.
Keberhasilan sebuah website untuk strategi branding bisa dilihat dari jumlah voting survey yang dilakukan oleh sebuah brand tertentu atau dengan menghitung jumlah peserta yang hadir pada event/acara yang diselenggarakan oleh brand pada bisnis anda.