Kegiatan pembelajaran ini disusun seperti berikut.
a. Menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti alat pemutar video musik dan kelengkapannya.
b. Menyiapkan materi video musik kritik musik.
c. Memutar video musik untuk diapresiasi siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan, fungsi, jenis, dan pendekatan kritik musik.
e. Siswa mengumpulkan informasi, mengidentifikasi, dan membedakan kritik pergelaran musik untuk menemukan tujuan, fungsi, jenis, dan pendekatan kritik musik.
f. Siswa menyatakan hasil latihan dengan lisan dan atau tulisan.
g. Guru mengevaluasi hasil latihan siswa.
h. Guru memberikan umpan balik (feedback) kepada siswa.
i. Siswa menerima hasil evaluasi dari guru.
j. Guru menyimpan/mengarsipkan hasil evaluasi.
a. Menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti alat pemutar video musik dan kelengkapannya.
b. Menyiapkan materi video musik kritik musik.
c. Memutar video musik untuk diapresiasi siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan, fungsi, jenis, dan pendekatan kritik musik.
e. Siswa mengumpulkan informasi, mengidentifikasi, dan membedakan kritik pergelaran musik untuk menemukan tujuan, fungsi, jenis, dan pendekatan kritik musik.
f. Siswa menyatakan hasil latihan dengan lisan dan atau tulisan.
g. Guru mengevaluasi hasil latihan siswa.
h. Guru memberikan umpan balik (feedback) kepada siswa.
i. Siswa menerima hasil evaluasi dari guru.
j. Guru menyimpan/mengarsipkan hasil evaluasi.