1.
Pada guest bill, jumlah
keseluruhan dari transaksi tamu selama menginap yang akan dibayar oleh tamu
saat check out (termaksud pajak dan
pelayanaan), akan ditulis pada kolom....
A.
Debit
B.
Remark
C. Charge
D.
Description
E.
Kredit
2.
Harga kamar hotel beragam tergantung dari situasi dan waktu. Pada umumnya
hotel memberlakukan paket harga kamar. Paket harga kamar yang berlaku khusus
hari libur mingguan (Jumat sampai dengan Minggu)
disebut...
A. Weekend rate
B.
Weekdays rate
C.
Corporate rate
D.
Compliment
E.
Family Rate
3.
Hotel Purnama Batu, memiliki
400 kamar, pada hari Sabtu, tanggal 10 Maret
2018, memiliki
kondisi kamar hotel sebagai berikut: Occupied 200 kamar, C/O
20 kamar, House Use 15 kamar, kamar yang rusak 15 kamar, maka jumlah kamar
yang dapat dijual untuk walk in guest pada hari tersebut adalah...
A.
220 kamar
B.
205 kamar
C.
200 kamar
D.
190 kamar
E.
170 kamar
4.
Bapak Hasyim
menginap di hotel Evora Surabaya selama 2 malam. Harga kamar deluxe permalam Rp.
450.000,- harga belum termaksud 21% goverment
tax dan service charge. Berapa harga kamar yang harus dibayar oleh Bapak Hasyim?
A.
Rp. 1.089.000,-
B.
Rp. 990.000,-
C.
Rp. 989.000,-
D.
Rp. 1.089.900,-
E.
Rp. 1.989.000,-
5.
Alat
utama yang digunakan di bagian operator telepon yang berupa telepon terdiri
dari tombol-tombol dan dilengkapi head
set dan pengeras suara adalah…
A. PABX
B.
Pigeon hole
C.
Key drop box
D.
Telepon
E.
E-mail
6.
Kotak
tempat menyimpan barang berharga milik tamu disebut…
A.
Bill rack
B.
Bell Desk
C.
Pigeon hole
D.
Key drop box
E. Safe deposit box
7. Meja panjang yang digunakan untuk
menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan sebagian peralatan kantor depan
disebut…
A.
Reservation rack
B.
Information rack
C.
Room rack
D. Counter
E.
Bell desk
8.
Dalam proses pencucian diperlukan tahap pembilasan sebanyak...
A.
4 kali
B.
2 kali
C.
3 kali
D.
1 kali
E.
5 kali
9.
Proses pencucian yang dibantu dengan aksi kimia dan gaya mekanisme
disebut...
A.
Extract
B. Main washing
C.
Prewash
D.
Pressing
E.
Folding
10. Mesin mashroom
garment press berfungsi melicinkan bagian dari pakaian, yaitu...
A.
Dada, pundak, dan kerah
B.
Dada, punggung, pundak dan tangan
C.
Kerah baju
D.
Punggung dan tangan
E.
Tangan dan kerah
11.
Mesin laundry yang berfungsi untuk memeras pakaian/ linen disebut...
A.
Main wash machine
B.
Marking machine
C.
Pressing machine
D.
Washing machine
E. Extractor machine
12.
Linen yang di tata/diletakkan di Room Boy Trolley, jika menggunakan
Duvet adalah ....
A.
Bed Sheets, Pillow Cases, Bed Runner
B. Pillow Cases, Bed sheets Double, Bed sheet Single
C.
Matrrass Protector, Bed Sheets, Pillow cases.
D.
Bed Sheets, Pillow Cases, Duvet cover, Towels
E.
Duvet Cover, Pillow cases, Towels
13.
Chemical/cleaning supplies/bahan pembersih yang di letakkan di carry cady adalah...
A.
Toilet bowl cleaner, MPC, Glass cleaner
B.
MPC, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap
C. Liquid soap, MPC, Toilet bowl
cleaner, Glass cleaner, Wood polish
D.
MPC, Air freshener, Liquid soap, wood polish
E.
Air freshener, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap, MPC
14.
Bahan kimia yang dapat berfungsi menurunkan atau menghilangkan kotoran / noda
yang memiliki ikatan pada pakaian disebut…
A. Spot removing machine
B. Suzy – q
C.
Detergen
D. Hand iron
E. MPC
15. Jenis proses menghilangkan kotoran pada pakaian sehingga pakaian yang dicuci tampak seperti semula atau baru disebut…
A.
Proses pencucian
B.
Manual dan machine equipment
C.
Pick up service
D.
One day service
E.
Valet service
JAWABLAH
PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN SINGKAT !
1.
Hotel Mozcha Surabaya memiliki 30 kamar terdiri dari
24 single bed dan 6 double bed dengan menggunakan 3 sheet. Pihak hotel
menggunakan 3 par stock. Berapakah sheet yang diperlukan untuk semua kamar?
2.
Sumber-sumber
reservasi ada 4 (empat). Sebutkan!
3.
Sebutkan 5 alat pembersih yang termasuk kelompok alat penampung?
4.
Seorang receptionist melayani keberangkatan tamu. Disaat tamu tersebut check in sudah diinformasikan kepada
petugas bahwa tamu tersebut sudah memiliki pemesanan dan sudah mengaransinya,
tetapi tamu lupa membawa Gurantee Letter (GL) sebagai bukti pembayaran yang akan di tagihkan seluruhnya
kepada perusahaan yang mengeluarkan GL
saat tamu telah meninggalkan hotel. Tamu berjanji akan menghubungi perusahaan tetapi sampai dengan checkout GL yang
dijanjikan belum ada. Apa saran yang dapat kalian berikan kepada receptionist tersebut?
5.
Jelaskan
6 format yang digunakan pada saat menangani ‘Laundry Guest’!
-
SELAMAT MENGERJAKAN -