Soal Menggunakan Preposisi, Membaca Surat dan Mengenal Arti Imbuhan




Petunjuk: 
Isilah titik-titik di bawah ini dengan menggunakan salah satu preposisi seperti pada, sejak, ketika, sesudah, sebelum dan saat !

1. 
. . . sarapan Rina berangkat ke sekolah


2. 
. . . hari senin murid-murid melaksanakan upacara bendera.


3. 
. . . ini kakak berada di rumah paman.


4. 
. . . 1 tahun lalu kami tinggal di Bandung.


5. 
. . . makan, kita harus cuci tangan terlebih dahulu.


6. 
. . . paman datang ayah tidak ada di rumah.


7. 
. . . tidur ari mengerjakan PR dulu.


8. 
langit tampak mendung . . . siang tadi.


9. 
. . . kemarin hujan turun deras


10. 
ibu meninggalkan pesan . . . pergi.



Menggunakan Kata Tanya

Tujuan: 
Anak dapat memahami penggunaan kalimat dengan kata tanya bagaimana, berapa, mengapa, dan kapan.

Petunjuk: 
Lengkapilah kalimat berikut dengan cara mengisi pilihan jawaban yang telah disediakan !

1. 
...... cara membuat kue ini, Bu ?


2. 
...... gelas ini bisa pecah ?


3. 
...... Paman tiba di Jakarta ?


4. 
..... kita berlibur ke Bali ?


5. 
...... jumlah murid di Kelasmu ?


6. 
...... rambutmu tampak berantakan ?


7. 
...... harga penggaris ini, Pak ?


8. 
...... cara menyelesaikan soal ini ?


9. 
...... banyak kelereng yang kamu miliki, Wan ?


10. 
...... kamu menyukai warna hitam ?


Mencari Kata Sinonim

Tujuan: 
Anak mengenal sinonim atau kata yang mempunyai persamaan arti.

Petunjuk: 
Pilihlah sinonim yang tepat untuk kata-kata di bawah ini!

1. 
Bagus = ...

a. baik

b. berbau

c. kasar

d. jelek

2. 
Melihat = ...

a. menengok

b. mengambil

c. menendang

d. memancing

3. 
Rumah = ...

a. tempat tinggal

b. sekolah

c. kandang

d. hotel

4. 
Hilang = ...

a. ada

b. raib

c. dipinjam

d. diambil

5. 
datang = ...

a. pergi

b. tidak ada

c. usir

d. tiba

6. 
Bisa = ...

a. tidak mampu

b. dapat

c. tidak mau

d. malas

7. 
Cantik = ...

a. elok

b. biasa

c. jelek

d. buruk

8. 
Sedih = ...

a. gembira

b. riang

c. murung

d. senang

9. 
Benar = ...

a. tidak tahu

b. betul

c. salah

d. mengecoh

10. 
Pakaian = ...

a. sepatu

b. kaos kaki

c. baju

d. topi



Membaca Surat

Tujuan: 
anak dapat membaca dan mengerti isi surat.

Petunjuk: 
Bacalah surat di bawah ini, kemudian jawab pertanyaannya!

Denpasar, 2 Januari 2005
Menjumpai
Sahabat terbaikku, Lia

Salam manis,
Hai, Lia! Apa kabar? Aku doakan semoga kamu sehat selalu. Bagaimana sekolahmu? Aku yakin kamu pasti juara lagi, karena aku tahu kamu pasti rajin belajar.
O,ya, kapan kamu main ke rumahku lagi? Sepertinya kita sudah lama ya tidak bertemu. Liburan bulan depan, kamu ke Bali ya? Nanti kita jalan-jalan lagi. Aku akan mengajak kamu ke Sangeh. Kamu tahu Sangeh, kan? Itu, lho, cagar alam yang ada binatang keranya. Kamu pasti suka.
Kebetulan juga bulan depan kan ulang tahunku. Kamu masih ingat, kan? Tanggal 11 Pebruari. Jangan lupa,ya! Aku tunggu kamu di Bali!
Sekian dulu surat dariku. Sampaikan juga salamku pada Om dan Tante. Kutunggu ya balasannya.

  Sahabatmu,
         Ttd.
        Dinda


1. 
Yang menulis surat di atas adalah …

a. Lia

b. Om

c. Tante

d. Dinda

2. 
Dinda bertempat tinggal di …

a. Jakarta

b. Denpasar

c. Madura

d. Surabaya

3. 
Surat itu dibuat tanggal …

a. 2 Januari 2005

b. 11 Pebruari 2005

c. 2 Januari 2004

d. 11 Pebruari 2004

4. 
Sahabat Dinda adalah …

a. Om

b. Tante

c. Lia

d. Dina

5. 
Dinda mengajak Lia liburan ke …

a. Tanah Lot

b. Sangeh

c. Rumah

d. Sawah

6. 
Di Sangeh ada binatang …

a. Kera

b. Ular

c. Kelinci

d. Serigala

7. 
Ulang tahun Dinda tanggal …

a. 12 Januari

b. 11 Pebruari

c. 2 Januari

d. 12 Pebruari

8. 
Mengapa Dinda yakin bahwa Lia adalah juara kelas?

a. Lia ditakuti oleh guru

b. Lia anak paling terkenal

c. Lia anak kesayangan guru

d. Lia rajin belajar

9. 
Pada liburan bulan depan, kemana Lia akan pergi?

a. Tidak tahu

b. Bali

c. Jakarta

d. Luar negeri

10. 
Melalui Lia, Dinda menitipkan salamnya untuk ...

a. Bibi Lia

b. Pak supir Lia

c. Orang tua Lia

d. Guru Lia


Mengenal Arti Imbuhan ber- pada Kalimat

Tujuan: 
anak mengerti arti imbuhan ber- pada tiap-tiap kalimat.

Petunjuk: 
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini, kemudian tentukan arti dari imbuhan ber- pada tiap-tiap kalimat.

1. 
Kakakku telah bekerja di Jakarta selama lima tahun.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. mengeluarkan

d. berada dalam keadaan

2. 
Dodo sedang bersepeda di taman.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. mengeluarkan

3. 
Kita harus berhati-hati di jalan raya.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. mengeluarkan

4. 
Mobil ayah berasap dari kemarin malam.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. mengeluarkan

5. 
Rumahku beratap genteng.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. berada dalam keadaan

6. 
Nina berhasil menjadi juara pertama di kelasnya.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. mengeluarkan

d. berada dalam keadaan

7. 
Ayam Pak Amir bertelur 10 butir.

a. melakukan perbuatan

b. memakai/menggunakan

c. mengeluarkan

d. berada dalam keadaan

8. 
Keluargaku sedang bersenang-senang di pantai.

a. mempunyai

b. memakai/menggunakan

c. mengeluarkan

d. berada dalam keadaan

9. 
Adiku bernyanyi di kamar mandi.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. berada dalam keadaan

10. 
Kepala kakek sudah tidak berambut lagi.

a. melakukan perbuatan

b. mempunyai

c. memakai/menggunakan

d. berada dalam keadaan



Menyimak Wawancara

Petunjuk: 
Simak wawancara di bawah ini, lalu jawablah pertanyaannya!

Siswa  : Bapak sedang memanen apa?

Petani : Sedang memanen kelapa sawit dan kopi, Nak.

Siswa  : Bapak bekerja sendirian?

Petani : Tidak, ada  lima  orang  pekerja  yang    membantu
saya.

Siswa  : Setiap berapa bulan sekali Bapak panen seperti ini?

Petani : Kalau kelapa sawit  panennya  setiap  enam   bulan
sekali, kalau  kopi   Bapak    memanennya     setiap   
setahun  sekali. Ini  kebetulan  masa panen  kelapa 
sawit dan kopi berbarengan.

Siswa  : Berapa ton hasil yang Bapak dapatkan  dalam  satu
kali panen?

Petani : Kurang lebih sekitar 10 ton, Nak!

Siswa  : Wah, banyak juga  ya,  Pak.  Lalu  dibawa  kemana
hasil panen ini?

Petani : Biasanya  saya  jual  ke  koperasi.   Selain  mudah,
harganya juga cukup bersaing.

Siswa  : Kalau  dirata-ratakan,   Pak,   berapa   penghasilan
Bapak untuk sekali panen?

Petani : Sekitar  2   jutaan,  Nak.   Ya,   cukuplah      untuk
mencukupi hidup selama enam bulan.

Siswa  : Anak Bapak masih bersekolah?

Petani : Masih, Nak. Yang pertama di perguruan tinggi, dan
yang kedua masih duduk di bangku SMU.

Siswa  : Bapak menyekolahkan kedua anak Bapak dari hasil
kebun ini?

Petani : Cuma kebun ini yang kami punya.  Jadi  saya harus
bekerja    keras   agar    anak-anak    saya     dapat  
menyelesaikan sekolahnya.

Siswa  : Saya bangga kepada Bapak.  Bapak  ulet dan tekun
dalam berusaha. Saya doakan semoga hasil kebun  Bapak tetap berlimpah. Terima kasih, ya, Pak.


1. 
Mengenai hal apa wawancara di atas?

a. Petani dan kehidupannya

b. Anak petani

c. Anak sekolah

d. Peternak

2. 
Apa yang sedang dipanen petani itu?

a. Padi

b. Jagung

c. Kelapa sawit dan kopi

d. Kopi

3. 
Siapa yang membantu petani dalam memanen hasil kebunnya?

a. Dua orang pekerja lain

b. Tiga orang pekerja lain

c. Empat orang pekerja lain

d. Lima orang pekerja lain

4. 
Setiap berapa lama petani itu memanen hasil kelapa sawitnya?

a. Tiga bulan sekali

b. Enam bulan sekali

c. Sembilan bulan sekali

d. Setahun sekali

5. 
Berapa ton hasil panen yang didapatkan petani itu?

a. Satu ton

b. Lima ton

c. Sepuluh ton

d. Seratus ton

6. 
Kemana petani itu menjual hasil kebunnya?

a. Koperasi

b. Toko kelontong

c. Rentenir

d. Kantor Kepala Desa

7. 
Berapa rata-rata pendapatan petani itu?

a. Satu juta rupiah

b. Dua juta rupiah

c. Tiga juta rupiah

d. Empat juta rupiah

8. 
Berapa orang anak petani itu?

a. Lima orang

b. Empat orang

c. Tiga orang

d. Dua orang

9. 
Dimana anak pertama petani itu bersekolah?

a. Perguruan Tinggi

b. SMU

c. SMP

d. SD

10. 
Mengapa petani itu bekerja keras dalam menggarap kebunnya?

a. Karena tidak punya kerjaan lain

b. Dimarahi oleh pemiliknya

c. Agar anaknya dapat menyelesaikan sekolahnya

d. d. Agar dipuji tetangganya