tata niaga soal

 

PAKET. A

1.             Penampilan diri sering dikenal dengan istilah…

A.           Performance

B.            Grooming

C.            Industrial higienc

D.           Penampilan prima

E.            Accupational

 

2.             Segmentasi   perilaku  membagi  konsumen  menjadi  beberapa  kelompok berdasarkan…

A.           Gaya hidup

B.            Status social

C.            Pengetahuan dan respon terhadap produk

D.           Umur dan pengetahuan

E.            Proses terhadap produk dan gaya hidup

 

3.             PT. Unilever Indonesia merupakan salah satu  perusahaan  yang  menerapkan   strategi segmentasi pasar…

A.           Konsentrasi

B.            Multisegmen

C.            Triplesegmen

D.           Konsidasi

E.            Gabungan

 

 

 

 

 

 

 

4.             Tarif  bea materai   Rp.6000,- dikenakan terhadap  dokumen-dokumen  perjanjian dan dokumen-dokumen berharga seperti berikut…

A.           Surat yang mempunyai harga nominal lebih Rp. 250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-

B.            Surat-surat berharga seperti wesel,promesdan aksep yang bernominal lebih dariRp.250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-

C.            Efek dengan nama dan dalam bentuk apapun sepanjang  harga nominalnya lebih dari Rp.250.000,- tetapi tidak lebih dari Rp.1.000.000,-

D.           Cek dan bilyet giro dengan harga nominal berapapun

E.            Akta-akta notaris termasuk salinannya

 

5.             Pemerintah memungut pajak kepada masyarakat guna membiayai  pembangunan dalam hal ini pajak  berfungsi sebagai…

A.           Pengalihan

B.            Pengatur

C.            Pengendali

D.           Kebijakan fiscal

E.            Anggaran

 

6.             Distribusi ini hanya menyalurkan produk-produk yang harganya relatif mahal, tidak sembarang  mempergunakan   agen, sehingga untuk wilayah tertentu harga akan memiliki                                                         beberapa penyalur saja, adalah distribusi…

A.           Distribusi Intensif

B.            Distribusi selektif

C.            Distribusi eksklusif

D.           Distribusi cabang

E.            Distribusi agen besar

 

 

 

 

7.             Seseorang  membeli barang karena barang  tersbut  benar-benar di butuhkan . pembelian seperti ini berarti didasarkan pada...
A.      Primary Buying Motives
B.      Selective Buying Motives
C.      Patronage Buying Motives
D.      Buying Motives
E.      Fakor psikologis

 

8.             Kegiatan periklanan atau adverensi memiliki ciri- ciri sebagai berikut, kecuali...
A.           Biaya relatif tinggi
B.           Sasarannya luas
C.           Identitas seponsornya jelas
D.           Sulit untuk mengembangkan kreatifitas
E.           Persuasi kepada pelangggan bukan dengan mengantar  produk, melainkan  

mengantar  pelangggan ke produk yang diinginkan

 

9.             Kegiatan untuk memperoleh informasi  menyusun strategi agar merk tersebut                                                              menjadi merk yang kuat, merupakan ….

A.      Brand Image

B.      Brand equity

C.      Brand value

D.      Unbranderd goods

E.      Brand as Reference

 

10.         Kelompok departemen  makanan  dalam  minimarket disebut…

A.           Food

B.            Soft drink

C.            Departemen

D.           Makanan

E.            Non food

 

11.         Undang-undang  yang  mengatur tentang  hak  paten  adalah  undang-undang  nomor…

A.           5 th 1999

B.            8  th 1999

C.            13 th 20016

D.           15 th 2001

E.            40 th 2007

 

12.         Product,Price,Promotion  and  Place  merupakan  variable  dari…

A.           Marketing Mix

B.            Strategi pemasaran

C.            Konsep pemasaran

D.           Target pasar

E.            Analisa pasar

 

13.         Kelompok  departemen  makanan  dalam  mini market disebut…

A.           Food

B.            Soft drink

C.            Departemen

D.           Makanan

E.            Non food

 

14.         Rencana  peletakan  produk  sesuai  standar  yang  berlaku  dalam  suatu  toko  disebut...
A.       Display.
B.      promosi
C.       lay out
D.       identifikasi
E.       prosedur

 

 

 

 

15.         Suatu  ruangan  yang  berfungs I sebagai  media display atau pemajangan  sebagian  besar barang yang ada ditoko disebut...
A.      Show window
B.      Center point      

C.      Vocal point
D.      Wall display          

          E.      Stage dispalay

 

16.         Pengaturan warna produk  akan  mempengaruhi  pemajangan.Warna gelap sebaiknya dipajang…

A.           Pada bagian atas

B.            Pada bagian sisi kiri

C.            Pada bagian sisi kanan

D.           Pada bagian bawah

E.            Pada bagian sisi kanan dan kiri

 

17.         Dalam Teknik pemajangan Produk Fashion berdasar ukuran, pernyataan dibawah ini yang benar adalah…

A.           Sebelah kiri besar, kanan  besar

B.            Depan besar, belakang  kecil

C.            Atas kecil, bawah besar

D.           Sebelah kiri besar, kanan  kecil

E.            Atas besar, bawah  kecil

 

 

 

 

 

 

18.         Pemasangan  POP  pada  Table   Disply perlu memperhatikan  item produk. Bila dalam satu  produk  yang  didisplay  beberapa  item  produk  maka  letak  POP dibagian…….produk

A.           Atas

B.            Bawah

C.            Belakang

D.           Depan

E.            Tengah

 

19.         Memajang  barang  dagangan  di bagian depan toko pada etalase disebut…

A.      Lay Out

B.       Display

C.       Window Display

D.      Eksterior Display

E.       Interior display

 

20.         Dalam Teknik pemajangan  berdasar   ukuran, pernyataan  dibawah  ini  yang  benar adalah…

A.           Sebelah kiri kecil, kanan besar

B.            Depan besar, belakang kecil

C.            Atas besar, bawah besar

D.           Sebelah kiri besar, kanan kecil

E.            Atas besar, bawah kecil

 

21.         Pemajangan barang dagangan ditempat tertentu  diluar  kegiatan  usaha yang biasa digunakan untuk promosi ,pengenalan  produk baru,cuci gudang yaitu…

A.           Eksterior display

B.            Architectural display

C.            Close interior display

D.           Open interior display

E.            Interior display

22.         Penataan  produk  yang  tujuannya  untuk  menarik  perhatian  konsumen  disebut...

A.      brand blocking

B.      customer goods

C.      visual merchandising

D.      interest customer

E.      display

 

23.         Bentuk pemajangan di bagian sisi kiri dan kanan gondola ujung disebut…

A.        Gondola end

B.        Dancing up

C.        Wing stage

D.        Floor display

E.        Clip strip

 

24.         Memajang barang dagangan di bagian depan  took  pada  etalase  disebut…

A.           Lay Out

B.            Display

C.            Window Display

D.           Eksterior Display

E.            Interior display

 

25.         Pemasangan  POP  pada  gondola  perlu  memperhatikan  item  produk. Bila dalam  satu selving  produk  yang  didisplay  satu  item  produk  maka  letak  POP  dibagian…..selving

A.           Atas

B.            Bawah

C.            Kiri

D.           Kanan

E.            Tengah

 

 

26.         Penataan  produk  Hand body Citra, sebaiknya  menggunakan  metode  kode  posisi susunan barang…

A.           (AB)

B.            (KK)

C.            (DB)

D.           (KB)

E.            (AK)

 

27.         Mesin yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima salinan dari informasi berupa gambar, foto, atau dokumen secara  langsung  dari  jarak   ja uh  adalah…

A.           Telepon

B.            Feximile.

C.            Cash register

D.           Internet

E.            computer

28.         Komunikasi  non verbal  dalam  kehidupan sehari-hari  mempunyai  peranan yang  sangat penting, dengan  alasan-alasan sebagai berikut, kecuali...

A.            Kebiasaan

B.            Terpercaya

C.            Validitas

D.           Normatif

E.             efektif

 

29.         Mehrabian  menyebutkan  bahwa  ada  tiga  makna yang dapat disampaikan  oleh  suatu pesan , yaitu  immediacy, power, dan responsiveness. Etiga makna tersebut disampaikan melalui...
A.      Pesan fasial

B.            Pesan gestural

C.            Pesan verbal

D.           Pesan nonverbal

E.            Pesan postural

 

30.         Bertransaksi dengan pihak lain, baik sebagi penjual maupun pembeli mempunyai  resiko, untuk meminimalkan resiko tersebut  maka perlu dibuat...
A.      Perjanjian jual beli

B.             Media komunikasi

C.             Media komunikasi jarak jauh

D.           Media komunikasi jarak dekat

E.             Asuransi

 

31.         Waktu  penyerahan/ pengiriman  produk / barang  dagangan  diatur  sesuai  dengan persetujuan  penjual atau  pramuniaga, adapun waktunya dapat dilakukan dengan cara…

A.           Langsung seketika,pada waktu tertentu,bertahap

B.            Merk,jenis,produk/barang

C.            Spesifikasi,teknis,produk/barang

D.           Kualitas produk/barang

E.            Warna produk/barang

 

32.         Menghitung  persediaan  barang  digudang  dengan  menggunakan  metode  LIFO  dengan cara…

A.           Barang masuk pertama dikeluarkan atau dijual lebih dahulu

B.            Barang masuk terakhir dikeluarkan atau dijual lebih dahulu

C.            Barang masuk terakhir dikeluarkan atau dijual terakhir

D.           Barang masuk pertama dikeluarkan atau dijual lebih terakhir

E.            Barang expayed dikeluarkan lebih dahulu

 

33.         Terjadinya  peristiwa  yang tidak diharapkan terutama menyangkut kerugian disebut…

A.      risiko

B.      kejadian

C.      peristiwa

D.      bencana

E.      kecelakaan

34.         Barang yang dikembalikan kepada  penjual  karena  rusak  atau  permohonan pengurangan harga faktur yang disetujui  pihak  penjual disebut …

A.           Faktur

B.            Bilyet giro

C.            Nota kredit

D.           Retur pembelian

E.            Nota kontan

 

35.         Merupakan  salinan  dari  purchase  order yang dibuat oleh penjual atau     perusahaan .Surat ini sering disebut dengan…

A.           Surat pengantar barang

B.            Nama barang yang dipesan

C.            Jumlah barang

D.           Specifikasi barang

E.            Harga barang

 

36.         Pada mesin cash register  tombol  yang  berfungsi  untuk  membatalkan  penulisan angka sebelum  menekan  tombol  yang  lain  adalah…

A.           PLU

B.            REF

C.            CL.

D.           ST

E.            ST

 

37.         Timbangan, meteran, literan, dll merupakan bagian kelompok dari alat...

A.           Timbang

B.            Ukur.

C.            Meteran

D.           Kiloan

E.            label

 

38.         Posisi kunci yang dipakai untuk membuat  program  pada  mesin  cash  register  adalah...
A.      PGM.

B.             VOID

C.             OFF

D.            Lock

E.             REG

 

39.         Keberatan yang  muncul  dari  pelanggan  bisa  kita  kenal dengan  istilah...
A.       Informasi

B.             Pelayanan

C.             Penawaran

D.            tanggapan

E.            complain

 

40.         Memberikan  informasi  yang  jelas, benar dan jujur mengenai  jaminan barang (jasa) serat  memberikan  penjelasan  penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan adalah...
A.       perbuatan yang dilarang pelaku usaha

B.             hak pelaku usaha

C.             hak konsumen

D.            kewajiban konsumen

E.             kewajiban pelaku usaha

SOAL URAIAN

1.             Sebutkan  6  klasifikasi utama persediaan ?

2.             Apa yang dimaksud dengan  media periklanan?

3.             Sebutkan unsur-unsur pelayanan penjualan

4.             Sebutkan 4fungsiutama retailing ?

5.             Jelaskan beberapa persyaratan yang harus diperhatikan agar suatu merk apat mencerminkan makna-makna yang ingin disampaikan ?

 

 

 

KUNCI JAWABAN :

Pilihan Ganda :

 

1

B

11

C

21

A

31

A

2

B

12

A

22

E

32

B

3

B

13

A

23

A

33

A

4

E

14

C

24

C

34

C

5

D

15

A

25

A

35

A

6

C

16

C

26

B

36

C

7

A

17

C

27

B

37

B

8

D

18

C

28

A

38

A

9

B

19

C

29

D

39

E

10

A

20

A

30

E

40

E

 

 

KUNCI  JAWABN URAIAN :

1.             Sebutkan 6 klasifikasiutamapersediaan ?

a)             Bahanbaku

b)             Barangsetengahjadi

c)             Barangjadi

d)            Barangumumdansukucadang

e)             Baranguntukproyek

f)              Barangdagangan

 

2.             Apa yang dimaksuddengan media periklanan?

Ø   Bentuk strategi komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi setiap individu agar terbangun hasrat dan keinginannya membeli produk atau jasa  yang sedang dikomunikasikan

 

 

3.             Sebutkan unsur-unsur pelayanan penjualan

-                 Penampilan

-                 Tepatwaktu

-                 Kesediaanmelayani

-                 Pengetahuandankeahlian

-                 Kesopanandanramahtamah

-                 Kejujurandankepercayaan

 

4.             Sebutkan 4fungsiutama retailing ?

1.       Membelidanmenyimpanbarang

2.       memindahkan hak milik barang tersebut kepada konsumen akhir

 3.      memberi informasi mengenai sifat dasar dan pemakaian barang

          tersebut

4.       memberikan keredit kepada konsumen

 

5.             Jelaskan beberapa persyaratan yang harus diperhatikan agar suatu merk dapat mencerminkan makna-makna yang ingin disampaikan ?

1.       Merekharuskhasatauunik.

2.       Merek harus menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk dan pemakaiannya.

3.       Merek harus menggambarkan kualita sproduk.

4.       Merek harus mudah diucapkan, dikenali, dandiingat.