Kayu dan gelas

Potongan kayu yang mempunyai densitas tinggi berarti memiliki tingkat kekerasan yang tinggi juga. Pada volume yang sama, kayu tersebut m miliki massa yang paling besar. Jenis kayu ini memiliki pori-pori yang kecil dengan ikatan antar pori-porinya kuat, dan serat kayu berbentuk bulat telur atau spiral.
Potongan kayu yang mempunyai densitas rendah berarti memiliki tingkat kekerasan yang rendah juga. Pada volume yang sama, kayu tersebut memiliki massa yang paling kecil. Jenis kayu ini memiliki lubang pori-pori yang besar.
Bila ada potongan kayu yang densitasnya sama maka dapat diprediksi bahwa kayu tersebut berasal dari jenis yang sama.

• Gelas adalah produk yang bersifat bening, tembus pandang secara optik, dengan kekerasan yang cukup. Gelas bersifat sangat rapuh, mudah pecah menjadi pecahan yang tajam, mudah dimodifikasi bentuknya dengan proses kimia atau pemanasan, sehingga memilik sifat estetika atau keindahan yang tinggi. Penggunaan gelas dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk perabotan rumah tangga (piring gelas, cangkir gelas, botol gelas, dan lainnya), peralatan laboratorium (tabung reaksi, pipa kaca, beker gelas, kaca pembesar, dan lainnya), bahan bangunan atau industri seperti kaca jendela, bola lampu, lampu gantung, genting kaca, dan asesoris seperti manik-manik.
• kayu yang digunakan sebagai bahan untuk berbagai keperluan diperoleh dari kelompok tumbuhan berkayu berupa pohon.
• Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari peralatan masak seperti sendok kayu, perabot (meja,kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, alat transportasi (perahu), dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasanhiasan rumah tangga, asesoris, dan cindera mata.

Sumber : buku k13 IPA kelas VIII