tujuan dan manfaat kegiatan apresiasi seni musik

Pada suatu saat orang akan memandang perlu untuk menyelenggarakan apresiasi seni musik, sebab seni musik merupakan salah satu bagian yang integral dari seluruh kehidupan masyarakat. Oleh karenanya kegiatan apresiasi seni musik itu sendiri bertujuan antara lain untuk berikut
1. Memenuhi kebutuhan estetik.
2. Memperkenalkan bentuk-bentuk seni musik berikut ruang lingkupnya, baik seni tradisional maupun seni modern.
3. Menciptakan, mengembangkan, rasa sensitivitas, kreativitas, dan keterbukaan hati, serta menjadikan warga masyarakat melek seni, dapat menerima seni secara semestinya.
4. Media pendidikan, sebab di lembaga pendidikan sekolah kita apresiasi seni dapat dibawa ke arah salah satu tujuan pendidikan nasional, seperti memupuk rasa cinta terhadap budaya bangsa dan cinta sesama manusia.
Sekaligus dapat membuka wawasan ilmu seni sebagai usaha pemberian kesempatan kepada warga masyarakat untuk menjadi kaya jiwanya, sehat rohaninya karena terisi dengan pengalaman-pengalaman estetis artistik yang positif sifatnya.
Apersiasi seni bermanfaat bagi peningkatan ketahanan budaya manusia. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut
1. Pembeberan sejarah seni budaya, khususnya seni musik.
2. Media komunikasi seni budaya bangsa.
3. Pensosialisasian nilai-nilai budaya sebagai warisan nenek moyang.
4. Sarana pendukung kebudayaan bangsa kita, dan filter bagi impor ide-ide dari luar yang dapat dirasakannya lebih tinggi nilainya.
5. Memperkenalkan kebesaran kesenian orang lain dan seni kita sendiri. mentransfer dan mentrasformasikan bentuk seni dan pengalaman estetis para seniman terhadap warga masyarakat.