aswaja kelas x




I. Pilihlah jawaban berikut dengan benar !

1.         Do’a qunut adalah sudah menjadi salah satu ciri amaliah jam’iyah NU, maka do’a qunut dibaca pada waktu … .

a.         i’tidal rakaat kedua
b.        takbiratul ikhram
c.         tahiyat akhir
d.        i’tidal rakaat pertama
e.         syujud rakaat kedua

2.         Bermadzhab artinya mengikuti salah satu madzhab, dan madzhab itu sendiri artinya aliran/jalan, maka para alim ulama NU bersepakat , imam yang layak untuk dijadikan sebagai panutan hanya … . mujtahid.

a.         tiga
b.        empat
c.         lima
d.        enam
e.         tujuh

3.        Pesantren sebagai pusat studi Islam semakin kokoh, setelah ... .
a.         berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
b.        berdirinya perguruan – perguruan Islam di Timur Tengah
c.         penguasaan pemerintah terhadap keberadaan pesantren sebagai sistim pendidikan
d.        berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama.
e.         terbentuknya hubungan pesantren dengan pusat Islam di Timur Tengah
4.         Karakteristik para mubaligh menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ... .

a.         Syi’ah 
b.        Khawarij
c.         Mu’tazilah
d.        Salafiyah
e.         Ahlussunnah wal jama’ah

5.         Kitab-kitab standar dalam masalah aqidah, yang sejak semula sudah dikembangkan di Indonesia, adalah kitab-kitab dari ulama … .

a.         Asy’ariyah
b.        Ibnu taimiyah
c.         Qadariyah
d.        Jabariyah
e.         Syafi’iyah

6.         Perangkat Organisasi yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan NU yang terkait dengan kelompok masyarakat tertentu disebut … .

a.         Mustasyar
b.        Badan Otonom
c.         A’wan
d.        Lembaga
e.         Lajnah

7.         Dalam kepengurusan NU dari pusat hingga ranting pengurus dan pengendali program program adalah … .

a.         Syuriyah
b.        Tanfidziyah
c.         Lembaga
d.        A’wan
e.         Mustasyar

8.         Para muballigh memperkenalkan ajaran Islam melalui sarana perdagangan dengan cara ... .
a.         berinteraksi secara intensif dengan para pengusaha di Indonesia
b.        menjual barang-barang dagangan mereka yang bernuansa Islami
c.         menguasai pusat-pusat perdagangan di Indonesia
d.        menerapkan cara-cara berdagang sesuai dengan syari’at Islam
e.         berdagang sambil mengajar
9.         Di antara para muballigh menggunakan pendekatan  seni dan budaya sebagai media da’wahnya. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.         menarik simpati  masyarakat
b.        membaurkan budaya Islam dan budaya setempat
c.         menunjukkan bahwa Islam adalah agama budaya
d.        menunjukkan bahwa seni bukan hal yang tabu dalam Islam
e.         menunjukkan bahwa para muballigh juga seorang seniman
10.     Pernyataan di bawah ini yang terkait dengan Mustasyar adalah … .

a.         menentukan arah kebijakan NU
b.        mengawasi gerak Badan Otonom
c.         hanya dapat dibentuk di Pengurus Besar
d.        menjaga kemurnian Khittha NU
e.         menyampaikan laporan kepada Syuriyah

11.     Tugas pengurus syuriyah Nahdlatul Ulama adalah … .
a.         pelaksana tugas sehari-hari di sekretariat NU
b.        pembina, pengendali, pengawas dan penentu kebijakan NU
c.         pelaksana kebijakan NU di bidang pengembangan agama
d.        memberi laporan secara berkala kepada mustasyar           
e.         membina Lajnah T’lif wan Nasyar sesuai tingkatannya
12.     Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah, yaitu … .

a.         amalan para sahabat
b.        ajaran aagama Islam
c.         ayat-ayat Al-Qur’an
d.        wahyu Allah
e.         ijtihad para sahabat

13.     Adanya firqah dalam Islam, dimulai dengan munculnya … .
a.         pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sofyan
b.        golongan Syi’ah dan Khawarij
c.         faham Qadariyah dan Jabariyah
d.        ajaran Mu’tazilah dan Ahlussunnah wal Jamaah
e.         organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammdiyah

14.     Ahlussunnah wal Jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena … .

a.         ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b.        aliran Ahlussunnah wal Jamaah muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c.         Ahlussunnah wal Jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham
d.        munculnya ajaran Ahlussunnah wal Jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang
e.         aliran Ahlussunnah wal Jamaah itu hanya ada di Indonesia

15.     Ahlussunnah wal Jamaah dipopulerkan oleh tokoh yang bernama … .
a.         Ali bin Abi Thalib
b.        Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Hambali
c.         Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansyur Al Maturidi
d.        Imam Al Ghazali
e.         KH. Hasyim Asy’ari
16.     Pencatatan dan pembukuan hadits dimulai sejak masa … .

a.         Rasulullah
b.        khalifah Umar bin Khathab
c.         khalifah Umar bin Abdul Aziz
d.        Harun Ar Rasyid
e.         modernisasi Islam

17.     Usaha kalangan intelektual Nahdlatul Ulama dalam melestarikan Ahlussunnah Wal Jamaah dilakukan dengan … .
a.         mendirikan forum intelektual Nahdlatul Ulama
b.        menulis karya-karya ilmiayah tentang Ahlussunnah Wal Jamaah
c.         meredifinisi faham Ahlussunnah wal Jamaah
d.        mengintensifkan amaliyah warga Nahdlatul Ulama
e.         meluruskan penyimpangan yang terjadi pada Ahlussunnah Wal Jamaah
18.     Nahdlatul Ulama lahir dalam suasana … .

a.         kebangkitan nasional
b.        perselisihan para ulama
c.         peperangan menghadapi Belanda
d.        krisis moral bangsa
e.         ahlussunnah dalam puncak keemasan

19.     Keberhasilan generasi mujtahidin dalam pewarisan ajaran Islam di antaranya adalah … .
a.         pembukuan Al-Qur’an dalam satu mushaf
b.        penulisan Hadits dalam kumpulan-kumpulan hadits
c.         penyusunan dan perumusan ajaran Islam sesuai dengan bidang-bidangnya
d.        pemisahan ajaran Islam dalam bidang-bidang tertentu
e.         penerjemahan buku-buku filsafat
20.     Tugas utama generasi pewaris setelah para mujtahid antara lain … .
a.         mengembangkan ajaran agama Islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat
b.        menerjemahkan kitab-kitan para mujtahid ke dalam berbagai bahasa
c.         menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
d.        menafsirkan ayat alqur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e.         membuka lembaga-lembaga pendidikan sebgai tempat mengajarkan hasil ijtihad para mujtahid
21.     Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah wal Jamaah di Indonesia adalah … .

a.         madrasah diniyah
b.        perguruan tinggi
c.         pondok pesaantren
d.        majlis ta’lim
e.         majlis halaqah

22.     Pengembangan ahlussuunah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah … .

a.         masuknya bangsa barat ke Indonesia
b.        masukya pembaharuan Islam ke Indonesia
c.         lahirnya Muhammadiyah
d.        penjajahan Jepang atas Indonesia
e.         Kemerdekaan Indonesia

23.     Sebutan bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada … .

a.         KH. Kholil
b.        KH. Hasyim Asyt’ari
c.         KH. Wahab Hasbullah
d.        KH. As’ad
e.         KH. Wahid Hasyim

24.     Petunjuk Allah SWT untuk mendirikan organisasi bagi para ulama dan pengikutnya diterima oleh … .

a.         KH. Kholil
b.        KH. Hasyim Asy’ari
c.         KH. Wahab Hasbullah
d.        KH. As’ad
e.         KH. Wahid Hasyim

25.     Sebagai langkah awal dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia, KH.Hasyim Asy’ari memulainya dengan … .
a.         membuka pesantren untuk perempuan
b.        memberikan mata pelajaran membaca dan menulis latin, berhitung, serta bahasa melayu di pesantrennya.
c.         meningkatkan metode pengajaran di pesantrennya dengan metode halaqah
d.        melengkapi pesantrennya dengan peralatan modern
e.         menggunakan bahasa Belanda dalam percakapan sehari-hari di pesantrennya
26.     Program pertama yang dilakukan oleh Pengurus Besar Nadlatul Ulama adalah … .
a.         menyusun rencana strategis pengembangan organisasi
b.        mensosialisasikan organisasi ke berbagai daerah
c.         mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah
d.        mengirim delegasi untuk mengikuti Muktamar dunia Islam di Makkah
e.         menghubungi para ulama pesantren untuk ikut bergabung dengan NU
27.     Dalam prosesnya, kelahiran Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh … .

a.         petunjuk dari Allah SWT
b.        kegigihan ulama-ulama muda
c.         restu ulama-ulama sesepuh
d.        dana para aghniya
e.         rekomendasi pemerintah Hindia Belanda

28.     Lambang Nahdlatul Ulama didapat dari … .
a.         hasil rekayasa KH. Ridwan Abdullah setelah mendapatkan mandat dari para ulama
b.        hasil mimpi KH. Ridwan Abdullah setelah beristikharah meminta petunjuk Allah
c.         kesepakatan para ulama ketika membahas pendirian organisasi NU
d.        keputusan Muktamar pertama jam’iyah Nahdlatul Ulama
e.         pemenang sayembara menciptakan lambang Nahdlatul Ulama
29.     Organisasi-organisasi yang didirikan para ulama, banyak yang menggunakan kata “wathan” dalam namanya, hal ini mengindikasikan bahwa … .
a.         organisasi itu tidak bersifat keagamaan
b.        adanya kecintaan para ulama terhadap tanah air
c.         ulama telah menguasai manejemen organisasi
d.        ulama tidak menghendaki sparatisme
e.         adanya perbedaan antara organisasi dan agama 
30.     Pemberontakan umat Islam terhadap penjajah Belanda yang selalu gagal dapat menimbulkan kesadaran para ulama untuk … .
a.         mengakui kesalahannya dan tunduk kepada Belanda
b.        tidak lagi membrontak karena hanya membuang energi saja
c.         mengalihkan perjuangan dengan cara-cara yang sistematis, teratur dan terencana
d.        meningkatkan kekuatan pasukan dengan melengkapi senjata yang lebih modern
e.         terus mengorbankan semangat perang dari segala penjuru tanah air
31.     Maksud utama para ulama pesantren untuk bisa terlibat dalam muktamar dunia Islam di Makkah adalah … .
a.         mempertahankan berlakunya ajaran Ahlussunnah wal Jamaah di Hijaz
b.        menunjukkan pada dunia, bahwa Islam di Indonesia adalah Ahlussunnah wal Jamaah
c.         menjalin hubungan antara pesantrean Indonesia dengan Lembaga pendidikan Islam di Makkah
d.        mewarnai Muktamar dunia Islam dengan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah
e.         bersidang sambil menunaikan ibada haji
32.     Sejak kedatangan kolonialis barat ( terutama Belanda ) ke Indonesia umat Islam menyambutnya dengan sikap perlawanan hal ini terjadi pada abad ke … .

a.         17  M
b.        18  M
c.         19  M
d.        20 M
e.         21 M

33.     Pada dasarnya ide pendirian Nahdlatul Ulama, atau sebuah jamiyyah (organisasi) untuk para ulama pesantren, sudah dimunculkan sejak tahun … . M.

a.         1923
b.        1924
c.         1925
d.        1926
e.         1927

24.     Organisasi Nahdlatul Ulama mempunyai arti … .

a.         kebangkitan para ulama
b.        kebangkitan para kiyai
c.         kebangitan para mubaligh
d.        kebangkitan para Nahdliyin
e.         kebangkitan orang-orang NU

25.     Karakteristik yang dimiliki oleh para muballighIslam di Indonesia adalah … .

a.         tawadlu’, tarahum, dan taawun
b.        tadabbur, tafakkur, dan taallum
c.         tasyawur, tafahum, tasamuh
d.        tawassuth, tawadun, dan tasamuh
e.         shiddiq, amanah, dan a’dalah


II. Uraikan !

1.         Pondok pesantren yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga macam tipe, sebutkan dan jelaskan!
2.         Jelaskan definisi dan fungsi dari Al-Qur’an!
3.         Jelaskan pengertian dan peran Lailatul Ijtima’ dalam organisasi NU !
4.         Jelaskan apa yang dimaksud Muktamar, berikut pentingnya Muktamar dalam organisasi NU!
5.         Jelaskan tentang firqah-firqah dalam Islam !




Selamat mengerjakan !


Kunci Aswaja X Genap  UKK 2013

1.     A                        11.  C                           21.  C                    31.  B
2.     B                         12.  A                           22.  B                    32.  A
3.     D                        13.  A                           23.  B                    33.  B
4.     E                         14.  A                           24.  A                    34.  A
5.     E                         15.  C                           25.  B                    35.  E
6.     A                        16.  C                           26.  C
7.     A                        17.  B                           27.  A
8.     B                         18.  A                           28.  B
9.     D                        19.  C                           29.  B
10.                                                      A                                   20.  A                    30.  C

II.  1. a. Pondok pesantren type A
          b. Pondok pesantren type B
         c.  Pondok pesantren type C
     2. Wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. dengan perantara Malaikat
         Jibril, barang siapa yang membacanya termasuk ibadah.
     3. Acara yang dilakukan oleh warga NU ( jam’iyah Ahlussunnah wal jamaah) setiap
         malam 15 Qomariyah yang isinya melakukan shalat malam, istighotsah dan dzikir
         kepada Allah.
     4. Rapat besar yang diadakan oleh Pengurus Besar NU dalam kurun waktu 5 tahun sekali
         untuk pemilihan pengurus baru.
     5. Timbulnya firqah dalam Islam yakni terjadi sesudah perang Shiffin antara pasukan
         Khalifah Ali bin Abi Thalib dengan pasukan Mu’awiyah bin Abu Sufyan tahun 37 H.