Apa perbedaan antaraJaringan dan Organ?

Semua organismeterdiri dari baik sel tunggal atau banyak sel. Sel adalah unitstruktural dan fungsional terkecilyang hidup. Sebuah sel tunggal mampu tumbuh kembang, mendapatkan nutrisi, respirasi, ekskresi, mengenali dan bertindak atas rangsanganserta reproduksi. Ketika mempertimbangkan kerajaan hewan, semua organisme kecuali protozoa adalah multisel. Sebagian besar waktu, sel-sel dalam organisme multiseluler yang khusus untukmelakukan fungsi yang berbeda. Inispesialisasi sel telah memungkinkan fungsi tubuh lebih efisien. Jaringan dan organ keduanyasemacam unit organisasi sel dalam tubuh organisme multiseluler ini. Organ adalahdari tingkat yang lebih tinggi dari organisasi daripada jaringan.

Jaringan

Sel-sel serupa beroperasi secara kolektif dan menjadi khusus fungsional untuk membentuktisu. Ini disebut diferensiasi atau pembagian kerja dalam organisme, danmungkin luas. Keuntungan dari ini adalah bahwa jaringanumumnya melakukan tugas-tugas tertentulebih efisien daripada sel-sel individual. Sel-sel dalam jaringan yang tidak selalu identik, tetapi mereka samaberasal dari dermal embrio. Mereka juga mengkhususkan diri untuk melakukan fungsi yang sama. Studi tentang jaringandisebut histologi. Teknik utama yang digunakan untuk mengenali dan membedakan komponen yang berbeda dari penyisipan jaringan, memotong dan pewarnaan. Ada empat jenis dasar jaringan hewan; mereka jaringan ikat, otot, saraf, danepitel. Mereka membuat semua sistem dan seluruh tubuh hewan.

Organ

Aktivitas selular pada jaringan dikoordinasikan sehingga sel-sel secara kolektif berfungsisebagai satu unit. Sejumlah jaringan dapat bekerja sama sebagai organ. Organ melakukan fungsi kolektif utama hewan multiseluler sepertimemompa darah oleh jantung dan penyaringan darahdari urea oleh ginjal. Dalam sebuah organ, akan ada banyak jenis jaringan. Tapi biasanya ada jaringan utama dan jaringan yang jarang. Jaringanutama untuk kulit adalah jaringan epitel sementarajaringan ikat, saraf dan darah adalah jaringan yang jarang. Organ dapat digambarkansebagai organ beronggaketika mengambil bentuk tabung atau yang memilikirongga di dalamnya.


Apa perbedaan antaraJaringan dan Organ?

  1. Jaringan terbuat darisel, dan organ-organyang terdiri dari jaringan.
  2. Ukuran umum jaringan adalah lebih kecil dari organ.
  3. Jaringan selalukhusus untuk melakukan fungsi tertentu seperti jaringan miokardium atau otot jantung, yang menyebabkan jantung berkontraksi.
  4. Tapi, organ dapat melakukan berbagai fungsi tubuh seperti jantung itu sendiri yang memompa darah ke seluruh tubuh, menerima darah terdeoksigenasi dan mengirimkan darahuntuk oksigenasi ke paru-paru.
  5. Organ selalu salah satu komponen sistem organ yang lengkap dari seluruh fungsi kelangsungan hidupseperti pencernaan oleh saluran pencernaan dan ekskresi oleh saluran kemih.
  6. Organ dapat memiliki struktur berongga, tetapi jaringan selalu bahkandalam bentuk tanpa celah antara komponen seluler.
 http://kliksma.com/2014/09/perbedaan-antara-jaringan-dan-organ.html