26. Cermatilah teks berikut!
Judul
buku : 99 Cahaya di
Langit Eropa
Penulis
: Hanum
Salsabila Rais dan Rangga Almahendra
Penerbit/kota
terbit : Gramedia/Jakarta
Tahun
terbit/halaman : 2012/90
Penulisan catatan kaki yang sesuai dengan
data buku di atas adalah …
A. Hanum
Salsabila Rais dan Rangga Almahendra, 99
Cahaya di Langit Eropa (Jakarta: Gramedia , 2012) hlm.90.
B. Rangga
Almahendra dan Hanum Salsabila Rais, 99
Cahaya di Langit Eropa (Jakarta: Gramedia , 2012) hlm.90.
C. Hanum
Salsabila Rais dan Rangga Almahendra, 99
Cahaya di Langit Eropa (Jakarta: Gramedia , 2012) hlm,90.
D. Hanum
Salsabila Rais dan Rangga Almahendra, 99
Cahaya di Langit Eropa (Jakarta: Gramedia , 90), th.2012
E. Rangga
Almahendra dan Hanum Salsabila Rais, 99
Cahaya di Langit Eropa (Jakarta: Gramedia), hlm.90.
27. Cermati kalimatlangsung berikut!
“coba saja
minta ke Ayah” kata Ibu.
|
Perbaikan
kalimat langsung yang tepat adalah ....
A. “coba saja minta ke Ayah” kata Ibu
B. “coba saja minta ke Ayah,” kata Ibu.
C. “Coba saja minta ke ayah”, kata ibu.
D. “Coba saja minta ke ayah,” kata ibu.
E. “Coba saja minta ke ayah,” kata Ibu
28. Cermatilah teks berikut!
Ringkasan paragraf di atas adalah….
A. Manusia
memanfaatkan telur, kulit, darah, dan bisa reptile untuk keperluan hidupnya.
B. Telur,
kulit, dan darah reptile dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan.
C. Telur
penyu dan buaya dimanfaatkan manusia untuk
menambah protein hewani.
D. Reptile
dimanfaatkan oleh manusia untuk bahan berbagai keperluan hidupnya.
E. Bagi
petani, ular sangat bermanfaat sebagai pengendali populasi hama tikus.
29. Cermatilah teks berikut!
Tanggapan positif
terhadap isi paragraf di atas adalah …
A. Anggota
masyarakat harus selalu mengikuti perkembangan jejaring sosial elektronik.
B. Sejak
adanya jejaring sosial elektronik, peran teknologi informasi semakin berkurang.
C. Semua
peristiwa dunia hanya dapat disaksikan melalui Facebook, twitter, dan mailingf
List.
D. Teknologi
informasi mampu mengubah dunia dengan kecepatan luar biasa.
E. Setelah
memenangi pilpres, Presiden Obama mampu mengubah duania melalui Facebook.
30. Cermatilah teks berikut!
Konjungsi dalam teks tersebut menyatakan
hubungan ... .
A. sebab-akibat
B.
akibat-sebab
C.
waktu
D. pertentangan
E.
cara
31. Cermati langkah-langkah berikut!
Membuat pupuk organik padat
(1). Larutkan EM4 dalam air
setelah media siap!
(2). Taburkan jerami, dedak,
bubuk gergaji dan bahan organik untuk lapisan kedua!
(3). Setelah itu, tutup rapat
tumpukan bahan-bahan tadi dengan rapi!
(4). Siapkan media pembuat
pupuk (kotoran ternak)!
(5). Buat lapisan pertama dari campuran kotoran ternak dan
arang sekam yang sudah diaduk rata!
|
Urutan
langkah-langkah yang tepat membuat pupuk organik tersebut adalah ....
A. (2), (5), (3),
(1), (4)
B. (3), (4), (1), (2), (5)
C. (4), (5), (2), (3), (1)
D. (4), (1), (5), (2), (3)
E. (5), (3), (2), (1), (4)
32. Cermatilah teks berikut!
Judul novel : Lelaki Tua dan
Laut/The Old Man and The Sea
Pengarang/Penerjemah : Ernest
Hemingway/ Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
Di
sisi lain, untaian kata-kata
Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri pada pembaca persis seperti
gerakan ombak laut. Dengankemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah
sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
|
Kalimat resensi yang tepat untuk
menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ...
A. Sedikit sekali penulis yang berani mengangkat ide cerita dari
kaum pinggiran seperti nelayan. Namun, Hemingway berani mengangkatnya menjadi
sebuah cerita yang penuh ketegangan ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis agak lambat menciptakan ketegangan-ketegangan dalam
cerita. Pembaca menjadi kurang bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu
monoton, yaitu laut dan laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya berbahasa tak perlu diragukan
lagi. Hanya saja, khusus pada novel ini tema yang diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan Hemingway pada novel ini sangat
melompat-lompat persis alunan ombak laut yang mengguncang-guncang perahu.
E. Meskipun buku ini banyak dibaca orang, terlihat banyak
kekurangan tentang kebiasaan di laut yang mungkin Hemingway sendiri dapat
merasakannya.
33. Cermatilah teks berikut!
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggi sembilan
Tuntut ilmu
bersungguh-sungguh,
Agar tidak ketinggian.
Puisi II
Orang-orang miskin di
jalan,
Yang tinggi di dalam
selokan,
Yang kalah di dalam
pergulatan,
Yang diledek dalam
impian,
Janganlah merasa
ditinggalkan.
Perbedaan
pola penyajian kedua puisi tersebut adalah.....
A. Puisi I (menggunakan banyak lambang), Puisi II
(menggunakan kata-kata kias)
B. Puisi
I (tema: kesungguhan dalam menuntut ilmu), Puisi II ( tema : mengentaskan orang
miskin).
C. Puisi
I ( persamaan bunyi akhir baris a-b-a-b), Puisi II ( persamaan bunyi akhir
baris a-b-a-b)
D. Puisi
I ( bahasa mudah dimengerti), Puisi II ( bahasa sulit dimengerti)
E. Puisi
I ( nada dalam puisi berupa protes), Puisi II ( nada dalam puisi mencemooh).
34. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Salah satu laru
itu adalah laru yang dibuat dari tempe yang sudah jadi.
(2) Laru lain yang
sering dipakai adalah miselium kapang yang tumbuh dipermukaan tempe.
(3) Dalam pembuatan
tempe dikenal beberapa ragi atau laru tempe.
(4) Tempe tersebut
diiris-iris tipis, dikeringkan, digiling menjadi bubuk halus dan
hasilnya digunakan sebagai bahan inokulum dalam proses fermentasi.
(5) Ragi laru tempe
ini digunakan dalam proses fermentasi untuk menghasilkan tempe dengan
kualitas tinggi.
|
Agar
kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf dedukatif, urutannya adalah ….
A. (3), (5), (1),
(4), (2)
B. (3), (1), (2), (4), (5)
C. (5), (1), (3), (2), (4)
D. (5), (2), (4), (1), (3)
E. (4), (2), (3), (5), (1)
35. Cermatilah
teks berikut!
1. Lalu mengumpul kembali memenuhi
jalanan,setelah mobil berlalu.
2. Sementara gadis-gadis kecilnya duduk
bersilah main masak-masakan,main congklak, atau melompat-lompat main
engklek
3. Di gang itulah aku dan teman-teman
tumbuh dan dibesarkan
4. Jika ada mobil lewat, yang terpaksa
merayap pelan bagai keong , anak-anak menyibak ketepi.
5. Di sana, di jalanan yang sempit itu,
anak-anak bermain gundu,main bola kaki,berkejaran main layangan,main petak
umpet,main galasin.
|
Urutan yang tepat kalimat-kalimat teks
cerita pendek tersebut adalah ....
A. (3),(4),(5),(2),(1)
B. (3),(5),(1),(2),(4)
C. (3),(5),(2),(4),(1)
D. (5),(2),(3),(1),(4)
E. (5),(3),(2),(4),(1)
36. Cermatilah teks berikut!
1. Tunggulah pemanggilan untuk merekam pas
foto,tanda tangan, sidik jari dan iris mata
2. Antara lain, warga negara Indonesia
(WNI) dan memiliki kartu keluarga
3. Selanjutnya warga harus datang sendiri ke kantor kecamatan setempat (tidak dapat di wakilkan )
4. KTP Elektronik atau E KTP merupakan
salah satu program pemerintah di bidang ke pendudukan.
5. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pembuatan E
KTP tersebut.
Urutan langkah- langkah
yang tepat dari teks prosedur secara acak di atas ialah ....
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(3)-(1)
C. (5)-(3)-(2)-(1)-(4)
D. (3)-(2)-(1)-(4)-(5)
E. (5)-(3)-(2)-(4)-(5)
37. Cermatilah teks berikut!
Wisatawan mancanegara banyak berkunjung ke Indonesia. Mereka
menikmati keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu,
mereka sangat tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia.
|
Kata wisatawan dalam paragraf
tersebut mempunyai makna kata yang sama dengan kata ....
A. pendatang
B.
pelancong
C.
penduduk
D.
penjelajah
E.
penikmat
38. Cermatilah teks berikut!
Perbaikan
kalimat rancu tersebut yang benar adalah …
A. Barang yang dibawa penumpang harap
dimasukkan ke bagasi.
B. Para penumpang yang membawa barang
dimasukkan bagasi.
C. Barang penumpang diharap dimasukkan ke
bagasi.
D. Penumpang yang membawa barang harap
dimasukkan bagasi.
E. Bagi penumpang yang membawa barang harap
dimasukkan bagasi
Penggunaan media sosial di gadget yang
berlebihan bisa berdampak buruk. Banyak sekali remaja menggunakan media sosial
untuk mencurahkan hati atau sesuatu yang menurutnya harus dibeberkan ke media
sosial tanpa mempedulikan dampak yang akan timbul.
(Dampak Candu Gadget pada Remaja dan Tips Mengatasinya, cnnindonesia.com, 2018)
(Dampak Candu Gadget pada Remaja dan Tips Mengatasinya, cnnindonesia.com, 2018)
Perbaikan kata dalam teks tersebut adalah
...
A. “Media sosial” diganti medsos.
B. Kata “gadget” dihilangkan.
C. Kata “sekali” dihilangkan.
D. Kata “atau” diganti “dan”.
E. “Mencurahkan hati” diganti curhat.
40. Cermatilah teks berikut!
Bila dikaitkan dengan teori Kuhn, efek dijital ini telah menjadi
enzim percepatan refolusi
keilmuan. Sebagai konsekwensi dari kenyataan digitalisasi ini,
kita harus mampu secara
bijak menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, yakni sosial,
ekonomi, politik, dan
pendidikan.
(Efek
Digital Jadi Enzim Percepatan Revolusi Keilmuan, jawapos.com, 2018)
|
Perbaikan kata yang benar adalah ... .
A. revolusi, keilmuan, konsekuensi, dan
dijitalisasi
B. digital, revolusi, keilmuan, dan
konsekuensi
C. di kaitkan, digital, digitalisiasi, dan
ke nyataan
D. di kaitkan, digital, revolusi, dan
konsekuensi
E. konsekuensi, revolusi, keilmuan, dan
dijitalisasi
B. URAIAN
41. Cermatilah teks berikut!
Bukti
latar gunung cerpen tersebut terdapat pada kalimat …
Perilaku berkendara
remaja cenderung liar. Hal ini terurama terlihat pada pelajar yang bersekolah
dengan menggunakan sepeda motor. Banyak di antara mereka yang membawa sepeda
motor tanpa mematuhi aturan berkendara dan berlalulintas, seperti tidak
menggunakan helm, tidak menggunakan spion, berknalpot brong, berboncengan tiga,
menggunakan sepeda motor modifikasi yang tidak memenuhi standar laik jalan,
termasuk tidak memiliki SIM. Parahnya, banyak orang tua yang membiarkan anaknya
berangkat sekolah dalam keadaan yang demikian. Jika dibiarkan terus-menerus,
maka ini akan menimbulkan citra negatif bagi pelajar dan institusi pendidikan.
Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, jajaran Polsertabes Surabaya berharap
kepada seluruh kepala sekolah untuk dapat membuat kebijakan yang tegas agar
anak-anak ketika berangkat sekolah dapat tertib dalam berkendara dan berlalu
lintas.
Tanggapan logis
paragraf tersebut adalah ...
43. Bacalah kutipan teks dialog
berikut!
Wali kelas : “Anto, bagaimana rencana studi
wisata ke Yogyakarta, apakah teman- temanmu setuju?”
Ketua kelas : “Saya sudah berbicara dengan
teman-teman, mereka ingin ke Bali, Bu.”
Wali kelas : a. [….]
Ketua kelas : “Kalau Yogyakarta kita sudah sering
berkunjung ke sana sedangkan ke Bali belum pernah.”
Wali kelas : “Tetapi ibu sudah menyampaikan
rencana ini kepada kepala sekolah dan beliau menyetujuinya.”
Ketua kelas : “Kalau ke Yogyakarta banyak teman yang
tidak mau ikut, Bu.”
Wali kelas : “Bagaimana ya, padahal ibu sudah
mempersiapkan semuanya.”
Ketua kelas : b. [….]
Wali kelas : “Baiklah kalau begitu, secepatnya
bicarakan dengan beliau, nanti hasilnya laporkan kepada ibu.”
|
Lengkapilah kutipan teks dialog
tersebut dengan kalimat pada bagian yang rumpang!
Gunakan kalimat, ejaan, dan tanda baca
yang tepat!
44. Cermatilah teks berikut!
Sama halnya dengan jenis tanaman lain,
pohon pisang pun dapat terserang hama dan penyakit yang disebabkan oleh
bakteri maupun virus. Bagian yang bisa diserang hama dan penyakit adalah
bagian batang dan daunnya. Ada pula hama yang menyerang bagian akar
tanaman. Ketika serangan hama dan penyakit sudah berat, tak jarang tanaman
harus dibongkar atau dibakar. Hal ini dilakukan agar penyakit tidak
menular.
|
Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
45. Cermatilah teks berikut!
Kata VeriNanti malam saya jemput
di taman ya?
|
Penulisan
kalimat langsung yang tepat adalah ....