Pembagian Peran dalam vokal group

Dalam suatu vokal group, setiap anggota memiliki bagian sendiri-sendiri dalam menyanyikan suatu lagu. Pembagian peran tersebut sering kali seperti ini :

1.Lead Vocalist
lead vokal adalah bagian yang mengharuskan penyanyimenyanyikan lagu dengan nada yang paling tinggi dan powerfull dari yang lainnyapada nada-nada tertentu (dalam lagu ber-genre Ballad sering kita jumpai).


2.Main Vocalist
main vokal adalah bagian vokal dengan nada suara yang sedang,artinya, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah (biasanya Main Vocal Groupsering mendapat jatah menyanyikan lagu paling banyak).


3.Sub Vocalist
sub vokal adalah bagian vokal yang setingkat lebih rendah dari mainvokal (sub vokal biasanya mendapat bagian lagu yang paling sedikit), Sub Vocalterkadang juga menjadi Sub Rapper.


4.Vokalist
Vokalis adalah bagian vokal yang hampir sama dengan Sub Vokal, hanyasaja biasanya Sub Vokal merangkap menjadi Sub Rapper, tapi kalau Vocalistbiasanya menjadi Back Sound ketika Lead Vokal bernyanyi.


5.Lead Rapper
lead rapper adalah bagian rapper yang sering menyanyikan lagurapper dalam vokal group, biasanya lead rapper menyanyikan lagu dengan suarayang hampir sama, yaitu suara yang terdengar lebih lembut dari Main Rapper atau Sub Rapper.


6.Main Rapper
rapper utama adalah bagian rapper yang menyanyikan lagu rapper dengan bagian yang lebih sedikit dari lead rapper, biasanya suara main rapper sedikit lebih cepat dalam bernyanyi daripada lead rapper.


7.Sub Rapper
sub rapper adalah bagian rapper yang biasanya bernyanyi setelahsuara main rapper, sub rapper sering merangkap menjadi Sub Vokalis, karena suara sub rapper yang dituntuk lebih lembut dari main rapper atau lead rapper.

http://shoutunnufus.blogspot.com/2015/04/pembagian-peran-dalam-vokal-group.html