24. Untuk mendapatkan lampu yang menghasilkan lingkaran cahaya yang tegas dan lembut sekaligus dapat menambahkan ....
A Lampu bifocal
B Lampu profil
C Zoom
D Sutter
E Slot
25. Cahaya dapat menunjukangaya pementasan yang sedang dilakonkan merupakan fungsi pendukung dalam tata cahaya yaitu ....
A Komposisi
B Gerak
C Penekanan
D Arah
E Gaya
26. Lampu yang datang dari arah belakang atas dan berlawanan dengan lampu atas 45 derajat akan memberikan hasil menerangi dibagian....
A Kepala, cahaya juga akan menyinari rambut dan bahu aktor
B punggung, cahaya juga akan menyinari rambut dan bahu aktor
C Kepala, cahaya juga akan menyinari dada dan bahu aktor
D Kepala, cahaya juga akan menyinari punggung dan bahu aktor
E Punggung, juga akan menyinari rambut dan kaki aktor
27. Untuk pembuatan sebuah busana, memahami naskah, membuat sketsa dan fitting yang akan dibutuhkan, merupakan hal penting dalam persiapan pementasan. Hal tersebut dilakukan dalam tahapan ....
A Analisis naskah
B Pengenalan tubuh pemain
C Produksi busana
D Desain ilustrasi busana
E Diskusi dengan anggota tim
28. Kelebihan dari menata busana dengan teknik drapery adalah sebagai berikut ini, kecuali ....
A Mendapatkan bentuk busana yang unik
B Menghemat bahan
C Tidak perlu membuat pola
D Menghemat waktu
E Busana yang dikenakan pas dibadan
29. Hanbok merupakan busana khas koreo selatan yang memiliki beberapa tahapan dalam pemaikannya. Tahapan pertama memakai hanbok adalah ....
A Menggunakan deong jong
B Melilitkan otgoreum
C Memakai chima
D Memakai jeogori
E Menggunakan patrones
30. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar A merupakan tata panggung untuk jenis
A Panggung proscenium
B Panggung berjalan
C Panggung proscenium atch
D Panggung thrust
E Panggung arena
31. Berikut adalah beberapa data persiapan sebagai pedoman dalam pembuatan tata panggung, yaitu....
A Lokasi, bentuk atau struktur, modal dan pelakon
B Lokasi, bentuk atau struktur, modal dan lingkungan tempat kejadian
C Lokasi, bentuk atau struktur, tata suara dan lingkungan tempat kejadian
D Lokasi, tata cahaya, model dan lingkungan tempat tinggal
E Lokasi, bentuk atau struktur, model dan lingkungan tempat tinggal
32. Desain tata panggung dibuat menggunakan teknik gambar ruang sehingga dalam penggambarannya harus mengutamakan unsur….
A Lukisan
B Sketsa
C Bloking
D Pewarnaan
E Perspektif
33. Untuk membuat maket panggung pertunjukkan, bahan yang dapat digunakan sebagai material untuk membuat tiruan kaca adalah....
A Chip board
B Triplek
C Mika
D Resin
E Linen
34. Perhatikan kode area bloking dibawah ini!
Apabila pemain kelompok berada di area AKn, untuk memberikan fokus pada pemain tunggal maka sang pemain harus berada pada area....
A BKn
B AKr
C TKr
D T
E BKr
35. Untuk mempertegas suasana ruangan dalam desain suatu panggung harus diberikan elemen ....
A Arah
B Cahaya
C Gelap terang
D Bentuk
E Warna
36. Warna merupakan salah satu komposisi penting dalam penggambaran tata panggung dan memiliki karakternya masing-masing, warna yang termasuk ke dalam warna dingin adalah ....
A Biru dan Hijau
B Orange dan Merah
C Hitam dan Biru
D Kuning dan Biru
E Ungu dan Biru
37. Bentuk desain panggung tiga dimensi yang menyerupai keadaan yang sebenarnya adalah ....
A Desain
B Maket
C Sketsa
D Gambar
E Foto
38. Dalam membuat desain tata panggung yang dapat menggambarkan suasana malam hari dengan realistis, gambar perlu dipertegas dengan elemen ....
A Garis
B Bentuk
C Cahaya
D Arah
E Warna
39. Penyempurnaan sketsa desain panggung dalam bentuk dua dimensi harus dilengkapi dengan teknik ....
A Tata suara
B Desain panggung
C Perangkat pangung
D Pencahayaan
E Tata busana
40. Dalam membuat desain tata panggung yang dapat menggambar suasana malam hari, gambar perlu dipertegas dengan teknik ....
A Cahaya
B Bentuk
C Garis
D Warna
E Arah
kunci jawaban
32. B
33. C
34. D
35. E
36. A
37. B
38. C
39. D