Kemasan untuk Produk Kesehatan Khas Daerah

Kemasan produk kesehatan khas daerah berfungsi menjaga agar produk tetap higine dan awet, mudah dikonsumsi dan mudah didistribusikan. Kemasan yang melekat pada produk disebut sebagai kemasan primer. Kemasan sekunder berisi beberapa kemasan primer yang berisi produk. Kemasan untuk distribusi disebut kemasan tersier. Produk kesehatan setengah jadi berbeda dengan produk kesehatan jadi yang siap dikonsumsi. Kemasan primer produk kesehatan yang siap dikonsumsi, selain melindungi produk juga berfungsi memberikan kemudahan pemakaian serta menampilkan daya tarik bagi konsumen. Kemasan produk kesehatan setengah jadi, seperti kemasan minyak atsiri, lebih berfungsi sebagai pelindung dari mikroorganisme dan memberikan kemudahan untuk distribusi dari tempat produksi ke tempat penjualan.
Perlindungan dapat diperoleh pula dari kemasan tersier. Setiap kemasan diberikan label yang berisi keterangan teknis menyangkut kandungan bahan dari produk kesehatan tersebut. Kemasan produk kesehatan khas daerah sebaiknya menampilkan identitas daerahnya.

Promosi Produk Kesehatan Khas Daerah
Kegiatan promosi produk kesehatan terutama bertujuan untuk memperkenalkan fungsi dan keunggulan dari produk tersebut. Pengenalan produk dapat dilakukan dengan melakukan presentasi produk kepada pasar sasaran. Produk kesehatan dipromosikan sesuai dengan pasarannya baik perorangan maupun industri farmasi. Faktor higine merupakan hal penting bagi produk kesehatan, maka promosi dapat dilakukan dengan menginformasikan proses produksi baik melalui gambar maupun paparan. Produk kesehatan untuk para ibu dapat dipresentasikan dalam kegiatan-kegiatan yang dihadiri para ibu. Selain presentasi, produk juga dapat dipromosikan melalui pameran, poster, brosur, dan iklan.