Mengembangkan Gagasan Kreatif Musik



Setelah mengapresiasi musik jazz dan musik country, selanjutnya siswa dapat menciptakan kreasi musik. Siswa dapat mengembangkan gagasan kreasi siswa dan mengaransir sebuah lagu tertentu dengan memanfaatkan proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik jazz, serta musik country.
Sebelum melakukan kegiatan ini, siswa perlu memahami apa yang dimaksud dengan mengaransir. Mengaransir adalah proses menyusun ulang dan memperindah suatu lagu tanpa mengubah isi lagu tersebut. Kegiatan yang dapat siswa lakukan misalnya memilih sebuah lagu kemudian menyusun ulang sehingga menjadi lagu dengan irama jazz atau country.
Siwa dapat berlatih dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Memilih sebuah lagu,
2. Mengaransir lagu tersebut, dan
3. Membawakan lagu tersebut dengan instrumen musik jazz atau country.
Apa yang dipersiapkan untuk menulis karya musik kreasi?
Untuk membuat suatu tulisan kita tidak dapat luput dari pemahaman musik itu sendiri. Kata musik sering kali diucapkan orang, di setiap daerah orang mengenal musik, disaat apapun musik dapat terdengar dalam kehidupan sehari-hari. dikarenakan musik selalu menjadi bagian dari kebutuhan hidup manusia, musik dapat menjadi sebuah media untuk berkreasi, sebab hidup tanpa musik terasa hampa dan sunyi.
Di berbagai wilayah di muka bumi ini, terdapat jenis dan ragam karya seni yang berbeda, baik musik tradisional yang dikenal dengan sebutan musik daerah, maupun seni mancanegara. Sesuai dengan peran dan fungsinya, musik dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan estetis. Musik juga media dalam berkomunikasi mulai dari kegiatan yang bersifat sakral untuk upacara ritual, hiburan, sampai pada pergelaran dan pertunjukan, dan yang lebih utama musik dapat dipergunakan untuk media pendidikan.
Menurut sifat dan keragamannya, musik daerah yang merupakan kekayaan budaya bangsa memiliki karakteristik identitas daerah masingmasing yang berbeda dari setiap daerah. Seni musik selain sebagai identitas daerah juga dapat menjadi identitas bangsa yang mampu menarik perhatian para wisatawan mancanegara, dan akan lebih indah manakala ragam musik daerah tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk karya tulis.