arsip soal dan kunci jawaban soal perhoetelan



Paket-B
 
 


SOAL USBN C3 (PAKET KEAHLIAN)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

1.    Beberapa informasi atau data awal yang perlu diketahui  reservation attendat  agar pemesanan dapat segera di proses pemesanan adalah ...
A.      Arrival date, No. of Room, Type of room
B.       Departure date, No. of person, Guest Name
C.       Guest name, Type of room, No. of room
D.      Type of room, No. of room, Depature date
E.       Period, No. of room, Type of room
2.    Pemesanan yang belum di garansi oleh pemesan, pihak hotel  akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia sampai batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Batas waktu yang diberikan  sampai dengan pukul ….
A.      14.00
B.       15.00
C.       16.00
D.      17.00
E.       18.00
3.    Tamu yang dalam pemesanannya mengadakan perubahan , dikarenakan kedatangannya lebih awal dari jadwal semula  disebut ….
A.      Extention stay
B.       Early arrival
C.       Early departure
D.      Amendment
E.       Cancellation
4.             Petugas yang mempunyai kewajiban menjaga kebersihan di area umum hotel disebut...
A.            Room boy
B.            Bellboy
C.            Doorman
D.           Houseman
E.            Room maid
5.             Format yang di siapkan di trolley untuk di isi oleh roomboy/maid adalah ...
A.   Roomboy control sheet, Lost & Found, Lost & damage/work order
B.   Roomboy / maid control sheet, Lost & Found
C.  Lost & Found, Work order
D.  Work order, Lost & damage dan Lost & Found
E.   Lost & Damage , Roomboy control sheet
6.        Obat pembersih perabotan/perlengkapan hotel khususnya terbuat dari kayu disebut...
A.       Metal polish
B.       Glass cleaner
C.       Liquid soap
D.      Furniture polish
E.       Braso
7.        Petugas yang mempunyai tanggung jawab menjaga kebersihan kamar tamu dan kamar mandi hotel disebut...
A.       Room boy
B.       Bellboy
C.       House man
D.      Door man
E.       Waiter
8.        Alat yang digunakan untuk mengumpulkan atau menampung sementara debu atau kotoran pada waktu menyapu lantai adalah...
A.     Dust pan
B.     Hand brush
C.     Bottle spray
D.    Round head brush
E.     Mattress
9.      Dua kamar yang saling bersebelahan dan dihubungkan dengan pintu penghubung disebut...
A.       Suite room
B.       Adjoining room
C.       Connecting room
D.      Double room
E.       Press room
10.  Alat kecil di pintu yang digunakan untuk melihat tamu atau orang yang berada diluar kamar disebut...
A.       Linear
B.       Cleaner
C.       Freshner
D.      Shower
E.       Viewer
11.  Pelayanan oleh room boy/ maid untuk membuka tempat tidur dan merapikan kamar yang disewa tamu dilakukan sore hari (evening shift) disebut...
A.       Turn down service
B.       Making bed
C.       General cleaning
D.      Cleaning service
E.       Cleaning equitment
12.  Kode kamar yamg menyatakan status kamar yang ditempati oleh staf kantor atau manajer karena tugas adalah...
A.       HU
B.       CO
C.       CI
D.      DL
E.       CO
13.  Penutup mattress atau kasur yang terbuat dari lena (katun) yang tebal dan berguna untuk penahan dan pelindung dari keringat disebut...
A.       Bed sheet
B.       Blanket
C.       Head board
D.      Bed pad
E.       Bed lamp
14.  Kode kamar yang menyatakan status kamar yang yang sudah disewa tamu, tetapi tamu tidak menempati kamar tersebut adalah...
A.       SO
B.       VD
C.       NL
D.      CO
E.       OC
15.  Sebuah kunci kamar yang di bawa oleh floor supervisor yang dapat digunakan untuk membuka semua kamar yang ada di lantai disebut...
A.       Pass key
B.       Master key
C.       Grand master key
D.      Emergency key
E.       Key rack
16.  Alat yang digunakan untuk menekan dan menarik genangan air adalah...
A.       Wiper
B.       Hand brush
C.       Long hand brush
D.      Floor squeezer
E.       Bottle spray
17.  Metode pembersihan suatu benda dari debu atau kotoran dengan mengelap dan lap (cloth) yang digunakan untuk membersihkan harus lap (cloth) lembab metode tersebut...
A.       Dusting
B.       Damp dasting
C.       Glass cleaning
D.      Swepping
E.       Damp sweeping
18.  Daftar tamu yang diharapkan berangkat disebut dengan istilah....
A.     Expected Arrival List                                
B.     Expected Departure List
C.    Guest History Record                               
D.    List of Important Guest
E.     Guest List
19.  Peralatan kantor yang fungsinya untuk melubangi kertas yang akan di file di odner adalah....
A.       Cutter
B.       Paper clip
C.       Steppler
D.      Perforator
E.       Calculator
20.  Good morning, Sir, Welcome to edOTEL Vocational High School Surabaya, May I help you?” ungkapan ini disampaikan oleh doorman saat tamu...
A.    Masuk kamar
B.     Meminta kunci kamar
C.     Akan menuju ke lobby
D.    Mengeluarkan barang dari mobil
E.     Minta barangnya dibawakan ke mobil
21.  Kolom untuk mengisi jumlah koper yang dibawa, di isi dengan angka adalah ……
A.     Time Out 
B.     Total luggage
C.     Errand card
D.    Departure
E.     Room Number
22.  Tugas utama reservation staff adalah:
A.      Menerima tamu
B.       Menawarkan kamar supaya terjual             
C.       Menerima telepon                             
D.      Mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat
E.       Menyambut tamu
23.  Satu kegiatan menetapkan kamar untuk tamu yang memesan kamar sebelum tamu itu datang disebut dengan....
A.     Blocking Room     
B.     Departure Room                          
C.    Blocking Card
D.    Room Status Board          
E.     Arrival room                     
24.  Satu rekening yang di buat untuk tamu rombongan dimana rekening inti ini memuat seluruh fasilitas yang digunakan oleh tamu rombongan sesuai dengan surat jaminan/ voucher disebut....
A.     Extra bill
B.     Master bill
C.     Individual bill
D.    Separate bill
E.     Guaranted bill
25.       Mr. Dan Mrs. Agus menginap di hotel Majapahit Surabaya selama 4 malam, di kamar duluxe dengan harga US$ 55 per-night belum termasuk Tax dan Service 21%. Mereka mempergunakan fasilitas laundry US$ 15 netto, Spa US$  25 netto dan Mini Bar US$ 15 nett, nilai tukas 1 US$ adalah 10.900,00 pada saat check out mereka akan membayar dengan mata uang rupiah...
A.      Rp. 3.501.080-,
B.        Rp. 3.401.080-,
C.       Rp. 3.601.080-,
D.      Rp. 3.701.080-,
E.       Rp. 3.001.080-,