Perawatan Dan Pemeliharaan Jaringan
Memiliki sebuah jaringan bukanlah suatu hal yang murah. Banyak komponen-komponen jaringan yang harus dibeli dengan biaya yang cukup besar. Semakin luas jaringan, semakin banyak komponen jaringan dan semakin besar biaya yang di butuhkan.
Bagi sebuah perusahaan, koneksi Internet menjadi sebuah bagian yang penting dalam bisnis. Terputusnya koneksi Internet dapat mengakibatkan kerugian, sebagai berikut:
- Terhambatnya proses pelaksanaan bisnis suatu perusahaan
- Tertundanya beberapa pekerjaan yg dapat mengakibatan kerugian materi
Dari penjelasan di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa jaringan adalah suatu asset yang berharga. Oleh karena itu, diperlukan suatu perawatan dan pemeliharaan jaringan. Tujuannya adalah agar komponen-komponen jaringan tidak cepat rusak, dan dapat bertahan cukup lama. Selain itu perawatan dan pemeliharaan juga dilakukan agar jaringan dapat terus digunakan sebagaimana mestinya.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, perawatan jaringan perlu dilakukan. Mengaudit suatu peralatan jaringan perlu dilakukan jika informasi tentang itu belum tersedia. Peralatan jaringan yang diaudit meliputi Ethernet Card, Hub, Switch, Router, dan peralatan jaringan lainnya.
Suatu strategi-strategi perawatan untuk menjaga kontinuitas operasi IT dan fungsi bisnis diidentifikasi berdasarkan faktor, faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Anggaran
- Persyaratan SLA
- Kebutuhan bisnis
Untuk itu dalam menguji suatu strategi perawatan perlu mempertimbangkan beberapa faktor di atas. Jadwal perawatan komponen jaringan juga harus dilakukan dan dipertimbangkan berdasarkan faktor-faktor di atas.
Dalam strategi perawatan jaringan, suatu dokumentasi arsitektur dan konfigurasi sistem jaringan juga perlu ditinjau kembali. Tujuan dilakukan pemberian informasi ini adalah untuk menyediakan suatu informasi terbaru sehingga dapat dilakukan suatu penanganan yang mudah jika terjadi suatu kerusakan atau kesalahan dalam ja ringan.
SLA
SLA atau yang dikenal dengan perjanjian tingkat layanan adalah perjanjian formal antara Service Provider dengan pelanggan untuk menetapkan suatu level pelayanan (QoS) tertentu. SLA disiapkan untuk mencocokkan pengguna dengan persyaratan bisnis.
SLA perlu dipersiapkan untuk sesuai dengan parameter yang berlaku. Beberapa parameter yang dapat mempengaruhi SLA untuk layanan voice adalah sebagai berikut :
- Paket loss Delay
- Throughput
- Jitter
Help Desk
Help desk dan fungsi dukungan lain diatur menurut prosedur dan standar yang disetujui dan sesuai dengan praktek terbaik yang ada di industri. Help Desk adalah suatu sistem pendukung yang didesain untuk menuntun pelanggan dengan jawaban teknis dan fungsional. Help Desk sangat membantu bagi pelanggan yang ingin mengadukan suatu kerusakan pada jaringan.
Metode Identifikasi Masalah
Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam sistem jaringan, sebagai berikut
|
Metode ini melakukan pelacakan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada sistem jaringan hingga dapat menemukan solusi yang tepat.
- Metode Try and Error
Metode ini melakukan percobaan dan mencatat hasil yang dikeluarkan untuk menemukan pemecahan dalam menangani masalah yang timbul.
Berikut ini adalah contoh-contoh kasus pada jaringan dan tindakan yang harus dilakukan.
Kasus & Tindakan
Kasus : Suatu server yang berfungsi untuk melakukan resolver dari nama domain ke IP address pada jaringan sedang mati atau down
Tindakan : Merestart kembali daemon DNS untuk diaktifkan
Kasus & Tindakan
Kasus : Suatu server pada jaringan sedang mati atau down sehingga para klien tidak dapat mendapatkan IP dinamis dari server tersebut
Tindakan : Merestart kembali daemon DHCP untuk diaktifkan
Kasus & Tindakan
Kasus : Suatu server yang berfungsi untuk mengelola halaman suatu situs pada jaringan sedang mati atau down
Tindakan : Merestart kembali daemon APACHE untuk diaktifkan
P erawatan Perangkat Jaringan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada dua buah perangkat dalam jaringan:
- Perangkat Keras
- Perangkat Lunak
Perawatan Perangkat Keras
Berikut ini adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat keras jaringan agar jaringan dapat beroperasi dengan baik:
- Membersihkan setiap perangkat keras jaringan dari debu yang menumpuk
- Melakukan penyusunan kabel LAN secara teratur untuk mudah dalam melakukan penelusuran kesalahan. Oleh karena itu kabel LAN biasanya diberikan sebuah label.
- Memastikan antena yang terhubung ke ISP tidak berubah posisi dari posisi semula dan berada pada kondisi Line Of Sight.
Apabila terjadi kesalahan dalam pengkabelan, dapat digunakan alat yang bernama LAN tester. Fungsi dari alat ini adalah untuk menguji redaman suatu kabel LAN, maupun struktur kabel tersebut.
Apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya hub sehingga beberapa user terganggu aktifitasnya. Komponen Switch dapat digunakan sementara untuk mengatasi hal tersebut. Sedangkan apabila diketahui bahwa kesalahan disebabkan oleh rusaknya router pinjaman dari ISP sehingga semua user yang tergabung dalam jaringan tersebut terganggu aktifitasnya, maka PC Router dapat digunakan sementara untuk meminimalkan gangguan tersebut.
Sementara itu untuk dapat menguji konektifitas dan kinerja access point sehingga dapat memonitor sedang dalam kondisi apa AP tersebut, dapat menggunakan sebuah software yang bernama netstumbler.
Akan tetapi ada keterbatasan dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan jaringan. Ada prosedur-prosedur perawatan yang tidak dapat dilakukan oleh internal, contohnya antara lain sebagai berikut:
- Penginstallan Antena AP yang dipinjamkan oleh pihak ISP yang terletak pada kantor ISP tersebut
- Penginstallan kabel serat optik yang akan digunakan sebagai media penghubung dari ISP ke pelanggan
Sedangkan prosedur perawatan yang dapat dilakukan secara internal contohnya antara lain adalah sebagai berikut:
- Pembersihan komponen jaringan dari debu dan kotoran lainnya
- Pembuatan dan penjagaan firewall untuk kepentingan perusahaan
Perawatan Perangkat Lunak
Berikut ini adalah cara-cara dalam melakukan perawatan perangkat lunakjaringan agar jaringan dapat beroperasi dengan baik:
- Tidak melakukan perangkat lunak yang memakan memori besar pada komputer yang berfungsi untuk memonitoring kondisi jaringan. Perangkat lunak yang memakan memori besar antara lain adalah game.
- Selalu memperbaharui kompatibilitas perangkat lunak dengan perangkat keras
Rekomendasi pencegahan atau deteksi dini dari masalah-masalah yang sama pada peralatan dan perangkat lunak di buat. Hal ini bertujuan agar penyelesaian untuk masalah-masalah yang sama dapat dilakukan dengan cepat.
Dokumentasi Perawatan
Dokumentasi hasil perawatan perangkat keras dan lunak dibuat untuk melengkapi persyaratan standar proyek. Seiring dengan perkembangan teknologi, dokumentasi yang dibuat secara digital memiliki kelebihan dibandingkan dokumentasi secara manual. Contoh dari format digital adalah dengan membuat dokumen berformat .txt, .doc, atau .pdf.
Tujuan dari digitalisasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Untuk melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital
- Untuk mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien di semua sector
- Untuk mendorong upaya kerjasama yang sangat mempengaruhi investasi pada sumber-sumber penelitian dan jaringan komunikasi
Laporan kesalahan dalam bentuk digital tersebut sebaiknya juga dicetak dan ditempatkan pada dekat komponen jaringan sehingga dapat meminimalisasi waktu yang terbuang akibat kecelakaan atau kerusakan pada jaringan.
Pembaharuan Jaringan
Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak komponen jaringan yang muncul dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan menjadi lebih baik lagi. Agar dapat bersaing, terkadang perusahaan haru selalu melakukan pembaharuan dalam teknologi jaringan, baik komponen mau pun sistemnya.
Pembaharuan juga dibutuhkan ketika sistem yang lama sudah dinilai tidak layak lagi. Ketidaklayakan tersebut dapat dipandang dari segi kesalahan yang terjadi akibat sistem lama tersebut, maupun ketidaksesuaian dengan kebutuhan bisnis perusahaan saat ini dan di masa yang akan datang. Hal ini tentu membutuhkan suatu perubahan sistem. Untuk dapat memenuhi permintaaan perubahan suatu sistem, laporan kesalahan dan laporan help desk perlu dikumpulkan dan ditinjau terlebih dahulu. Tujuannya adalah sebagai berikut:
- Untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pengerjaan permintaan perubahan system
- Agar dapat menjalankan permintaan secara terstruktur sesuai dengan laporan dan permintaan yang ada
Modifikasi Sistem
Yang merupakan modifikasi suatu sistem antara lain sebagai berikut:
- Koreksi kesalahan system
- Perbaikan system
- Pengembangan sistem
Staf yang tepat ditugasi dalam pelaksanaan modifikasi sistem jaringan adalah sebagai berikut:
- Administrator
- IT technical support
- Provider jaringan
Sedangkan jika ingin melakukan modifikasi pada sistem operasi jaringan, tugas tersebut lebih tepat diserahkan pada administrator atau programmer.
Koreksi Kesalahan Sistem
Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan koreksi sistem komputer.
- Memeriksa log system
Biasanya sistem melakukan pencatatan ke dalam log jika sistem mengalami error. Selain agar dapat dikoreksi, laporan kesalahan juga diperlukan untuk mengidentifikasi perubahan sistem jaringan.
- Melakukan pencarian kesalahan
- Membenahi dan membetulkan sistem yang salah
Pengembangan Sistem
Langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan sistem adalah sebagai berikut:
- Menilai kelayakan system
- Memperbaharui seluruh komponen dalam sistem
- Menyelaraskan dengan standarisasi teknologi yang baru
Dampak
Ketika implementasi baru dilakukan dengan tujuan untuk pembaharuan jaringan, tentu akan membawa dampak sementara bagi jaringan. Contoh dampak terhadap basis pengguna antara lain adalah sebagai berikut:
- Pemadaman jaringan sementara waktu
- User akan off-line sementara waktu
Sedangkan perubahan yang terjadi ketika terjadi migrasi dari jaringan kabel ke jaringan nirkabel antara lain adalah sebagai berikut:
- Perubahan perangkat jaringan
- Perubahan kecepatan data
Sementara itu, suatu perubahan dalam bentuk apapun termasuk topologi jaringan perlu dilakukan klarifikasi kepada para pengguna jaringan agar tidak mengganggu kinerja perusahaan.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut dari perubahan sistem jaringan, sebagai berikut:
- Dokumentasi
Apabila suatu perubahan desain jaringan telah terbentuk maka perlu dibuatkan suatu dokumen teknis atau dokumen pemakaian. Tujuannya adalah menjadi pedoman tuntunan penjelasan perubahan suatu sistem jaringan. Format dari dokumentasi ini adalah sebagai berikut:
- Menjabarkan topologi jaringan dan penjelasannya dengan bahasa yangmudah dimengerti
- Cara-cara standar seperti merubah IP komputer klien sesuai dengan topologi jaringan didefinisikan
Pelatihan
Pelatihan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pelatihan klien terhadap permintaan perubahan sistem. Contoh bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dalam suatu pelatihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Pengenalan dasar topologi jaringan
- Cara memberikan IP ke komputer masing-masing
- Troubleshooting apabila komputer klien tidak dapat terhubung ke jaringan
Suatu pelatihan kepada klien tidak dapat dilakukan secara bersamaan untuk seluruh bagian-bagian dalam perusahaan karena itu dalam pelaksanaannya perlu dibuatkan jadwal untuk tiap-tiap bagian sesuai dengan materi yang akan diberikan.