Jenis adjective phrase

Pengertian adjective phrase sendiri adalah kelompok kata yang intinya (head) ada pada adjective dan diikuti oleh modifier serta determiner. Sama dengan adjective yang menjelaskan noun (kata benda), adjective phrase juga memiliki fungsi yang sama. Posisi diletakannya pun sama bisa berada di depan noun. Namun adjective phrase ini juga bisa diletakan setelah noun.

Contoh adjective phrase

Sebelum noun

Contoh: You are really beautiful woman in this world.

Setelah noun

Contoh: The woman with very dark skin standing in front of me is my English teacher.

Jenis adjective phrase

 
Adjective phrase memiliki dua bentuk yaitu predicative dan attributive.

Predicative adjective adalah adjective phrase yang memiliki fungsi sebagai predikat. Letaknya setelah kata kerja serta tidak memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kata benda.

Contoh :

She looked totally afraid with horror movie in the cinema so she closed her eyes until the film finished.

They feel so bad finishing this exam because they do not study last night.


Attribute adjective adalah adjective yang memiliki fungsi kebalikan dari predicate adjective. Jika predicate adjective tidak berfungsi sebagai penjelas kata benda namun untuk attribute adjective digunakan untuk mendeskripsikan kata benda. Frasa ini diletakan sebelum kata benda.

Contoh :

My father does not like his friend, Fatur, because he is a terribly bad person in his office with his attitude.

Her old brother is a big enough man in her office.


Demikian penjelasan mengenai adjective phrase di dalam sebuah kalimat. Sehingga penjelasan ini akan mempermudah jika ingin membuat adjective phrase di dalam sebuah kalimat. Tinggal disesuaikan saja dalam kebutuhan menulis apakah adjective phrase diletakan di depan atau di belakang kata benda (noun).