Fungsi RAM pada HP Android

Liputan6.com, Jakarta Fungsi RAM pada HP Android sangatlah penting. RAM atau Random Access Memory adalah penyimpanan yang digunakan sebagai tempat menyimpan data sebuah perangkat Android. Kapasitas RAM bisa memengaruhi Android memproses data dan perintah yang diberikan.

Tak sedikit pengguna Android belum mengetahui fungsi RAM pada HP Android. Padahal, fungsi RAM pada HP Android cukup vital bagi sebuat perangkat. Besar kecilnya RAM akan menentukan kinerja HP Android.

Fungsi RAM pada HP Android dapat mendukung kinerja perangkat tersebut. Fungsi RAM pada HP Android diibaratkan sebagai penyimpanan digital jangka pendek. Tanpa RAM, aplikasi akan menutup sendiri saat kamu beralih ke aplikasi lain. Ini menyebabkan penundaan saat kamu mengunjungi kembali aplikasi yang sebelumnya kamu gunakan.

Fungsi RAM pada HP Android kerap dijadikan pertimbangan saat memilih smartphone. Berikut fungsi RAM pada HP Android, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(12/11/2020).

Cara kerja RAM

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Sebelum mengetahui fungsi RAM pada HP Android, ada baiknya mengetahui cara kerjanya terlebih dulu. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi.

Hal ini dimaksudkan bahwa, saat perangkat Android yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara. Semakin banyak RAM yang dimiliki ponsel, semakin banyak aplikasi yang dapat disimpan untuk akses cepat, yang membuat ponsel bekerja lebih cepat secara keseluruhan.

Sebagai gambaran, saat menghidupkan ponsel, dan membuka aplikasi untuk pertama kalinya, sebagian besar data OS dan aplikasi tersebut disimpan pada RAM ponsel. Setelah kamu selesai menggunakan aplikasi, ponsel menyimpan aplikasi dan aktivitas yang kamu lakukan di dalam RAM.

Saat kamu kembali membuka aplikasi tersbut, aplikasi akan terbuka dengan cepat dan dengan aktivitas terakhir yang kamu tinggalkan di aplikasi itu, seolah-olah kamu tidak pernah meninggalkan aplikasi. Ini karena riwayat aplikasi telah disimpan di RAM.

Fungsi RAM pada HP Android

[Fimela] Ilustrasi Ponsel Pintar

Ilustrasi Ponsel Pintar | https://www.pexels.com/@giftpundits-com-551816

Membaca data

Pada dasarnya, fungsi RAM pada HP Android adalah membaca dan menyimpan data yang ada di sistem Android. Melalui RAM, semua data serta informasi akan tersimpan secara sementara. Saat sebuah aplikasi dibuka, RAM akan membaca data dan aktivitas di aplikasi tersebut. Ini akan membuat aplikasi jadi lebih cepat dan mudah dibuka di kemudian waktu.

Sebagai penyimpanan sementara

Fungsi RAM pada HP Android selanjutnya adalah sebagai penyimpanan memori sementara. Fungsi RAM ini mampu menyimpan sementara memori dalam sebuah aplikasi ataupun program yang kamu miliki.

Fungsi RAM pada HP Android

Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Mendukung proses multitasking

Salah satu fungsi RAM pada HP Android yang penting adalah perannya untuk multitasking. Dengan RAM yang besar, sebuah perangkat Android dapat mengerjakan ataupun membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin lancar pula Android untuk memproses penggunaan multitasking.

Meningkatkan spesifikasi

Fungsi RAM pada HP Android yang kerap jadi bahan pertimbangan adalah mampu meningkatkan spesifikasi. Kapasitas RAM yang besar biasanya termasuk dalam daftar spesifikasi yang tinggi. Jika kamu mencari Android dengan kemampuan multitasking yang cepat, maka kamu perlu mencari perangkat dengan RAM yang besar.

Untuk bermain gim

Jika kamu menggunakan Android untuk bermain gim, penting untuk memperhatikan fungsi dan kapasitas RAM. Sebuah gim pada HP Android membutuhkan RAM yang besar untuk penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi gim memiliki desain 3D.

Cara meningkatkan kinerja RAM

ilustrasi ponsel pintar | unsplash.com/@paul_

Pada dasarnya RAM pada Android tidak bisa diotak atik karena sudah tertanam di dalam sirkuit perangkat. Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja RAM. Berikut langkah-langkahnya:

Batasi widget dan live wallpaper

Widget dan live wallpaper bisa sangat memakan penggunaan RAM. Banyaknya aktivitas refresh, pemenuhan bandwidth, dan widgen yang terus aktif juga dapat memengaruhi kapasitas RAM dan membuat Android jadi lebih lemot.

Hapus aplikasi secara manual

Banyaknya aplikasi bisa menguras kapasitas RAM. Kamu bisa menghapus atau mentup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang kamu gunakan. Jika aplikasi tidak bisa dihapus atau kamu masih memerlukannya, kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar tidak terus berjalan.

Ini dapat dilakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, kamu dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Kamu bisa memilih opsi force stop untuk mencegah aplikasi memakan RAM.

Nonaktifkan aplikasi bawaan

Pada Android yang tidak diroot, akan ada aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Aplikasi-aplikasi ini terkadang tidak berguna namun bisa memakan kapasitas RAM.

Meski tidak bisa dihapus, kamu masih bisa menonaktifkannya agar aplikasi tidak memakan RAM. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih menu aplikasi, lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan. Setelah itu pilih opsi disable app atau nonaktifkan aplikasi.

Cara meningkatkan kinerja RAM

Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Nonaktifkan animasi

Animasi sering mencuri kapasitas RAM dan sangat tidak penting. Kamu dapat mengatur ini di opsi pengembang atau developer. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkatmu, buka Pengaturan, lalu Tentang Telepon/About Phone lalu ketuk nomor build sekitar tujuh kali sampai memberitahukan bahwa kamu telah menjadi pengembang.

Setelah selesai melakukannya, kembali ke pengaturan ponsel dan gulir ke bawah ke Opsi Pengembang. Selanjutnya, masuk ke bagian Drawing dan matikan opsi berikut:

Window animation scale Transition animation scale Animator duration scale

Smart Booster

Instal aplikasi Smart Booster di Play Store. Setelah terinstal kamu bisa melakukan pelepasan RAM dengan menekan ikon roket yang berada di kanan bawah layar. Setelah itu kamu bisa mulai membersihkan RAM.

Klik setting lalu pilih opsi RAM Boost. Akan ada pilihan boost level mulai dari Gentle, Medium, Strong, dan Aggresive. Kamu bisa memilih level Aggresive untuk melakukan pembersihan RAM secara maksimal.

Pembersihan ini biasanya dilakukan ketika layar ponsel menyala. Kamu juga bisa melakukan pembersihan disaat layar mati atau sedang tidak digunakan. Caranya adalah dengan mencentang opsi Boost when screen off dan mengubah opsi Delay yo boost when screen off menjadi Immediately.

Kamu juga bisa mengaktifkan pembersihan otomatis dengan mencentang opsi Boost automatically dan mengubah RAM threshold (MD) menjadi 100MD dan atur Boost interval sesuai waktu pembersihan yang kamu inginkan.