Aspek yang Diamati Uraian Hasil Pengamatan karya seni

Simbol
(Deskripsikan adakah simbol yang kamu lihat pada karya seni rupa tersebut, Simbol dapat berupa obyek, unsur-unsur visual atau prinsip penataannya.)
Jenis
(cobalah deskripsikan apakah jenis dari karya seni rupa yang kamu lihat ini, apakah termasuk karya seni rupa 2 dimansi atau 3 dimensi, apakah termasuk karya seni lukis, patung, gambar, kriya dan sebagainya)
Fungsi
(fungsi sebenarnya dari sebuah karya seni rupa adalah fungsi berdasarkan tujuan pembuatannya. Walaupun demikian kamu dapat menguraikan fungsi dari karya ini apakah memiliki fungsi terapan atau fungsi ekspresi senimannya saja. Kamu juga dapat menambahkan fungsi lainnya berdasarkan pengetahuan kamu, apakah karya ini memiliki fungsi sosial, fungsi pendidikan, dan sebagainya)
Nilai Estetis
(perhatikan unsur-unsur visual yang ada pada karya seni rupa ini dan prinsip-prinsip penataannya. Cobalah amati dengan saksama mengapa karya ini menarik berdsasarkan unsur-unsur visual yang ada, apakah perpaduan garisnya, perpaduan warna, bentuk, dan sebagainya,
Nilai Estetis
Uraian kamu tentang simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis dalam karya seni rupa adalah pengetahuan yang penting sebagai bahan membuat kritik berkarya seni rupa.
Hal tersebut membuat kamu semakin mudah memahami tentang kritik karya seni rupa, bacalah konkonsep tentang, simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis dalam kritik karya seni rupa di bawah ini. Selanjutnya, sep-kamu dapat mengamati tulisan-tulisan kritik karya seni rupa berkaitan dengan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetis yang ada di berbagai media cetak maupun elektronik. Di akhir pembelajaran kamu akan diajak untuk menulis kritik karya seni rupa berdasarkan simbol, jenis, fungsi, dan nilai estetisnya.